10 Tips Sederhana Merawat Kucing Bagi Para Pemula

Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang sangat disukai oleh manusia. Disamping lucu, perilaku hewan ini juga sangatlah menyenangkan dan menggemaskan. Akan tetapi, apakah anda tahu cara merawat kucing yang benar? Hampir semua jenis hewan itu mempunyai sifat sensitif yang semestinya bisa dipahami oleh manusia. Kalau anda seorang pemula dalam hal memelihara kucing, maka 10 tips berikut bisa membantu anda untuk merawat kucing dengan baik berdasarkan apa yang dirilis oleh Merdeka.com.


# Tips Pertama    

Seekor anak kucing itu memerlukan jumlah gigi yang lebih banyak bila dibandingkan dengan para kucing dewasa. Namun walau anak kucing memerlukan nutrisi yang lebih banyak, bukan berarti anda harus banyak-banyak memberinya makan. Setelah berjalan 5-6 minggu, anda bisa memberikan makanan secara rutin sebanyak 4 kali tiap hari.

Baca Juga :
3 Cara Merawat Landak Mini Mulai Dari Makanan, Kandang dan Memandikan
Inilah Pro dan Kontra Tentang Kelinci Yang Dijadikan Hewan Peliharaan Buat Anak 

# Tips Kedua

Anda jangan pernah memberikan makanan Anjing untuk Kucing anda. Di dalam makanan Anjing tidak tidak terkandung taurin, nutrisi yang diperlukan oleh kucing untuk mencegah timbulnya penyakit jantung dan kaburnya penglihatan.

# Tips Ketiga

Setelah 8-10 bulan, anda dapat membiasakannya untuk memakan makanan rumahan seperti nasi dan susu segar. Anda harus menanamkan kebiasaan ini sejak usia dini si Kucing.

# Cara Keempat

Anda tidak perlu memandikan kucing anda secara terartur dan terus menerus. Saat bulu kucing mulai terlihat berbau, anda bisa memandikannya menggunakan air dingin. Penggunaan air panas bisa merusak bula dan mengakibatkan iritasi pada kucing.

# Cara Kelima

Sikatlah bulu kucing secara teratur dan rutin. Cara ini bisa menghilangkat rambut-rambut yang sudah mati, beserta bakteri dan kuman yang menempel di bulu.

# Cara Keenam   

Pergilah keluar dan bermainlah dengan kucing anda. Agar pertumbuhan dan perkembangan kucing bisa berjalan dengan baik, maka kucing perlu kegiatan fisik. Dengan menerapkan cara ini, maka hewan peliharaan anda akan tumbuh sehat sekaligus lincah.

# Cara Ketujuh   

Ajarkan kepada kucing anda kebiasaan hidup sehari-hari. Anda dapat mulai memberi pelajaran kepada kucing anda beberapa kebiasaan seperti makan, pergi ke toilet, dan tidur di tempat tidur.

# Cara Kedelapan   

Bersikaplah tegas kepada setiap perilakunya yang buruk. Sikap tegas ini merupakan suatu hal yang positif bila anda ingin kucing anda menjadi kucing yang manis. Dengan pengambilan sikap ini, maka otomatis kucing anda mampu membedakan mana yang baik dan mana yang buruk.

# Cara Kesembilan   

Lakukanlah vaksinasi terhadap kucing anda.     Tindakan vaksinasi wajib untuk dilakukan dengan rutin agar kucing anda terhindari dari penyakit dan berbagai macam virus. Oleh karena itu, segera konsultasikanlah dengan dokter hewan anda.

# Cara Kesepuluh

Lakukan perawatan terhadap tubuh si kucing. Mencuci gigi, kuku dan telinga merupakan suatu yang harus anda lakukan pada kucing anda. Spot-spot ini sangatlah rentan terhadap bakteri dan kuman. Jika anda biarkan tetap kotor, hal ini akan mengakibatkan infeksi dan penyakit pada kucing anda. Oleh karena itu, tidak hanya manusia saja yang butuh perawatan secara khusus. Hewan pemeliharaan juga memerlukan hal yang demikian. Jadi, sebaiknya anda menjaga kebersihan kucing anda secara rutin.


EmoticonEmoticon