Mengenal Kota Padang Dan Perkembangannya

Assalamu’alaikum sahabat sekalian, apa kabar kalian hari ini? Tentunya baik-baik saja bukan? Saya doakan semoga senantiasa diberikan kesehatan, panjang umur dan banyak rejeki ya, amin. Pada kesempatan yang berbahagia ini ijinkan saya berbagai artikel sederhana dan pendek yang saya beri judul ‘’Mengenal Kota Padang Dan Perkembangannya’’. Jika ada yang bertanya tentang apa kota terbesar di pantai barat Pulau Sumatera? Maka jawabannya adalah Kota Padang ibukota Provinsi Sumatera Barat. Untuk hari jadi Kota Padang itu sendiri ditetapkan mulai tanggal 7 Agustus 1669. Pada masa penjajahan Belanda, kota padang sempat menjadi pusat dari perdagangan teh, kopi, rempah-rempah bahkan emas.


Di Indonesia sendiri sebutan padang sangat identik dengan dua buah legenda masyarakat yang tidak terlupakan yaitu Siti Nurbaya dan Malin Kundang. Walaupun sebenarnya orang yang berasal dari Sumatera Barat lebih suka kalau disebut dengan sebutan orang minang, namun entah mengapa secara umum orang Indonesia kalau menyebut orang dari Sumatera Barat pasti dengan sebutan Orang Padang. Salah satu yang terkenal dari kota ini adalah nama pelabuhannya, yaitu pelabuhan Teluk Bayur. Dulunya pelabuhan ini dikenal sebagai pelabuhan tempat keluar masuk eksport – import ke Sumatera Barat dari luar.

Baca Juga :
Sejarah Kota Medan
Sejarah Kota Bandung

Karena posisi Kota Padang sangat dekat dengan pantai, maka pemerintah daerah mulai berfikir keras. agar konsentrasi warga tidak berada di bibir pantai. Salah satu upaya dari Pemerintah Daerah adalah memindahkan kawasan permukiman dan pusat pendidikan ke wilayah timur Kota Padang, sedangkan kawasan barat dijadikan kawasan komerisal perkotaan dan kawasan bisnis. Kota yang kini telah menerapkan RTH dan mengembangkan hutan kota ini telah beberapa kali menyabet penghargaan sebagai kota terbersih yaitu mendapatkan 17 kali penghargaan Adipura dari Presiden.

Meskipun sebagaian besar penduduk Kota Padang merupakan orang Minangkabau asli, namun terdapat juga beberapa etnis dari suku lain di Indonesia seperti Nias, Jawa, Mentawai, Batak, Tionghoa, dan Tamil. Namun yang paling terkenal sebenarnya dari kota ini adalah masakannya. Hampir di seluruh pelosok kota besar di Indonesia terdapat rumah makan padang. Ciri khas masakan yang bersantan dan pedas menjadikan masakan khas orang Minangkabau secara umum ini digemari oleh banyak orang. Siapa yang tidak suka Gulai, Rendang, Ayam Pop, Terung Balado dan masih banyak lagi. Di Padang juga terdapat perusahaan semen pertama di Indonesia yaitu PT. Semen Padang yang telah berdiri seak tahun 1910.  

Demikianlah tadi pembahasan kita tentang ‘’Mengenal Kota Padang Dan Perkembangannya’’. Semoga informasi yang sedikit dan singkat ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan kita tentang kota-kota yang ada di Indonesia. Terima kasih banyak atas kunjugannya ke Blog saya yang sederhana ini. Wassalamu’alaikum.


EmoticonEmoticon