7 Tips Ini Membantu Pria Modern Meredakan Stres

Di seluruh dunia tingkat stres sepertinya merata dan terbilang lebih tinggi. Hal ini bukanlah sesuatu yang mengejutkan, kalau kita melihat berbagai macam tuntutan yang terjadi pada masa kini. Berbagai tuntutan tersebut dapat berupa tuntutan prestadi di kantor, keterlibatan di dunia politik, mempertahankan kehidupan sosial sampai dengan tuntutan menjaga tubuh tetap ideal. Untuk menghadapi semua itu, anda kini tidak perlu merasa resah lagi karena sudah ada cara-cara yang bisa anda lakukan untuk menggapai ketenangan hidup. Para ahli menyarankan beberapa saran berikut bagi orang-orang yang ingin menyingkirkan stresnya dan menjadikan hidup lebih tenang.
Baca Juga : 

Anda adalah apa yang sedang anda makan. Jadi, memakan sepotong daging bersama dengan perasa yang sedang kesal di dalam hati bukan suatu awal yang baik bagi diri anda. Akan lebih kalau anda memilih pasta yang terbuat dari gandum utuh untuk anda konsumsi. Di dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Journal of Clinical & Experimental Research menunjukkan bahwa karbohidrat kompleks dapat menaikkan serotonin, yaitu horman yang bertanggungjawab untuk menjaga keseimbangan mood.
Asupan vitamin juga dapat membantu anda menjaga kesegaran tubuh. Para peneliti yang berasal dari Universitas Alabama menemukan bahwa vitamin C itu dapat memperlambat terjadinya sekresi hormon stres.

2. Tinggalkan Kebiasaan Merokok

Menghisap rokok bisa menjadikan anda makin terpuruk, setidaknya inilah yang dikatakan oleh Profesor Cary Cooper, seorang ahli kesehatan dari Universitas Lancaster.  ‘’Wanita yang memiliki kemampuan lebih baik untuk memperoleh dukungan dari lingkungan sosialnya, namun pria di saat stres pada umumnya akan memilih untuk menyendiri sambil menghisap rokok,’’ kata Cooper. Sebuah Dewan Penelitian Tembakau di Eropa telah menemukan bahwa nikotin itu ternyata dapat menekan serotonim yang bisa melawan stres, sehingga hal ini justru akan meningkatkan kecemasan dan menjadikan dirinya merasa memerlukan rokok lagi dan lagi.

3. Lakukan Olahraga

Anda percaya ataupun tidak, latihan fisik bisa menaikkan kinerja otak sebaik tubuh. Melakukan latihan setengah jam dengan intensitas yang tinggi dapat menurunkan kadar stres lebih banyak bila dibandingkan berolahraga dalam waktu yang lama dengan kecepatan moderat. Manfaatnya bisa lebih bertahan sebanyak tiga kali lipat, hal ini menurut hasil penelitian Universitas Missouri.

4. Sebaiknya Anda Meluangkan Sedikit Waktu Di Tempat Kerja

Tidak mengherankan kalau penyebab dari stres yang utama pada pria adalah urusan kantor. Daripada anda menggerutu sendirian, alangkah lebih baik kalau anda meluangkan waktu untuk menikmati secangkir kopi bersama dengan teman-teman anda dan berbagi cerita tentang pekerjaan anda. Sesudah itu hati anda akan merasa lebih baik dan lebih lega. Seorang peneliti dari University of Briston menemukan, bahwa kafein bisa membantu meringkankan beban di dalam hati, sehingga stres anda bisa ditekan. Penulis Stress Manageent fo Dummies bernama Allen Elkin menyarankan untuk membawa suasana hati ke luar ruangan kantor, seperti sedang meletakkan tanaman di meja.  ‘’Anda tidak membutuhkan tempat yang luas untuk memeliharanya. Dan saat anda menyiraminya, anda akan sadar, bahwa dunia itu bukan hanya tentang diri anda saja. Hal ini bisa jadi bantuan psikologi saat mengalami stres.’’

5. Kosongkanlah Pikiran Anda

Fokuskanlah pikiran anda, emosi, serta perasaan akan menjadikan otak di dalam kondisi yang tenang membantu anda meredakan stres. Seorang dokter dari Priory Hospital London bernama Dr Tanya Bernstein mengatakan bahwa hal seperti ini bisa dilakukan di saat anda berada di luar ruangan kantor. Ambillah waktu selama perjalanan anda menuju ke kantor untuk berhenti sejenak dari kesibukan, menyimpan ponsel, tarik nafas, dan kumpulkan kembali pikiran anda.  ‘’Berusahalah bernafas dengan tenang dan temukan pikiran yang menarik perhatian anda. Melihat berbagai masalah di dalam pikiran akan membuat anda mampu menentukan prioritas yang paling penting.’’

6. Melakukan ‘Bercinta’

Dari Cornell Unviversity, para penelitinya mengungkapkan bahwa seks itu terbukti baik bagi tubuh dan pikiran. Pasalnya, orgasme bisa mengeluarkan hormon beta endorfin, yaitu suatu senyawa alami untuk melawan stres. Jadi, kapan saja anda merasakan stres, jangan ragu-ragu untuk menggoda pasangan hidup anda untuk ‘bercinta’.

7. Melakukan Pekerjaan Rumah

Pada umumnya orang yang stres itu cenderung untuk mengalami waktu tidur yang kurang. Kalau dalam beberapa hari anda merasakan sulit tidur, cobalah untuk membuat janji ke diri sendiri, ‘’Saya berjanji hanya akan terjaga selama 30 menit’’, ‘’ kata Bill Roedel, seorang profesor psikologi dari Bastyr University Washington.  ‘’Stres itu menjadikan anda sulit tidur. Namun sulit tidur justru akan tingkat stes anda semakin tinggi. Untuk meredakannya, cobalah untuk rileks.’’ Ujar Roedel. Kalau tips tadi tidak bisa bekerja, pergilah untuk menyeterika baju. Yang unik disini seorang penulis buku Stress Management Made Simple bernama Jay Winner menemukan bahwa orang yang melakukan gerakang secara berulang-ulang seperti saat menyeterika bisa ‘’mengirim’’ anda kedalam tahap tenang dan menahan pikiran stres.


EmoticonEmoticon