Manfaat Daun Salam Bagi Manusia

Kebanyakan orang Indonesia menggunakan daun salam sebagai penyedap tambahan untuk masakan mereka. Cara mencampurkannya bisa dalam bentuk yang kering maupun masih segar pada masakannya. Bagi sebagaian besar ibu rumah tangga memang daun salam sangat berguna dan digemari karena menjadi teman setia di dapur mekeka. Tapi perlu diketahui bahwa ternyata daun salam tidak cuma sebagai tambahan penyedap masakan, namun bisa juga dijadikan obat bahwan untuk kecantikan sekalipun. 


Baca Juga :
Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan Tubuh Manusia Yang Jarang Diketahui Orang
7 Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan Anda 

Dibawah ini akan diterangkan beberapa manfaatnya antara lain :

Manfaat Daun Salam Sebagai Pengobatan


Di dalam daun salam terkandung senyawa, mineral dan juga vitamin yang memiliki banyak manfaat. Bagi orang-orang Romawi dan Yunani, Tanaman ini dipercaya oleh mereka sebagai lambang dari kedamaian, kebijaksanaan dan juga perlindungan. Untuk kesehatan, daun salam memiliki berbagai manfaat sebagai berikut :

1. Mampu Mengobati Penyakit Diabetes

Daun salam ternyata terbukti secara efektif bermanfaat untuk mengobati penyakit diabetes tipe dua yaitu menurunkan glukosa darah, triglesarida, dan kolesterol. Agar memperoleh hasil yang maksimal, daun salam yang sudah menjadi bubuk bisa dikonsumsi selama kurang lebih 30 hari. Daun salam mengandung antioksidan sehingga memungkinkan tubuh untuk bisa memproses insulin yang efisien, sehingga hal ini baik bagi orang yang menderita penyakit diabetes dan orang yang sedang mengalami resitensi insulin. 

2. Dapat Mempengaruhi Kardiovaskuler

Adanya senyawa-senyawa yang berharga seperti salisilat, rutin, asam caffeic dan fitonutrien yang sangat kuat di dalam daun salam, bisa membantu meningkatkan kesehatan bagi jantung serta mampu mencegah timbulnya stoke. Bagi penderita hipertensi, flavanoid bisa membantu menormalkan darah. Ambil sekitar 10 lembar daun salam yang sudah dicuci, bersihkan, lalu rebuslah dengan menggunakan tiga gelas air. Minumlah air rebusan tadi sekitar sekali dalam satu hari.

3. Mampu Meredakan Rasa Sakit

Rasa sakit bisa dikurangi mengunakan minyak yang diekstrak dari daun salam karena mengandung anti inflamasi. Rasa sakit yang bisa dikurangi tersebut antara lain akibat strain, keseleo, nyeri serta rematik. Bagi anda penderita migran dan sakit kepala, memakai daun salam bisa membantu meringankannya.

4. Mampu Mencegah Kanker

Di dalam duan salam terkandung quercetin, asam caffeic, euganol dan catechin yang bisa bersifat memberikan perlindungan dan perlawanan terhadap bermacam jenis kanker. Ada juga phytonutrient yang terdapat di dalam daun salam yang biasa disebut juga parthenolide dan sudah terbuksi mampu menahan proleferasi sel kanker serviks.

5. Mampu Mengobati Batuk

Daun salam juga efektif untuk memerangi gejala flu, pilek dan infeksi. Untuk mengobati gangguan pernafasan, anda bisa merebus air yang dicampur dengan 2 atau 3 lembar daun salam. Diamkan selama 10 menit sampai menguap, lalu redamlah kain ke dalam air rebusan ini lalu tetakkanlah di dada agar bisa meringankan flu, pilek maupun batuk.

6. Bisa Untuk Mengusir Serangga

Inilah salah satu obat nyamuk alami yaitu daun salam karena didalamnya terkandung asam laurat. Tahukah anda bahwa hidangan yang berbahan dasar daun salam ini mampu untuk mengusir serangga. Untuk mengurangi gigitan dan sengatan serangga, minyak dari ekstrak daun salam bisa jadi alternatif untuk mengobatinya.

