Tips Memilih Tukang Jahit Yang Bagus dan Jempolan

Sebetulnya, tips terbaik bagi anda di dalam berbusana adalah menjahitkan baju anda pada penjahit yang sudah jadi langganan anda. Yang menjadi masalah adalah, untuk mendapatkan tukang jahit yang bagus dan profesional merupakan perkara yang sulit, khususnya bagi para wanita. Akhir-akhir ini profesi menjahit sudah ramai di kalangan masyarakat sehingga persaingannyapun semakin ketat dan mereka berlomba-lomba untuk mendapatkan pelanggan setia. Nah, inilah yang menjadi alasan kebingungan anda untuk memilih penjahit manakah yang paling cocok dengan style anda dan selera anda. Namun hal tersebut yang anda biarkan berlarut-larut dan anda jangan khawatir lagi. Sebab menurut pakar busana bernama Alison Freer, dia membagikan tiga tips yang cerdas di dalam menyeleksi dan menentukan penjahit manakah yang terbaik.


Inilah Tips Memilih Tukang Jahir Yang Bagus dan Jempolan, antara lain :

1. Pilihlah Penjahit Yang Kooperatif

Penjahit itu diibaratkan sebagai pasangan, maksudnya apa? Karena antara pelanggan dan penjahit itu harus saling menjaga hubungan yang langgeng dan juga awet. Karena apa? Karena kepuasan yang didapatkan oleh pelanggan pada waktu pertama kali menjahitkan baju ke penjahit menentukan lanjut tidaknya dia jadi pelanggan. Satu kali saja pelanggan terpuaskan oleh hasil kerjaan si penjahit, tentu suatu saat nanti pelanggan tersebut akan kembali lagi ke penjahit tadi. Oleh sebab itulah, disamping anda harus mempertimbangkan bakat dan keterampilan si penjahit, anda harus mencari lagi seseorang yang kooperatif dan ramah kepada pelanggannya. Karena tidak sedikit para penjahit yang merasa sombong dan dibutuhkan sehingga seringkali sikapnya cenderung tidak sopan pada pelanggannya.

2. Pilihlah Penjahi Yang Bisa Tepat Waktu

Tahukah anda bahwa menjahit baju itu membutuhkan waktu dan juga inspirasi. Jadi, usahakan anda kalau meminta waktu tenggang jangan terlalu mempet atau berkesan sangat menyulitkan dan memberatkan si penjahit. Namun perhatikan juga saat anda memberi waktu kepada penjahit cukup lama, maka bagaimana dengan janji si penjahit, apakah dia bisa tetap waktu atau tidak.

3. Lakukanlah Uji Keterampilan Pada Si Penjahit

Alangkah baiknya bila anda tidak langsung memberikan pesanan jahitan yang terlalu rumit kepada penjahit. Dan jangan mentang-mentang anda menggunakan bahan yang mahal terus anda bisa bertindak demikian. Menurut Freer, dia menyarankan supaya anda melakukan uji keterampilan dulu kepada si penjahit dengan pesanan baju dengan teknik jahitan yang simpel dan sederhana tetapi menuntut kerapihan jahitan, seperti baju kemeja, celana bahan, dan juga rok. Kemudian, perhatikanlah apakah barisan jahitan pada area kerah dan kelim bajut bisa terjahit secara teliti atau tidak. Disamping itu, jangan lupa untuk mengamati apakah panjang celana dan lengan baju anda bisa sama.


EmoticonEmoticon