5 Tips Berikut Bisa Menjadikan Rumah Anda Bersih Kurang Dari 1 Jam

Tentunya tak ada yang mau mengabdikan semua akhir pekannya di rumah dengan bersih-bersih di rumah. Akan tetapi, terdapat beberapa tugas yang sebenarnya lebih mudah anda kelola jika dikerjakan sedikit demi sedikit. Beberapa pekerjaan di bawah ini bahkan dapat terselesaikan kurang dari satu jam saja. 



Baca Juga :
5 Cara Efektif Untuk Persiapan KPR
Menempati Rumah Baru Yang Sudah Lama Saya Idam Idamkan 

Apakah pekerjaan-pekerjaan tersebut, berikut ini ada 5 Tips yang bisa anda lakukan, antara lain :

1. Keluarkanlah Isi Laci Anda

Anda bisa memulai dari sesuatu yang kecil-kecil dulu. Biasanya laci merupakan tempat yang paling berantakan, apakah itu di dapur, di kamar tidur, maupun laji meja. Menurut Direktur Laboratorium Pemberisihan di Institut Good Housekeeping bernama Carolyn Forte, mengatakan bahwa “Singkirkanlah atau pindahkanlah benda-benda yang tidak anda butuhkan atau tidak seharusnya berada disana”.

2. Gunakanlah Penghisap Debu Untuk Membersihkan Furniture

Anda bisa menggunakan penghisap debu di bagian sofa dan juga kursi, serta bersihkan juga bagian bawahnya. Anda harus menggunakan alat khusus untuk celah-celahnya, yang berbentuk pipih, di bagian jahitan dan juga bagian lipatannya.

3. Sapulah Debu-Debu dan Kotoran-Kotaran Pada Bagian Yang Tersembunyi

Anda seringkali terlupa untuk membersihkan fokus-fokus tertentu pada beberapa titik rumah saat anda bersih-bersih, semisal pada sudut-sudut di bagian atas ruangan anda. Perlu anda ketahui bahwa pada bagian ini merupakan favorit bagi debu dan juga kotoran untuk menempel. Agar anda bisa membersihkannya, anda bisa memakai kemoceng.

Pada kotoran-kotoran yang menggantung, siasatilah dengan menggunakan satu potongan sapu lidi ataupun sumpit. Caranya cukup mudah, anda hanya perlu melakukan gerakan memutar dengan menggunakan satu potong satu tersebut. Dalam waktu yang relatif singkat, kotoran tersebut akan berpindah tempat ke potongan tadi.

4. Lakukan Pembersihan Pada Bagian Belakang Furnitur

Bagian inilah yang seringkali terlupakan dan tertinggal pada saat anda melakukan penghisapan debu. Kata Forte, “Tariklah perabot agak menjauh dari dinding, dan hisaplah debu-debu yang berada di belakang dan bagian bawahnya”.

5. Gunakan Lap Untuk Membersihkan Kipas Angin

Yang dimaksud disini semua kipas angin, baik itu kipas angin yang berdiri, kipas angin meja, kipas angin langit-langit, maka semuanya itu perlu beberapa kali pembersihan namun sebenarnya tidak terlalu memakan waktu yang lama. Saat alat-alat tersebut sudah terlalu berdebu, pada saat pemakaian, maka kipas angin tersebut umumnya bisa mengakibatkan pemakainya sering bersin-bersin.

Pakailah kain ataupun sarung bantal yang sudah bekas untuk anda gunakan dengan cepat dan efisian memberisihkan debu-debu di permukaan kipas angin langit-langit. Namun jika kipas angin yang meja dan berdiri, yang perlu anda lakukan adalah membuka bagian luarnya dahlu sebalum anda mengelapnya.



EmoticonEmoticon