7. Bisa Untuk Pengobatan Gangguan Ginjal

Untuk mengobat batu ginjal dan infeksi ginjal bisa menggunakan daun salam. Cara memakai daun salam untuk pengobatan ini bisa dengan cara mendidihkan 5 gram daun salam dengna memakai 200 ml air atau 50 ml. Minumlah dua kali sehari setelah disaring terlebih dahulu, hal ini dimaksudkan untuk bisa menghentikan pembentukan batu ginjal.

8. Mampu Mengobati Asam Urat

Penyebab gejala asam urat bisa disebabkan oleh penumpukan kandungan zat purin pada tubuh. Daun salam merupakan salah satu alternatif untuk mengurangi penyakit asam urat. Cuci bersih sekitar 10 daun salam, rebuslah menggunakan 10 gelas air hingga sisa air sekitar 5 gelas. Setelah selesai lalu minumlah air rebusan tadi.

Di dalam daun salam terkandung nilai gizi yang bermanfaat bagi kesehatan rambut yang dijelaskan berikut ini :

1. Mampu Mengatasi Rambut Rontok

Bagi anda yang bermasalah dengan rambut yang berketombe, maka anda bisa memanfaatkan air bilasan daun salam. Banyak yang mengatakan bahwa daun salam sangat bagus untuk mengobati rambut rontok. Fungsinya yang berguna sebagai tonik membuat daun salam sangat efektif untuk menghilangkan ketombe dan kerontokan rambut.

2. Mampu Menghilangkan Kutu Rambut 

Untuk menghilangkan kutu pada rambut, maka anda bisa merebus daun salam sekitar 50 gram dengan memakai air 40 ml sampai 100 ml air. Saring rebusannya, lalu terapkanlah  pada akar rambut anda. diamkan selama 3 sampai 4 jam lalu bersihkan, gunanya untuk menyingkirkan kutu pada kepala agar hilang.

3. Mampu Meredakan Kulit Yang Stress

Daun salam bisa untuk membantu mengatasi kulit stres dengan begitu kulit tercegah dari timbulnya keriuput. Caranya adalah dengan merebus 5 lembar daun salam yang kering menggunakan 2 gelas air dan ditutup wadahnya. Lalu buka tutupnya salama 2 menit saat mendidih. Setelah itu tuangkan air tadi ke dalam mangkuk yang berkururan besar dan tutupi kepala anda dengan memakai handuk sehingga menghirup uang air ini. 

Kandungan Gizi Di Dalam Daun Salam

Daun salam kaya akan vitamin, tembaga, kalium, magnesium, besi, seng, mangan dan selenium. Terkandung juga fitokimia yang penting serta minyak atsiri. Berbagai manfaat daun salam antara lain :

•    Mengandung Vitamin C

Daun salam memiliki kandungan vitamin C yang banyak. Di dalam 100 gram daun salam yang segar terdapat sekitar 46,5 mg vitamin C, dan ini setara dengan 77,5% kebutuhan harian sesuai dengan apa yang direkomendasikan (RDA).

•    Mengandung Vitamin A

Kandungan vitamin A di dalam daun salam sangatlah baik yang menyediakan sekitar 6.185 IU (International Unit) atau 206% dari asupan harian vitamin A.

•    Mengandung Asam Folat

Dalam daun salam terkandung asam folat, dalam setiap 100 gramnya terkandung sekitar 180 mg atau 45% dari asupan harian.

•    Mengandung Mineral

Daun salam kaya akan mineral seperti kalium, magnesium, kalsium, tembaga, mangan, besi, seng dan senenium. Kalium merupakan suatu komponen yang penting dari sel dan cairan tubuh, fungsinya untuk mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Sedangkan mangan dan tembaga dipakai oleh tubuh untuk faktor co enzim. Terdapat banyak jenis tanaman yang dinamakan daun salam, namun satu-satunya yang benar adalah jenis Laurus Nobilis.

Demikianlah artikel kali ini tentang Manfaat Daun Salam Bagi Manusia. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Sampai berjumpa lagi di artikel-artikel lainnya. Wassalam.


EmoticonEmoticon