5 Tradisi Unik di 5 Negara Tentang Perayaan Hari Ibu

Di negara Indonesia, hari Ibu ditetapkan oleh pemerintah jatuh pada tangga 22 Desember. Ketentuan ini diputuskan sendiri oleh Presiden Soekarno pada tahun 1959. Sebab, di saat itulah untuk pertama kalinya akan diadakan Kongres Perempuan Indonesia yang berlangsung pada tanggal 22 Desember 1928 di kota Yogyakarta. Acara ini sendiri dihadiri oleh beberapa aktivis perempuan dari Jawa dan sumatera. 


Pada umumnya, hari Ibu di Indonesia dirayakan dengan cara sederhana yaitu memberikan kado yang paling indah dari anak-anak kepada ibu mereka. Kado inipun hadir di dalam berbagai macam bentuk lucu, mulai dari bunganya, fotonya, pelukan dan ciumannya, makan malamnya dan lain sebagainya. Apakah di masing-masing negara di dunia ini juga merayakannya dengan cara yang sama?

Baca Juga :
3 dari 5 Hotel Terbesar Di Dunia Terdapat Di Jazirah Arab
5 Negara Ini Menyediakan Tempat Wisata Khusus Binatang Panda 

Nah, inilah urainanya khusus untuk anda.

1. Negara Inggris

Faktanya, Inggris merupakan negara yang pertama di dunia yang ikut mendedikasikan Hari Ibu pada awal tahun 1600-an. Tradisi unik yang dilakukan dengan tujuan merayakan hari Ibu di Inggris adalah membuat kue almon yagn cukup populer disebut dengan nama simnel cake. Akan tetapi, tradisi ini mulai bergeser, sebab orang-orang lebih memilih untuk memberikan bunga, kartu, ataupun hadiah lainnya kepad apara ibu rumah tangga.    

2. Negara Jepang

Di Jepang, hari ibu disimbolkan dengan bunga anyelir yang melambangkan kekkuatan dan kelembutan seorang ibu. Disaat hari ibu tiba, banyak anak di negeri Sakura ini akan menggambarkan foto ibu mereka di sekolah sebagai bagian yang cukup penting untuk kontes seni. Selain itu, anak-anak juga akan memberi bunga anyelir merah serta kartu ucapan untuk ibu mereka masing-masing.

3. Negara Australia

Hampir serupa dengan negara Jepang, pada masyarakat Australia merayakan hari Ibu dengan memberikan hadiah yang berupa bunya khusus yaitu krisan. Kemudian, orang Australia sendiri juga akan menghadiahi bibi dan nenek di saat hari ibu.

4. Negara Etiopia

Untuk merayakan hari Ibu di Etiopia, maka diadakanlah pesta secara besar-besaran. Biasanya bagi anak-anak perempuan, mereka disuruh membawa mentega, sayuran, kejudan bumbu. Sedangkan kaum laki-laki membawakan berbagai macam daging seperti daging domba dan banteng. Kemudian, saat malam mulai tiba, seluruh keluarga berkumpul untuk melakukan santap malam dan menari bersama-sama bersama-sama dengan para ibu yang menjadi artis utama.

5. Negara India   

Di India sendiri, hari Ibu dimaknai oleh rakyatnya dengan mengenang seluruh jasa ibunya di dalam kehidupan sehari-hari seorang anak, baik itu dalam keadaan senang atau susah. Seluruh warga akan merayakan Hari Ibu dengan berbagai acara yang besar yang diselenggarakan di tengah-tenagah kota, promo dari restoran, dan juga program spesial dari media lokal. Diprediksi, di dalam beberapa tahun yang akan datang, hari Ibu di negara India akan menjadi festival nasional.

Sumber : kompas.com


EmoticonEmoticon