4 Gaya Renang Yang Paling Baik Dalam Membakar Kalori

Kegiatan berenang seringkali disebut sebagai salah satu cara paling baik untuk menurunkan berat badan. Kenapa demikian? Sebab, disamping bisa melatih banyak otot yang tidak terbiasa dipakai, berenang ternyata juga bisa memaksa jantung dan paru-paru anda bekerja lebih keras lagi didalam mengedarkan oksigen. Namun, ternyata setiap gaya yang digunakan memiliki perbedaan di dalam membakar jumlah kalori di dalam tubuh karena mekanismenya yang berbeda juga. 

Image by : pixabay.com

Nah, berikut ini akan diuraikan 4 gaya renang tersebut, antara lain :

1. Renang Gaya Bebas


Renang dengan gaya bebas tentunya berbeda dengan gaya-gaya lainnya di dalam renang. Gaya bebas merupakan gaya yang paling cepat dan paling efisien. Apabila dilakukan dengan tepat, anda akan mudah sekali membakar 704 kalori hanya dalam waktu satu jam saja. Selain itu, karena anda bergerak dengan posisi tubuh yang miring dan memotong air, gaya bebas juga terasa lebih ringan untuk dilakukan bila dibandingkan dengan gaya jenis lainnya.

Baca Juga :
5 Cara Mudah Mencegah Bau Mulut Di Pagi Hari
 4 Cara Ini Bisa Anda Terapkan Supaya Mata Tidak Lelah Akibat Terpapar Layar


2. Renang Gaya Katak

Gaya ini juga tidak kalah dalam urusan membakar kalori bila dibandingkan dengan gaya bebas. Gaya ini bila anda gunakan dalam waktu satu jam, maka akan membakar sekitar 704 kalori dalam beat badang yang berukuran 70 kilogram. Memang gaya ini lebih lambat bila dibandingkan dengan gaya lainnya. Hal ini terjadi karena gaya katak bisa memaksa anda untuk terus menerjang air dengan memakai kekuatan lengan dan juga kaki.

3. Renang Gaya Punggung

Sekilas, munkin memang gaya punggung itu terlihat mudah, hal ini karena memang posisi tubuhnya yang tinggal terlentang diatas air. Akan tetapi, gaya ini ternyata memerlukan kekuatan yang lebih banyak terutama pada otot perut dan juga bahu untuk bergerak. Bila dilakukan dalam waktu satu jam, maka anda yang tadinya berberat 70 kilogram akan mampu membakar kalori sebanyak 493. Angka ini memang terlihat lebih kecil bila dibandingkan dengan gaya-gaya renang lainnya. Namun, anda juga dapat bertahan dan berenang dalam waktu yang lama menggunakan gaya ini dibandingkan dengan gaya yang lain.

4. Renang Gaya Kupu-Kupu

Dalam masalah ini, gaya inilah yang jadi juaranya. Betapa tidak, dalam waktu satu jam saja, anda yang berberat badan sekitar 70 kilogram akan mampu membakar lemak sebanyak 774 kalori bila anda menggunakan gaya kupu-kupu. Angka ini menunjukkan bahwa memang gaya ini adalah gaya yang paling berat untuk dilakukan dalam renang. Disamping itu juga anda harus memiliki tubuh yang lentur. Kekuatan lenganpun sangat dibutuhkan dalam gaya ini karena harus anda gunakan untuk mendayung dan menghirup udara.

Sumber : kompas.com


EmoticonEmoticon