6 Tips Menjaga Smartphone Agar Tidak Mudah Rusak

Akhir-akhir ini kebutuhan akan smartphone sudah mulai vital bagi semua orang. Berbagai jenis smarphone bermunculan dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun apakah semua smartphone tersebut memiliki kekuatan yang sama.


Seringkali ada smarphone yang awet dan ada juga smartphone yang mudah sekali rusak. Walaupun kini produk elektronik tersebut sudah memiliki perlindungan dan fitur yang diklaim mampu melindungi ponsel dari berbagai kondisi, tetap saja penggunanya sendiri juga harus bisa merawat smartphone tersebut dan menjaganya agar senantiasa awet dan tahan lama.

Baca Juga :
20 Tips Pemakaian dan Perawatan AC Agar Awet dan Tidak Mudah Rusak
6 Cara Terbaik Agar Kulkas Anda Awet dan Tahan Lama

Bahkan ada beberapa fitur smartphone yang sudah tahan air dan debu. Biarpun begitu, berbagai aktivitas yang dilakukan manusia bisa saja merusak smartphone mereka seperti retak, tergores dan berbagai kerusakan lainnya.

Berbagai kerusakan yang mungkin saja terjadi tersebut sebenarnya masih bisa anda hindari dengan berbagai perlindungan dan meminimalisir kerusakan yang mungkin sewaktu-waktu bisa terjadi. Lalu yang menjadi pertanyaan adalah, bagaimanakah caranya?

Berikut ini akan disajikan 6 Tips Menjaga Smartphone Agar Tidak Mudah Rusak yan dikutib dari Verizon Wireless, berikut ini tipsnya :

1.    Ingat Selalu Ketika Meletakkan Smartphone


Ketika kita meletakkan smartphone terkadang kita tidak memperdulikan apa saja resiko yang akan terjadi bila meletakkan benda tersebut disitu. Misalkan ketika anda meletakkan smartphone di atas meja yang bisa dijangkau anak-anak. Maka resiko yang akan terjadi disana bisa saja handphone anda tersebut diambil dan dimainkan oleh anak-anak.

Bahkan yang paling parah ketika mereka tidak tahu benda apa itu sehingga seenaknya saja membanting bak mainan. Oleh karena itu letakkanlah smartphone anda ditempat yang aman, dan sulit dijangkau oleh anak-anak.

2. Berhati-hatilah Ketika Sedang Menggenggam Smartphone

Berhati-hatilah ketika anda menggenggam smartphone. Khususnya untuk anda yang bekerja di tempat yang cukup menantang dan penuh bahaya. Saya ambil contoh misalnya ketika anda sedang berfoto-foto di pingiran air terjun, di saat itu anda harus benar-benar ekstra hati-hati. Sedikit saja anda lengah saat menggenggam smartphone, maka bisa saja barang anda tersebut terlepas dan nyebur ke dalam air sehingga akan mengakibatkan smarphone rusak atau mati total.

3. Berhati-Hati Ketika Berada Di Kamar Mandi

Bagi sebagian besar orang, smarphone seakan-akan bagaikan istri atau suami mereka sendiri. Kemanapun mereka pergi, disitulah smarphone senantiasa mengikuti dan bersama dengan mereka dalam suka maupun duka. Namun sebaliknya sebaiknya anda harus senantiasa berhati-hati. Terutama ketika meletakkan smarphone di tempat-tempat yang rawan di dalam kamar mandi.

Tempat seperti bathtub, wastafel dan closet cukup rawan apabila dijadikan tempat meletakkan smartphone. Oleh sebab itulah, lebih baik anda tinggalkan saja smartphone anda diluar saat anda hendak masuk kamar mandi.

4. Berhati-Hati Ketika Mengantongi Smartphone

Kebanyakan orang lupa ketika mengantongi smarphone mereka kedalam saku celana. Jika tidak diperhatikan dengan seksama, maka smarphone bisa saja bercampur dengan barang-barang yang  merusak. Barang-barang berbahaya seperti kunci, korek gas, dan lain sebagainya bisa mengancam keawetan handphone anda.

Salah satu hal yang bisa terjadi pada smarphone anda adalah tergores. Disamping itu, saat hendak mencuci pakaian terutama celana, maka periksa dulu apakah di celana anda ada smartphone atau tidak. Sebab ada beberapa kejadian yang mana smartphone ikut terendam air cucian karena sang empunya lupa mengambil smartphone nya dari celana.

5. Gunakan Anti Gores Pada Layar Smartphone Anda

Ada sejumlah vendor yang telah menghasilkan berbagai macam produk untuk perlindungan layar smartphone anda. Sebut saja Gorilla Glass ataupun berbagai teknologi semisalnya dari produk-produk lain. Apa itu sudah cukup? ternyata belum. Para pengguna sangat perlu untuk memasang anti gores tambahan agar smartphone awet tidak mudah rusak.

6. Pakailah Back Case

Terdapat banyak jenis dari case smartphone. Masing-masing produk memiliki perbedaan baik dari segi bahan maupun ketebalan. Untuk memilih back case, sebaiknya pilihlah sesuai dengan kebutuhan smartphone anda. Jika aktivitas kamu dalam menggunakan smartphone makin aktif, maka sebaiknya gunakanlah back case yang kuat.


EmoticonEmoticon