Beberapa Tes Medis Ini Ternyata Lebih Akurat Untuk Mendeteksi Penyakit Jantung

Alih-alih melakukan pendekatan secara medis yang ada saat ini untuk kemungkinan resiko terserang penyakit jantung pada seseorang, seorang ahli jantung di Southwestern Medical Center mengungkapkan, terdapat beberapa tes gabungan yang harus dilakukan untuk melakukan deteksi resiko penyakit jantung secara akurat dan efektif. 

Strategi yang dilakukan saat ini bergantung kepada pengukuran tekanan darah, keberadaan penyakit diabetes, kolesterol, kondisi pra diabetes dan juga riwayat merokok. ‘’Gabungan tes ini betul-betul kuat didalam mengidentifikasi resiko yang tidak terduga pada individu dengan beberapa faktor resiko tradisional.

Baca Juga :
5 Hal Seputar Sarapan Yang Salah 
6 Hal Inilah Yang Bikin Perut Anda Berubah Dari Rata Jadi Buncit

Mereka itu adalah orang-orang yang tidak akan sadar bahwa mereka memiliki resiko penyakit jantung dan oleh karenanya mungkin tidak ditargetkan untuk melakukan terapi preventif,’’ menurut Dr James de Lemos, di dalam rilis beritanya. Di dalam studi mereka, yang diterbitkan di dalam jurnal Circulation, para peneliti memakai data dari dua penelitian sebelumnya yang ikut melibatkan hampir sekitar 9.000 subjek.

Pekerjaan mereka itu sebagian besar didanai oleh NASA, sebagai salah satu bagian dari upaya perancangan strategi untuk memprediksi penyakit jantung pada seorang astronot. Astronot itu bukanlah satu-satunya orang yang dapat memperoleh keuntungan dari tes ini, ujar para peneliti. Tes ini juga dirancang bagi publik. Akan tetapi, yang paling baik tetaplah berkonsultasi dengan dokter spesialis jantung untuk memastikan terlebih dahulu tingkat resiko anda.

Inilah beberapa tes medis yang disarankan oleh para peneliti :

1. Elektrokardiogram (EKG)


EKG menyediakan informasi soal penebalan otot jantung. Otot jantung yang membesar lebih dikenal sebagai penyakit hypertrophic cardiomyopathy. Kondisi seperti ini sebenarnya bisa diwariskan atau disebabkan karena tekanan darah yang tinggi ataupun penuaan.

2. Pemindaian Kalsium Koroner (Coronary Calcium Scan)

CCS adalah CT scan jantung yang sifatnya terbatas dengan radiasi yang rendah supaya mengidentifikasi dan mengukur kadar kalsium pada arteri jantung anda.

3. Tiga Tes Darah

Salah satu tes darah bermanfaat untuk mengidentifikasi kadar protein tertentu yang menunjukkan terjadinya peradangan. Tes darah yang lainnya untuk mencari keberadaan hormon yang menunjukkan stres di jantung. Tes yang ketiga untuk mengidentifikasi protein tertentu (troponin T dengan tingkat sensitivitas yang tinggi) yang menunjukkan terjadinya kerusakan di otot jantung. Salah satu peneliti memberikan catatan bahwa berbagai tes ini bila dilakukan secara sendiri-sendiri (tidak digabungkan) sudah terbukti efektif untuk menentukan resiko terjadinya penyakit jantung. Namun, menggabungkan mereka bersama-sama bisa memberi pandangan yang lebih akurat dan komprehensif.


EmoticonEmoticon