12 Manfaat Buah Sawo Bagi Kesehatan Tubuh Ternyata Luar Biasa

Sepanjang tahun, buah yang warnanya cokelat ini biasanya senantiasa tersedia. Ternyata, buah sawo itu memiliki gizi yang cukup kaya. Kandungannya yang kaya akan antioksidan tanin poli-fenolik menjadikan buah ini mudah untuk dicerna. Buah ini cocok untuk dikonsumsi ibu hamil karena bisa digunakan untuk mengurangi sembelit. Kandungan vitamin yang terdapat dalam buah ini juga cukup banyak antara lain mengandung vitamin C, vitamin B kompleks, vitamin A, asam pantotenat. Buah ini juga kaya akan mineral seperti zat besi, kalsium, kalium, magnesium dan juga fosfor. 


Baca Juga :
7 Manfaat Buah Durian Bagi Anda Yang Ingin Awet Muda
Mengenal Manfaat Buah Kiwi Bagi Kesehatan 

Berikut ini akan disajikan beberapa manfaat lainnya dari buah sawo yang jarang diketahui, sebagaimana yang telah dikutib oleh The Sunday Times pada tanggal 20 Februari 2017 lalu, antara lain :

1. Mampu Mengurangi Sembelit
Buah sawo cocok untuk membantu melindungi selaput lendir usus dari serangan kanker yang bisa menyebabkan racun. Beberapa kandungan yang teradapat dalam buah sawo seperti folat, zat besi, kalium dan asam pantotenat juga mampu memfasilitasi fungsi daripada sistem pencernaan anda.

2. Dapat Meningkatkan Kekuatan dari Tulang
Buah sawo yang kaya akan kalsium serta fosfor bila dimakan secara teratur makan bisa menjaga kesehatan anda dan kekuatan tulang dan gigi anda.

3. Buah ini Mampu Memberikan Energi Secara Cepat

Disamping mengandung fruktosa dan sukrosa, terdapat juga kandungan niacin yang juga meningkatkan sirkulasi yang sehat dan bisa membantu memproduksi energi secara alami dalam tubuh.

4. Mampu Menjadi Perantara Anti-Inflamasi

Kandungan tanin yang tinggi pada buah sawo membuat perantara anti-inflamasi bisa meningkatkan kondisi saluran pencernaan, jadi hal ini dapat menjadi pencegah kemungkinan penyakit seperti sindrom iritasi usus dan gastritis atau peradangan pada dinding lambung.

5. Kaya Akan Hemostatik

Kandungan tanin yang terdapat pada buah ini memiliki sifat hemostatik, proses yang mengakibatkan terjadinya pendarahan berhenti. Hal tersebut sangat bermanfaat untuk mengurangi terjadinya pendarahan di dalam cidera dan bisa menyembuhkan penyakit wasir.

6. Bisa Sebagai Anti Virus dan Anti Bakteri

Kandungan antioksidan polifenol terkandung beberapa anti-virus, anti-bakteri dan juga anti-parasit.

7. Mampu Menjaga Kesehatan Mata

Vitamin A yang terkandung di dalam buah sawo sangat penting untuk menjaga kesehatan mata anda dan mampu meningkatkan penglihatan walaupun dalam usia yang cukup tua.

8. Sangat Baik Untuk Kulit Yang Sehata dan Bercahaya

Kandungan vitamin A, vitamin B dan vitamin C serta antioksidan mampu menjaga kesehatan lapisan lendir pada tubuh serta tekstur kulit sehingga akan membuat kulit terlihat seta dan lebih bercahaya. Antioksidan juga mampu bertindak sebagai perantara anti-penuaan dini dengan memberantas timbulnya radikal bebas di dalam tubuh dan juga efektif untuk mengurangi keriput.

9. Mampun dipakai Untuk Pengobatan Pada Kesehatan Mental

Buah sawo merupakan obat penenang yang alami. Hal ini terbukti karena buah sawo bisa digunakan untuk mengendurkan saraf dan bisa menghilangkan stres. Para ahli sering menyarankan menggunakan buah ini sebagai bagian dari program diet bagi orang-orang yang sedang berjuang dengan insomnia dan gangguang panik. Buah sawo merupakan salah satu buah paling baik untuk dijadikan anti-depresan.

10. Buah Sawo Mampu Mengobati Batuk dan Flu

Buah yang mengandung sifat ekspektoran ini mampu memberi bantuan terhadap penyumbatan oleh dahak dan juga pembentukan lendir pada rongga hidung serta pada saluran pernapasan.

11. Buah Sawo Sangat Bermanfaat Bagi Ibu Yang Hamil

Adanya kandungan dosis kalori yang terbilang tinggi dan nutrisi, menjadikan buah sawo sangat bermanfaat untuk ibu hamil dan ibu yang sedang menyusui. Buah ini juga dapat membantu mengurangi kelemahan dan gejala-gejala lainnya dari ibu hamil seperti timbulnya mual dan juga pusing.

12. Buah Sawo Baik Untuk Bayi

Buah yang kaya akan vitamin ini sangat cocok digunakan untuk bayi dan juga balita sebab bisa membantu proses pertumbuhan fisik dan juga mental. Buah sawo tidak mengakibatkan reaksi alergi dan aman diperkenalkan keapda bayi diantara usia 6 bulan sampai dengan 8 bulan. Rasanya yang manis akan menjadikan bayi menyukainya.


EmoticonEmoticon