5 Tips Mengatasi Kehabisan Uang Sebelum Gajian

Halo sahabat! Bagaimana kabar kalian hari ini? Senang sekali saya bisa kembali berbagi kepada anda sebuah artikel yang berjudul ‘5 Tips Mengatasi Kehabisan Uang Sebelum Gajian’. Artikel ini tidak semata-mata ditujukan pada anda, namun juga pembelajaran bagi saya pribadi agar mampu mengelola keuangan dengan baik dan benar.

Ketika menerima gaji, apakah yang pertama kali anda pikirkan? Tentunya yang anda pikirkan tentang segala hal yang anda perlukan segera bukan? Seperti belanja kebutuhan pokok, pulsa, listrik, tagihan kartu kredit, baju baru, atau bahkan membeli barang-barang yang sebelumnya belum anda rencanakan. Hal semacam ini pasti tidak cuma dialami orang-orang tertentu saja, namun hampir sebagian besar orang juga pernah mengalaminya.

Baca Juga :
Gaji Naik Jadi 2 Digit, Lakukanlah 5 Langkah Berikut Supaya Hidup Anda Lebih Baik dan Tertata
5 Solusi Agar Gaji Tidak Cuma Numpang Lewat

Segala sesuatu yang serba modern seperti sekarang ini, ada beberapa orang yang kehabisan uang padahal gajian masih jauh. Hal ini menunjukkan bahwa anda belum bisa mengelola keuangan anda secara bijak. Dengan begitu, anda akan terpaksa mengambil uang tabungan yang sudah anda simpan untuk keperluan masa depan anda. Seiring dengan perjalanan waktu, mulailah anda sadar bahwa pengeluaran anda sangat besar dibandingkan dengan pemasukan anda sebagaimana yang telah dikutip dari Karir.com berikut ini :

1. Kendalikan Diri Anda   

Yang harus anda lakukan setelah anda menerima gaji adalah mencoba untuk mengendalikan diri. Janganlah anda menjadi orang yang konsumtif dan anda seharusnya bisa mengendalikan diri anda. Ingatlah! Sesudah anda menerima upah atau gaji, bukan berarti uang yang anda terima tersebut digunakan untuk bersenang-senang, akan tetapi harusnya anda bisa menerapkan pola berfikir bahwa uang gaji itu haruslah dipakai secara bijaksana. Contohnya anda harus membayar uang kos, membayar tagihan listrik, berbelanja kebutuhan pribadi, hingga untuk uang makan anda selama sebulan. Tindakan anda ini diharapkan akan mampu meredam keinginan anda supaya anda tidak terburu-buru menghabiskan gaji dalam waktu sekejab dan berpikir ulang sebelum anda menerapkan gaya hidup yang sehat.

2. Milikilah Rekening Yang Khusus

Anda harus memastikan diri anda untuk memiliki dua buah rekening. Mengapa demikian? Hal ini dimaksudkan untuk membantu anda didalam mengelola gaji setiap bulannya. Rekening anda yang pertama bisa anda pakai untuk kebutuhan sehari-hari dan sekening satunya lagi bisa dipakai untuk tabungan anda. Yang harus anda ingat! Jangan ganggu gugat rekening tabungan anda apalagi hanya untuk kebutuhan sehari-hari.

3. Jangan Membeli Barang Dengan Cara Kredit

Jangan heran jika setiap saat selalu ada saja produk-produk baru yang keluar, baik itu kendaraan bermotor maupun barang-barang elektronik.
Nah, pada saat seperti ini seharusnya anda bisa menghindari godaan-godaan ini dan bisa menolak. Sebab jika anda memaksakan diri untuk membelinya secara kredit, maka bersiaplah untuk merogoh kocek lebih banyak sebab cicilannya terbilang cukup besar dan bungannya juga sangat besar.

4. Siapkanlah Anggaran Bulanan Anda

Setiap bulannya anda perlu membuat anggaran pengeluaran. Inilah langkah tepat yang mesti anda lakukan agar bisa mengendalikan pengeluaran supaya tidak terbalik dengan pemasukan. Hal pertama yang harus anda lakukan yakni menyisihkan uang untuk tabungan. Minimal 10 persen dari gaji anda harus disisihkan. Selepas itu catat kebutuhan apa saja yang anda perlukan dalam sebulan ini.


5. Gunakan Salary Benchmark untuk mengatur gaji anda

Disamping memakai cara diatas untuk mengatur gaji bulanan, anda dapat memakai fitur Salary Bechmar di Karir.com. Dengan menggunakan fitur ini, gaji anda bisa diatur dengan mudah setiap bulannya. Baik itu dari pengeluaran pokok anda, dari cicilan hingga tabungan yang semestinya disisihkan, Salary Benchmard bisa bantu anda untuk mengatur gaji setiap bulannya.

Demikianlah artikel singkat saya yang sederhana ini. Semoga tulisan yang saya beri judul ‘5 Tips Mengatasi Kehabisan Uang Sebelum Gajian’ dapat bermanfaat bagi kita semua. Saya juga mengucapkan banyak terima kasih kepada para sahabat sekalian karena anda sudi mampir ke blog sederhana ini. Sampai bertemu lagi di artikel saya selanjutnya yang mudah-mudahan lebih menarik dan lebih dalam lagi. Terima kasih


EmoticonEmoticon