5 Negara Ini Menyediakan Tempat Wisata Khusus Binatang Panda

Panda adalah binatang yang berukuran besar yang merupakan binatang mamalia. Binatang yang disebut-sebut masuk dalam kelompok beruang ini merupakan binatang asli negeri Tiongkok. Hidupnya berada di pegunungan seperti Sichuan dan Tibet. Panda termasuk salah satu binatang yang dilindungi karena populasinya semakin berkurang dan hampir punah. Diperkirakan binatang ini hidup di alam liar hanya tinggal 2.000 ekor saja. Sedangkan yang tersebar di berbagai kebun binatang di seluruh dunia sekitar 200an ekor. Ditengarai habitat yang semakin sulit dan ketersediaan bambu yang semakin jarang menjadikan binatang yang bisa berumur 20 – 25 tahun ini semakin punah.


Kini binatang ini semakin sulit ditemukan di alam liar. Sehingga jika anda ingin melihat binatang ini secara langsung, maka anda harus berkunjung ke kebun binatang yang tersebar di berbagai negara di dunia. Bahkan kebun binatang di negara tertentu menyediakan tempat wisata khusus panda.  Bicara soal jumlah pengunjung yang ingin menyaksikan panda tentu tidak usah dipertanyakan lagi, sebab sangat ramai. Tentu saja dari kalangan anak-anaklah yang paling suka menyaksikan panda di kebun binatang. Bahkan para turis baik lokal maupun internasional harus siap mengantri demi untuk melihat binatang yang telah hidup sejak 3 juta tahun yang lalu.

Baca Juga :
7 Jalan Paling Unik dan Keren di Indonesia
4 Pulau Buatan Manusia Yang Paling Menakjubkan 

Dibawah ini akan ditampilkan 5 negara yang memiliki wisata khusus panda, antara lain :

1. Kebun Binatang Smithsonian, Washington Amerika Serikat


Kebun binatang Smithsonian, Washington, Amerika Serikat merupakan Kebun Binatang Nasional terbesar di di Washington DC memiliki hewan panda yang berbeda. Di kebun binatang ini terdapat sepasang panda raksasa. Tidak Cuma itu, di kebun binatang nasional inipun juga kerap mengembangbiakkan panda. Seperti pada panda raksasa bernama Mei Xiang yang telah melahirkan bayi panda beberapa waktu lalu.

2. Kebun Binatang Beijing, China

Negeri China memang sangat dikenal dengan hewan khasnya yaitu Panda. Bahkan di negeri Tirai Bambu yang memiliki jumlah penduduk terbesar di dunia tersebut Panda merupakan ikon bagi negara. Salah satu diantaranya adalah di Prefektur Dujiangyan Cina. Lokasi ini memiliki tempat khusus untuk melihat panda. Binatang yang terkenal dengan ciri khasnya yaitu kulit berwarna hitam dan putih ini memiliki banyak jenis panda yang hidupnya terurus dengan sangat baik. Bahkan ada panda yang sangat jinak yang bisa disentuh sehingga bisa memenuhi keinginan seseorang yang ingin memegang langsung bulu dan kulit makluk raksasa ini.

3. Kebun Binatang Madrid, Spanyol


Di salah negara yang terletak di Eropa Barat ini juga memiliki kebun binatang yang menyediakan wisata khusus hewan panda. Lokasi kebun binatangnya terletak tepat berada di kota Madrid ibukota dari Spanyol. Di kebun binatang ini ada dua ekor panda yang saling menyayangi satu sama lain. Pihak pengelola memberikan nama Bing Xing dan Hua Zui Ba. Dua ekor panda ini sangat terkenal di Kebun Binatang tersebut. Sebab tingkah laku kedua binatang ini sangat lucu, apalagi disaat para pengunjung merekam keduanya. Tidak cuma itu, kebun binatang ini merupakan salah satu dari empat kebun binatang yang menampung panda raksasa.

4. Kebun Binatang Schon Brunn, Austria

Ternyata binatang panda menjadi salah satu binatang yang disukai oleh masyarakat Eropa. Sehingga, tidak mengherankan kalau beberapa kebun binatang yang ada di Eropa punya inisiatif untuk menciptakan tempat wisata khusus bagi panda. Salah satu kebun binatang tersebut adalah Kebun Binatang Schonbrunn di Austria. Di dalamnya terdapat sekelompok keluarga panda. Tingkah laku merekapun sangatlah lucu dan menggemaskan bila dilihat. Hal ini bisa terjadi karena panda-panda yang ada di Austria tersebut memiliki sisi kekeluargaan yang sangat utuh yang diperlihatkan oleh masing-masing binatang.

5. Kebun Binatang Edinburgh, Skotlandia

Di kebun binatang ini terdapat dua ekor panda dengan jenis kelamin yang berbeda. Binatang tersebut dibuatkan rumah yang khusus dengan tujuan agar mereka bisa berkembang biak secara berkelanjutan. Rumah tersebut memang sengaja dibuat karena selama ini mereka belum  pernah mempunyai anak. Sampai akhirnya kedua panda ini dikenal luas oleh orang-orang Skotlandia.


EmoticonEmoticon