Berkaitan Dengan Pohon, 5 Mitos Ini Masih Dipercaya Di Indonesia

Biarpun banyak orang yang mengaku melek teknologi, namun nyatanya masih banyak orang-orang di Indonesia yang masih saja mempercayai hal-hal yang berbagu magis, klenik, dan berbagai macam lainnya. Bahkan jika kita membahas mengenai mitos orang-orang Indonesia, munkin kita akan perlu berbuku-buku untuk menuliskannya.Bagaimana tidak, di setiap sisi kehidupan masyarakat Indonesia selalu terdapat mitos-mitos yang menemaninya.

Berbagai macam mitos bisa dikait-kaitkan dengan bermacam-macam benda, termasuk tidak terkecuali pohon-pohon. Bagi orang-orang di luar negeri, mungkin pohon hanyalah sebagai bukti dari keanekaragaman hayati. Namun berbeda dengan orang-orang Indonesia, pohon justru dianggap memiliki arti yang khusus bagi mereka. Tidak cuma pohon yang dikatakan tempat tinggalnya makluk halus, namun juga kepercayaan khusus yang lain-lain.

Baca Juga :
Mitos Aneh Seputar Makanan
Berkaitan Dengan Jerawat, 10 Mitos Ini Terbukti Salah

Nah, mitos-mitos tentang pohon berikut masih sangat melekat di masyarakat Indonesia :

1. Jangan Pernah Menebang Pohon Beringin

   
Pohon beringin seringkali disebut sebagai pohon bertuah dan sering dihubung-hubungkan dengan mistis. Karena nilai kleniknya yang tinggi, maka banyak orang yang seringkali mengeramatkannya. Sebagaimana benda keramat kebanyakan, pohon beringin itu juga memiliki banyak pantangan dalam hal memperlakukannya. Tidak cuma larangannya yang terkenal yaitu dilarang dikencingi, namun juga ada himbauan agar tidak menebang pohon beringin.

Mitos yang beredar, barang siapa yang secara sengaja menebang pohon beringin, maka dia akan menjadi miskin sampai tujuh keturunan. Alasan yang berkaitan dengan larangan ini adalah bahwa di dalam pohon beringin itu terdapat penghuni dari kalangan makluk halus. Oleh karena itulah, bila ada orang yang menebang, maka menurut mitos yang ada, orang ini akan miskin hingga tujuh turunan sebab penunggu pohon sangat marah.

2. Larangan Menanam Pohon Pisang Di Halaman Rumah

Pohon pisang juga seringkali dijadikan objek yang berkaitan dengan mitos-mitos. Umumnya, orang akan langsung mengaitkannya dengan salah satu dari maklus halus. Iya benar, konon menurut cerita rakyat setempat, pohon pisang merupakan tempat favorit dari para pocong. Hal ini mungkin berkaitan erat dengan bentuk pisang yang cenderung tegak lurus tersebut. Tidak hanya itu, ada mitos lainnya yang berhubungan dengan pohon yang satu ini.

Banyak yang mengatakan bahwa pohon pisang itu jangan ditanam di halaman rumah. Menurut mitos, jika hal ini nekad dilakukan, maka rumah tersebut akan senantiasa dinaungi oleh energi-energi yang negatif. Tidak hanya itu, makhluk yang kasat oleh mata akan suka berada disitu dan bersemayam di rumah-rumah yang terdapat pohon pisang di halaman rumahnya.

3. Larangan Menanam Pohon Sawo Di Pekarangan Rumah

Jika dikait-kaitkan dengan mistis, keberadaan pohon sawo di depan rumah seringkali diidentikkan dengan rumah yang dihuni oleh genderuwo. Oleh karena itu, saat melewati pohon sawo setelah magrib biasanya sering mencium bau bakaran. Aroma bakaran tersebut biasanya menjadi pertanda eksistensinya makhluk gaib yang satu ini. Masalah mitos, masyarakat banyak sekali yang percaya mengenai hubungan rumah dengan pohon sawo.

Konon kata masyarakat, kalau seseorang menanam pohon sawo di halaman rumah, maka umumnya rumah tersebut akan senantiasa sepi. Tidak cuma suasananya saja, namun juga penghuninya yang akan selalu berganti-gantian dengan alasan-alasan yang khusus. Sawo sendiri oleh masyarakat jawa dikaitkan dengan kata-kata ‘Suwung’ yang berarti sepi.

4. Mitos Tentang Bambu Kuning Yang Katanya Sakti

Bagi kebanyakan orang Indonesia, pohon bambu sering dijadikan sebagai salah satu objek mitos.  Bambu sering diidentikkan dengan rumah para makhluk halus seperti Wewe Gombel dan Genderuwo. Bahkan saking gencarnya mitos tersebut, sebagian orang mengatakan bahwa anak yang bermain-main di dekat gerombolan bamu di saat magrib, maka bisa dipastikan bahwa si anak tadi akan hilang. Menurut mitos, mereka akan diculik oleh makhluk halus yang berada di tempat tersebut.

Cerita tersebut tentunya membuat mistis tentang bambu kuning makin tambah seram, akan tetapi tidak semua jenis bambu bisa dikait-kaitkan dengan hal-hal yang negatif. Buktinya masih ada yang mengatakan bahwa bambu kuning bisa membawa energi positif bagi rumah si pemilik. Banyak para pakar yang mengatakan bahwa keberadaan dari bambu kuning akan menjadikan penghuninya sejahtera secara ekonomi. Tidak Cuma itu saja, bambu kuning juga diyakini bisa menangkal datangnya sihir-sihir. 

5. Mitos Tentang Pohon Bugenvil dan Jodoh

Ada banyak sekali alasan mengapa seseorang susah sekali jodohnya. Hal ini bisa disebabkan oleh alasan ekonomi, penampilan sampai sifat-sifat. Namun, saat seseorang sudah memiliki kualitas yang bagus namun masih saja jomblo, jangan-jangan orang ini melakukan sesuatu yang membuatnya seret jodoh. Misalnya, dengan tinggal di rumah yang terdapat pohon bougenvilnya, konon katanya saat pohon ini berdiri mesra di halaman rumah, maka salah seorang dari penghuni rumah tersebut bakalan susah jodohnya.

Tentu saja mitos ini bukanlah suatu mitos yang bisa dipercaya oleh semua orang dan semua akan kembali kepada masing-masing. Namun, bagi seseorang yang secara kebetulan kondisinya pas, sedang seret jodoh dan dia memiliki pohon ini, maka anda bisa mencoba alternatif lain untuk menjauhi pohon tersebut dan anda bisa lihat sendiri hasilnya.

Nah, inilah mitos-mitos mengenai pohon yang masih beredari luas di dalam masyarakat Indonesia. Tentunya ini semua dikembalikan lagi kepada masing-masing orang. Tidak ada yang bisa memaksakan kepercayaan seseorang. Bila dipikir-pikir secara logis, memang mitos-mitos tersebut terbilang di luar nalar. Namun, pada umumnya apa saja yang turun-menurun dari orang tua ternyata juga ada benarnya.


EmoticonEmoticon