5 Cara Mudah Mencegah Bau Mulut Di Pagi Hari

Maksud hati mau mengucapkan selamat pagi kepada pasangan sambil memberi ciuman mesra, eh...apa daya ternyata terhalang oleh bau mulut yang tidak sedap. Meskipun sebelum tidur kita sudah menggosok gigi, tapi terkadang mulut yang bau sulit sekali dihindari khususnya di pagi hari saat bangun tidur. Hindarilah problem tersebut dengan mengetahui yang menjadi pemicu bau mulut anda.

1. Mulai Dari Malam Hari

Meski anda sudah merasa menyikat setiap bagian gigi secara teliti, ternyata masih mungkin ada sisa makanan yang tertinggal dan ini akan jadi favorit kuman untuk berkembang lebih baik. ‘’Bakteri memakan partikel-partikel makanan di mulut. Koloni bakteri ini akan mengeluarkan komponen sulfur lewat respirasi anaerobik,’’ kata Dr. Brian Kantor, salah seorang dokter gigi. Jadi, kalau anda ingin menghilangkan nafas ‘’bau naga’’ pada pagi hari, selalu menyikat gigi sebelum tidur, termasuk di bagian lidah dan akhirilah dengan memakai obat kumur non alkohol.

Baca Juga :
4 Cara Ini Bisa Anda Terapkan Supaya Mata Tidak Lelah Akibat Terpapar Layar
Lima Cara Tidur Yang Sehat Ini Diyakini Bikin Anda Awet Muda 

2. Anda Jangan Bernafas Melalui Mulut

Air liur atau salifa merupakan sahabat mulut kita. ‘’Didalam saliva terkandung oksigen yang tinggi dan membunuh bakteri. Dengan saliva pula partikel makanan akan dibersihkan dari mulut saat anda menelan, ‘’katanya. Yang jadi masalah, produksi saliva akan berkurang saat anda tidur. Buruknya lagi, jika anda sering bernafas lewat mulut ataupun mendengkur selama masa tidur sehingga mulut jadi kering. Untuk bisa mencegah tidur mendengkur, maka cobalah untuk mengubah posisi tidur anda. Hidung yang mengalami penyumbatan akibat dari flu juga bisa mengakibatkan anda mengambil napas lewat mulut, sebab itulah, atasilah masalah gejala flu ini dengan obat dekongestan.

3. Obat Kumur

Agar mulut kering bisa dicegah, maka konsumsilah banyak air dan pakailah obat kumur non alkohol sebelum beranjak tidur. Sebab cara tersebut diyakini bisa membuat produksi saliva semakin sedikit.

4. Kurangilah Asam

Disamping menyukai mulut yang kering, para bakteri juga suka hidup pada lingkungan yang asam untuk berkembang biak. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi keasaman mulut, maka pakailah produk perawatan gigi dan mulut yang mengandung baking soda.

5. Makanan Yang Renyah

Agar produksi saliva meningkat, anda bisa mengonsumsi makanan yang renyah-renyah seperti sauran dan buah apel. ‘’Jenis makanan ini adalah salah satu contoh untuk merangsang aliran saliva dan secara mekanis membersihkan mulut dan juga noda di permukaan gigi anda,’’ kata Kantor.


EmoticonEmoticon