5 Solusi Agar Gaji Tidak Cuma Numpang Lewat

Halo sahabat sekalian, apa kabar anda hari ini? Tentunya baik-baik saja bukan. Baiklah, pada kesempatan yang berbahagia ini saya akan membagikan sebuah artikel untuk anda tentang 5 Solusi Agar Gaji Tidak Cuma Numpang Lewat. Artikel ini dibuat untuk anda yang sedang bingung tentang solusi bagaimana sih agar uang tidak hanya numpang lewat saja. 

Saat baru saja menerima gaji, apa yang anda lakukan? Beberapa orang mungkin menyisihkannya untuk membayar tagihan-tagihan? Atau mungkin anda memakainya untuk langsung membeli barang yang telah anda dambakan. Entah apapun itu dan apapun prioritas yang hendak anda raih, sebaiknya jangan sampai gaji yang telah anda cari dengan susah payah lewat begitu saja. Agar anda bisa menikmati gaji lebih lama, maka buatlah anggaran jauh-jauh hari sebelumnya. Namun untuk merealisasikannya, bagaimana sih caranya?

Baca Juga :
Beberapa Tips Untuk Pekerja Lepas Pemula
Inilah 10 Perusahaan Yang Paling Diincar dan Diinginkan Oleh Lulusan Baru

Hasil kutipan yang diambil dari www.cekaja.com maka saya menemukan 5 Solusi Agar Gaji Tidak Cuma Numpang Lewat.

1. Membagi Menjadi Beberapa Bagian

Maksudnya disini bukan untuk dibagikan pada orang atau kerabat. Gaji yang sudah anda terima, hitunglah dan sisihkan menjadi beberapa bagian sesuai dengan kewajiban yang harus anda bayarkan. Misalnya anda harus membayar cicilan, uang belanja, rekreasi, tabungan, amal dan lain sebagainya. Pastikan presentase di setiap bagian pas dan tidak ada yang kurang. Dalam teori perencanaan keuangan, presentasi atau porsi yang pas adalah 40% untuk kebutuhan sehari-hari atau kebutuhan pokok, 20% untuk tabungan, 10% biaya tidak terduga, 10% untuk investasi dan amal, dan 10% lagi untuk rekreasi atau hiburan.

2. Menentukan Prioritas

Apa itu prioritas? Prioritas adalah segala sesuatu hal yang harus diutamakan atau dinomor satukan. Maka dalam hal ini, prioritas utama anda adalah membayar segala macam cicilan anda dan membayar utang. Sebab jika anda tidak segera membayar hutang-hutang anda maka nanti anda akan terkena denda. Sesudah anda menyisihkan untuk membayar kewajiban diatas, maka prioritas berikutnya bisa anda alokasikan untuk kebutuhan sehari-hari seperti untuk makan, tagihan listri, transportasi, air dan lain sebagianya.

3. Memisahkan Tabungan

Cara supaya tabungan anda tidak terpakai, maka sebaiknya anda membuat dua buah tabungan, yang mana tabungan pertama untuk simpanan dan tabungan yang kedua untuk kebutuhan sehari-hari. Dalam memilih tabungan, anda juga harus jeli. Itu karena beberapa bank terutama bank konvensional menerapkan pemotongan tabungan untuk biaya administrasi setiap bulannya. Maka dari itu sebaiknya anda menggunakan bank syariah saja yang bebas dari biaya administrasi dan bunga. Jangan membawa kartu ATM anda, jika memang anda berniat menyimpan uang anda. Hal ini bertujuan supaya anda tidak bisa mengambil uangnya, sebab biasanya orang mudah tergoda bila membawa ATM di dalam dompetnya.

4. Sisihkan Uang Untuk Dana Cadangan

Gaji biasanya hanya numpang lewat saat ada kejadian yang tidak terduga menimpa diri anda. Salah satu contohnya adalah ketika anda mengalami sakit dan asuransi anda tidak bisa menanggung beban biayanya. Kejadian ini kerap kali dialami oleh seseorang sehingga terpaksa dia harus menggunakan uang tabungannya untuk membayar biaya rumah sakit. Oleh sebab itu, penting sekali bagi anda untuk mempunyai dana cadangan agar anda bisa terhindar dari kejadian-kejadian semacam itu.

5. Sisihkanlah Uang Anda Untuk Investasi dan Beramal

Di pembahasan sebelumnya sudah disinggung bahwa gaji itu disisihkan sebanyak 5% untuk investasi dan amal. Salah satu solusi cerdas agar masa depan keuangan anda tidak berantakan, maka anda bisa menyalurkan 10% dari gaji anda dengan mengikuti program investasi, unit link ataupun deposito. Selanjutnya beramalah untuk kegiatan keagamaan, membantu orang-orang yang kesulitan dalam berobat, dan menyumbang untuk bencana alam.

Bagi anda yang bertipe konsevatif, anda bisa memilih reksadana pendapatan yang tetap ataupun pasar uang. Namun bagi anda yang menyukai tantangan maka uang anda bisa dialokasikan untuk membeli reksa dana saham ataupun saham. Disamping anda mempraktikkan 5 Solusi Agar Gaji Tidak Cuma Numpang Lewat, maka hal selanjutnya yang harus anda lakukan adalah disiplin dan konsisten dalam menjalaninya. Jadi, sudah saatnya anda menerapkan solusi diatas supaya gaji anda tidak cuma numpang lewat.

Demikianlah artikel sederhana saya tentang 5 Solusi Agar Gaji Tidak Cuma Numpang Lewat. Semoga bermanfaat dan bisa membantu anda keluar dari permasalahan keuangan. Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya yang sederhana ini. Sampai bertemu lagi di artikel-artikel saya selanjutnya.



EmoticonEmoticon