5 Buah Ini Wajib Anda Coba Saat Berlibur Ke Thailand

Thailand memang terkenal sebagai negara dengan kemajuan industri agrikulturnya. Tidak mengherankan jika di negeri Gajah Putih tersebut hasil buminya cukup melimpah. Salah satu contohnya adalah hasil buah-buahan yang berasal dari Thailand terkenal dengan ukurannya yang besar-besar dan tetap mempertahankan cita rasa manisnya. Kalau anda berkunjung ke negara tersebut, anda jangan melewatkan untuk mencicipi buah-buahan khas negeri Thailand.

 Image by : pixabay.com

Walaupun sekilas buah-buahannya mirip dengan buah yang ada di Indonesia, namun tetap saja ada perbedaan diantara buah dari Indonesia dan buah dari Thailand. Pada umumnya, buah-buahan khas negara Thailand juga lebih gampang untuk didapatkan di daerah Thailand bagian selatan. Berikut ini adalah 5 buah khas Thailand yang sayang untuk anda lewatkan kalau berada di Thailand sebagaimana dikutib oleh brosur ‘’Fruits of Thailand’’ yang telah dirilis oleh Department of Agricultural Extension’’:”

Baca Juga :
10 Tips Aman Saat Berkunjung ke Taman Nasional Komodo 
6 Destinasi Wisata Unggulan Yang Ada di Pulau Bangka

1. Buah Durian

Durian Bangkok memang sudah terkenal sampai ke Indonesia. Durian ini terkenal lewat dagingnya yang cenderung tebal dan berwarna kuning keemasan, teksturnyapun creamy, dan memiliki manis yang sangat legit. Dalam bahasa Thailand sendiri, buah Durian disebut dengan Thurian. Namun yang unik, durian di Thailand berbuah sepanjang tahun. Puncak panennya terjadi pada bulan April sampai dengan Agustus.

2. Aneka Buah Jambu

Sema halnya seperti di Indonesia, buah jambu di Thailand terdiri dari beberapa jenis seperti jambu klutuk, jambu air, dan jambu bol. Seluruh jambu yang berada di Thailand mempunyai tingkat kemanisan yang tinggi, hanya perbedaannya pada tekstur saja. Jambu klutuk cenderung bertekstur lebih garing, jambu bol lebih ke arah lembek dan jambu air mempunyai tekstur yang garing tapi berair. Direkomendasikan untuk mencoba buah jambu bol, sebab di Indonesia sendiri buah ini cukup sulit ditemukan dan buah ini mempunyai wangi yang sangat khas. Sama seperti durian, di Thailand masa panen jambu cenderung sepanjang tahun.

3. Buah Asam Jawa Manis

Buah ini disebut juga dengan nama tamarin atau dalam bahasa Thailand disebut ma kham wan. Kulitnya garing dengan isian yang lembek Di Indonesia sendiri, asam jawa lebih sesering dimanfaatkan sebagai bumbu dapur. Sedangkan di Thailand, asam jawa biasanya langsung disantap.
Rasanya yang manis dengan sedikit rasa asam dan mempunyai tekstur yang lembek, sama halnya seperti sedang makan permen. Buah asam jawa di Thailand dipanen pada akhir Desember sampai dengan Februari.

4. Buah Mangga

Mangga atau yang disebut dengan mamuang dalam bahasa Thailand, biasanya disana disantap dengan ketan yang disiram santan ataupun susu saat. Hidangan yang bercirikan manis tersebut disebut sebagai mango sticky rice. Perbedaannya dengan mangga di Indonesia, mangga di Thailand mmepunyai daging dengan tekstur lebih lembut dan kulitnya yang sama kuning dengan dagingnya. Di Thailand, mangga berbuah sepanjang tahun namun puncak-puncaknya berapa pada bulan Maret dan Mei.

5. Jeruk Bali

Dalam bahasa Thailand, jeruk bali disebut dengna nama som-o. Daging som-o warnanya tidak semerah jeruk bali, agak lebih kuning atau oranye. Rasanya juga tidak seasam jeruk bali yang ada di Indonesia. Pada umumnya, daging som-o di jual tiap pak dalam bungkus sterofoam. Sama seperti buah mangga, som-o bisa dipanen sepanjang tahun dan puncaknya terjadi di bulan Maret dan Mei.



Sumber : Kompas.Com


EmoticonEmoticon