4 Manfaat Makan Malam Sebelum Jam 7 Malam

Obesitas dan Diabetes merupakan dua penyakit yang disebabkan oleh masalah pencernaan. Penyakit-penyakit tersebut semakin banyak menyerang masyarakat anda sekarang ini. Alasannya bisa beragam, mulai dari keturunan hingga pola makan yang tidak sehat. Secara umum memang organ tubuh manusia sama, namun kadangkala kemampuan untuk mencerna makanan yang berbeda. Ada yang mudah sekali mencerna makanan ada juga yang sulit mencerna makanan.


Nah, pada artikel kali ini, yang anda bahas adalah masalah makan malam. Dimana banyak yang menyebutkan bahwa makan malam lewat dari jam 7 itu bisa mengganggu pencernaan, bisa bikin gemuk, bikin terserang banyak penyakit dan lain sebagainya. Itulah penyebab kenapa banyak yang menyarankan agar makan malam dilakukan sebelum jam 7 malam. Sebab beberapa jam sesudahnya, seluruh sistem yang ada di dalam tubuh berhenti bekerja dan beristirahat.

Baca Juga :
Diet Dengan Jus Buah Tidak Disarankan Oleh Ahli Kesehatan
6 Kebiasaan ini Bisa Buat Anda Cepat Pikun Lebih Awal

Oleh karena ini para ahli menyarankan untuk makan malam sebelum jam 7 malam. Lalu apa sih manfaat makan malam sebelum jam 7 malam? Inilah 4 Manfaat Makan Malam Sebelum Jam 7 Malam :

1. Bisa Menghindari Peningkatan Asam Lambung

Tahukah anda bahwa makan malam sebelum jam 7 itu bermanfaat bagi kesehatan anda sendiri. Karena dengan demikian anda bisa menghindari peningkatan asam lambung. Namun jika makan malam terutama makanan berat sebelum tidur, maka akan berakibat pada perasaan yang tidak nyaman. Perasaan yang demikian akan membuat orang merasa malas lalu dia kemudian dian membaringkan diri di tempat tidur. Disamping itu, asam lambung juga akan meningkat sehingga mengakibatkan perasaan seperti terbakar di dalam hati.

2. Memiliki Banyak Waktu Untuk Mencerna Makanan

Keuntungan yang didapat ketika makan lebih awal adalah bahwa tubuh anda memiliki banyak waktu untuk mencerna makanan dengan baik. Saat anda sedang tidur, organ tubuh anda akan beristirahat sehingga proses pencernaan di dalam tubuh tidak akan sempurna sehingga berakibat pada masalah pada pencernaan.

3. Dapat Menghindarkan Terjadinya Obesitas

Antara obesitas dan makan malam memiliki hubungan yang sangat erat. Hal ini bisa terjadi disebabkan oleh sistem pencernaan di dalam tubuh yang tidak berjalan dengan baik pada malam hari dan metabolisme cenderung akan memperlambat sistem. Jadi makanlah lebih awal agar resiko mengalami obesitas tidak semakin besar.

4. Bisa Mengurangi Makan Yang Berlebihan

Salah satu alasan yang paling baik makan malam sebelum jam 7 malam adalah anda bisa mengurangi kecenderungan untuk makan secara berlebihan. Oleh karena jarak diantara makan siang dan malam berdekatan, sehingga kebanyakan anda tidak merasa begitu lapar di malam hari dan tentunya makan malam puna tidak akan terlalu banyak. Sebenarnya tubuh itu mempunyai jam alami untuk memproses pencernaan. Waktu untuk mencerna makanan adalah diatas jam 5 sore. Jadi pencernaan anda tidak terlalu bekerja keras untuk mencerna makan jika anda makan lebih awal. Bila tidak dilakukan, maka tentu saja masalah akan timbul pada sistem pencernaan anda. Oleh sebab itulah maka makanlah sebelum jam 7 malam agar masalah besar tidak menimpa diri anda.


EmoticonEmoticon