Ngeblog Itu Kepuasan Pribadi dan Ladang Pahala

Assalamu’alaikum sahabatku sekalian. Bagaimana kabar anda hari ini? Baik-baik saja bukan, semoga senantiasa dalam lindungannya dan diberikan rejeki yang banyak ya, amin. Pada kesempatan yang berbahagia ini saya ingin membagikan tentang artikel saya pribadi yang berjudul “Ngeblog Itu Kepuasan Pribadi dan Ladang Pahala”. Baiklah, agar tidak berlama-lama mari kita mulai saja ya.

Saya mulai mengenal dunia blogging sejak tahun 2010-an. Bisa dibilang saya telat ya, hehehe. Dulu memang saya buta sama sekali dengan dunia internet. Bahkan saya baru bisa memainkan komputer setelah saya selesai sekolah di SMA. Saat itu saya mulai menyemangati diri saya sejak saya masih duduk di bangku kuliah. Teman kuliah saya saat itu mengajak saya untuk ngeprint tugas makalah yang diberikan oleh dosen saat kami masih semester pertama. Hingga saat saya diajak ngeprint itupun, saya tidak tahu apa-apa tentang komputer loh. Makanya pengetahuan saya tentang komputer bisa dibilang sudah terlambat karena teman-teman seangkatan saya sudah jago-jago bermain komputer.

Lama-kelamaan kemampuan komputer saya semakin bertambah. Karena memang saya digembleng di tempat kerja saya saat itu yang memang menggunakan komputer sebagai alat kerjanya. Sayapun hampir setiap hari digembleng dengan tugas-tugas yang sulit dari atasan. Apakah saya kesulitan, tentu saja, tapi kan saya punya mulut, jadi saya gunakan mulut ini untuk bertanya kepada orang-orang yang berkomputen di bidangnya masing-masing. Di kantor itu juga saya mulai mengenal yang namanya internet. Pelan-pelan tapi pasti saya mulai suka baca-baca tentang dunia internet. F

asilitas google saat itu memudahkan saya untuk mencari informasi apa saja tentang internet dan komputer. Dari kebiasaan membuka internet, membaca, menonton video, dan lain sebagainya mulailah saya mengenal banyak hal penting yang bisa dimanfaat dari intenet. Misalkan saya bisa buat email,  yang mana dengan alamat email tersebut saya bisa memiliki facebook, tweeter, dan masih banyak lagi. Saat itu saya mulai belajar membuat blog sendiri. Dengan menggunakan alamat email saya maka saya bisa membuat blog blogger. Blogger.com adalah salah satu layanan dari google yang memudahkan semua orang untuk membuat blog sendiri tanpa harus membeli domain.

Karena blogger.com ini adalah blog gratisan. Saat awal-awal saya membuat artikel di blog saya, saya cukup mengalami kesulitan. Bahkan saya lebih dulu memasukkan foto-foto pribadi saya ke dalamnya. Setelah itu blog saya tersebut tidak saya urus lagi. Di tahun 2015 saya mulai membuat blog baru. Blog ini saya beri nama saya sendiri. Sedangkan blog saya yang lama, yang isinya foto semua itu terpaksa saya hapus. Namun walaupun saya sudah membuat blog baru, saya tidak tahu kalau ternyada dari blog itu benar-benar menghasilkan uang. Di akhir tahun 2015 baru saya tahu bahwa blog itu memang bisa menambah penghasilan melalui salah satu programnya yaitu google adsense.

Karena penasaran, mulailah saya mencari tahu apa itu google adsense. Bagaimana cara bergabung dengan adsense sampai dengan berapa apa saja syarat supaya disetujui jadi publisher adsense. Barulah pada tahun 2016 saya mulai serius membangun blog. Karena sebelumnya saya banyak informasi dan masukan dari internet tentang adsense ditambah lagi kolom-kolom komentar di blog orang lain yang menceritakan pengalaman mereka menjadi seorang blogger adsense. Sambil berjalan pelan-pelan, sayapun mulai mengisi artikel saya setiap hari dengan bermacam-macam informasi.

Namun, karena saat itu informasi tentang website dan adsense yang saya tahu sangatlah sedikit, sehingga saya banyak sekali melakukan kesalahan dalam membangun blog saya. Namun dari banyaknya kesalahan – kesealahan tersebut malah membuat saya semakin bersemangat dan kuat. Sudah setahun saya serius ngeblog dengan menampilkan artikel setiap hari, namun usaha saya untuk tembus adsense selalu gagal. Namun saat ini diterima atau tidak di google adsense nantinya, saya tidak akan menghentikan blogging saya. Saya akan terus ngeblog sampai saya sudah tidak bisa lagi mengetikkan jari-jari ini di atas keaboard komputer.

Lama kelamaan saya merasa puas setiap selesai mengupdate artikel. Saya merasa terharu ternyata saya juga bisa memberikan manfaat kepada orang lain. Mudah-mudahan semua yang telah saya tuangkan lewat blog saya ini bisa diterima dengan baik oleh para pembaca sekalian. Dan semoga Allah SWT selalu melindungi blog saya ini sehingga dari blog saya ini akan terus lahir artikel-artikel yang bermanfaat bagi banyak orang. Saya yakin bahwa setiap perbuatan yang kita lakukan kelak pasti ada balasannya.

Itulah tadi artikel saya tentang “Ngeblog Itu Kepuasan Pribadi dan Ladang Pahala”. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan mampu menginspirasi orang banyak untuk berbuat sesuatu yang lebih dan berusaha mendapatkan banyak pahala. Saya mengucapkan terima kasih kepada para pembaca setia, semoga saya terus termotivasi sehingga akan terus berusaha menampilkan artikel yang bagus dan bermanfaat bagi orang banyak. Terima kasih, Wassalamu’alaikum.


EmoticonEmoticon