5 Gunung Yang Cocok Untuk Menyambut Munculnya Matahari Pertama Di Saat Tahun Baru

Indonesia mempunyai banyak sekali lokasi yang sangat sempurna untuk bisa melihat matahari terbit yang indah dan mewawan hati. Kalau anda menginginkan suasa pergantian tahun baru yang sangat menakjubkan, anda bisa memilih untuk menikmati matahari terbit berada di puncak gunung. Sesudah capek dan lelah mendaki dan berkemah, di pagi harinya anda bisa menikmati saat-saat menyambut hangatnya sinar mentari. Nah, berikut ini akan ditampilkan 5 buah gunung yang ada di Indonesia yang bisa jadi pilihan anda untuk melihat keelokan cahaya matahari pertama pada saat tahun baru. Apa saja gunung-gunung tersebut? 


1. Gunung Batur

Gunung ini lokasinya berada di Pulau Bali. Tepatnya berada di Kintamani Kabupaten Bangli. Di gunung ini mempunyai trek yang sangat cocok bagi anda para pendaki pemula maupun pendaki profesional. Sehingga tidak heran jika gunung ini sangat populer dan jadi salah satu tujuan wisata gunung yang ada di Bali. Disamping itu, gunung ini juga sangat cocok bagi anda yang ingin ‘’memburu’’ matahari terbit. Apalagi gunung ini ditunjang juga dengan keindahan Danau Batur yang mengelilinginya. Sehingga suasananya makin terasa indah dan cantik.

Baca Juga :
5 Tips Aman Berikut Bisa Anda Gunakan Saat Mendaki Gunung
Berkunjung Ke-5 Negara Ini, Anda Bisa Berwisata Beruang Kutub 

2. Gunung Prau, Dieng

Lokasi dari gunung Prau berada di Jawa Tengah. Lebih tepatnya berada di antara kabupaten Wonosobo, kabupaten Temanggung dan Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Sudah bukan rahasia lagi bagi warga sekitar bahwa gunung ini memiliki panorama yang begitu cantik terutama saat berada di puncak gunung. Rumput hijau yang menghampar di puncak gunung Prau ditambah lagi latar belakang yang akan tampak dua gunung kembar yaitu gunung Sumbing dan Sindoro.

3. Gunung Kelimutu

Gunung yang berada di Puncak Flores Nusa Tenggara Timur ini tepatnya berada di Kabupaten Ende. Ini merupakan lokasi yang memiliki kawah yang sangat terkenal dan biasa disebut sebagai danau Kelimutu. Saat berada di puncak, para wisatawan akan melihat tiga buah danau dengan tiga warna yang berbeda yang kerap kali berupah dari waktu ke waktu. Biasanya pendakian ke puncak dilakukan saat dini hari atau antara jam tiga pagi. Sebab jika pendakian dilakukan dalam waktu-waktu tersebut, maka sesampainya di puncak bertepatan dengan matahari yang sedang terbit. Pantulan sinar matahari yang mengenai danau akan menghasilkan keindahan yang menjadikan danau sangat berkilau.

4. Gunung Papandayan

Letak gunung yang berada di Garut Jawa Barat ini sangat cocok bagi para pendaki pemula yang mau melihat terbitnya matahari di puncak gunung. Pada perjalanan menuju puncak, maka anda akan melewati kawah yang mengeluarkan bunyi seperti mendesis dan bau belerang yang cukup tajam. Saat berada di puncaknya, para pendaki akan disambut dengan hamparan bunga Edelweiss yang sungguh cantik. Keberadaan gunung Papandayan memang sangat terkenal menjadi salah satu tempat untuk melihat terbitnya matahari serja jadi lokasi favorit pendakian orang-orang yang berasal dari Jakarta maupun Bandung.

5. Gunung Nglanggeran, Gunungkidul

Gunung Nglanggeran yang lokasinya berada di desa Nglalanggeran, kecamatan Patuk, kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan gunung api purba yang yang berbentuk bongkahan batu-batu raksasa. Saat anda bermalam di puncaknya, maka gemerlapan bintang akan menemani anda. Kemudian saat matahari sedang terbit dan berganti dengan sinar matahari yang hangat dengan panorama hijau khas pegunungan. 


Sumber : kompas.com


EmoticonEmoticon