5 Hal Yang Umum Dilakukan Olah Para ‘Newbie’ Setelah Memperoleh Pekerjaan

Apakah anda merasa newbie dalam suatu pekerjaan? Apakah tidak sesuai dengan apa yang anda harapkan? Ataukah anda merasa sendirian? Merasakan hal seperti ini wajar tidak sih, ataukah diri sendiri yang terlalu berlebihan ya...Hmmm silahkan anda intip dibawah ini apa sajakah sih curhatan para newbie:

 Image by : pixabay.com

1. Ciee yang telah kerja, asiik bisa traktiran dong!!!

Bagi anda yang baru mendapat pekerjaan, terutama para freshgrauater yang berasal dari universitas ternama, apalagi diterima di sebuah perusahaan yang sudah besar seperti Pertamina, Schlumberger, Astra, Mandiri dan lain-lain, merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi anda yang mendapatkan nasib baik tersebut. Tidak ayal, teman-teman seperjuangan anda akan ikut bangga dan mengabadikan memori kebahagiaan yang terpancar sesudah anda diterima jadi pegawai pada suatu unit perusahaan atau instransi. Ucapan selamat sudah pasti akan anda dapatkan sampai anda merasa bosan dengan dengan kalimat ini.

Baca Juga :
10 Cara Inilah Yang Bisa Bikin Kamu Kaya di Usia Muda
8 Pekerjaan Yang Bergaji Diatas 15 Juta Di Jakarta

Nah, terkadang anda merasa kewalahan untuk menjawab pertanyaan yang ada diatas, bukan? Anda akan merasakan antara senang dan bingung deh kapan bertemu teman anda. Tidak apa-apa anda mentraktir teman anda, hal itu jangan anda jadikan beban, anggap saja itu sebagai ajang syukuran saja bahwa berkat doa dari orang tua dan teman-teman, anda bisa mendapatkan pencapaian tersebut. Disamping itu, menyelenggarakan pengajian di rumah sendiri dengan mengundang beberapa teman anda, atau mengunjungi panti asuhan untuk makan bersama, hal tersebut bisa menjadi alternatif anda di dalam usaha traktiran.

2. Pergi Pagi Pulang Pagi

Bagi anda yang katanya masih baru di dunia kerja, hal seperti ini akan sering anda lakukan. Anda nanti akan lebih sering nyanyi lagunya armada ‘pergi pagi pulang pagi’ atau mungkin lagu ‘ga pulang-pulang’? Kadangkala anda merasa ngeri kan dengan teman-teman anda yang masih menempuh kuliah, mereka bisa pergi pagi pulang sore. Tapi di dunia kerja berbeda, anda bahkan harus berangkat sebelum matahari terbit dan pulang setelah matahari terbenam.

Biasanya anak yang masih baru pasti akan lebih banyak mendapatkan pekerjaan sebagai pengenalan yang sengaja diberikan oleh atasa, tujuan lainnya supaya anda bisa beradaptasi dan bisa mengikuti apa yang diinginkan oleh instansi anda. Namun karena anda masih jiwa muda, tentu saja semangat anda masih berkobar karena anda juga membutuhkan banyak pengalaman sebagai bekal anda menjadi seorang profesional. Interaksi anda dengan pagawai lainnya di kantor pun jadi lebih intens lagi, dan ini bagus supaya anda bisa cepat kenal dan lebih akrab lagi.

3. Berlibur? Ummm gimana ya...

Bagi anda yang dulunya bilang ‘’aku mau liburan nanti saja deh kalah sudah dapat kerjaan’’ akan hanya jadi mimpi saja. Bagaimana tidak? Sebab disini kualitas pembagian waktu bekerja anda dan istirahat sangat anda perlukan. Saat langkah kaki menuju ke dunia kerja, maka disini seolah-olah anda tidak memiliki waktu untuk bermain-main, dan yang ada di benak anda adalah kerja dan kerja. Namun terlepas dari semua itu, niatkanlah pekerjaan itu sebagai sebuah ibadah, jika tidak, maka anda akan merasakan kebosanan terhadap pekerjaan yang biasa anda lakukan tersebut.

Kembali ke soal liburan, anda bisa menyelingi waktu jam kerja dengan berlibur untuk memberikan keseimbangan pada otak dan hati anda. Apalagi seorang newbie harus lebih bersabar dalam hal berlibur. Kecuali jika anda hanya mau hang out yang digunakan hanyalah satu atau dua hari saja. Namun pada umumnya, pasti anda bakalan bilang ‘engga deh, mending buat tidur’. Oleh sebab itu, manfaatkanlah sebaik-baiknya waktu libur anda untuk memesan tiket jauh-jauh hari untuk berlibur, sebab jika tidak, anda akan kehabisan. Jika anda sudah diberikan waktu untuk cuti, carilah destinasi wisata alam ataupun wisata lokal.

Liburan itu tidak perlu mahal ko, pergi ke pantai bisa jadi alternatif yang cukup menarik untuk berlibur anda. Asalkan anda bisa relax untuk melepaskan rasa penat di dalam bekerja. Pergi ke tempat tadi sudah cukup untuk menjadi penghilang lelah yang luar biasa sebelum anda kembali berkativitas kerja seperti biasa.

4. Pulang Kampung

Nah, cara ini biasanya sering dilakukan oleh para pegawai baru yang belum mendapatkan cuti. Anda akan berasa waswas jika musik mudik sudah dekat. Walaupun anda hanya diberi waktu satu minggu untuk pulang kampung, maka apapun akan anda lakukan agar anda bisa pulang kampung. Bagi anda para pekerja yang masih baru, anda bisa memesan tiket jauh-jauh hari supaya rencana mudik anda tidak berantakan. Silahkan anda memilih alat transportasi yang tersedia, bisa dengan pesawat, kereta api, bus, motor, ataupun menggunakan mobil. Anda tinggal menghitung-hitung saja arus mudik yang akan anda tempuh dengan menggunakan fasilitas pilihan anda tersebut. Pulang kampung atau mudik yang sudah jadi tradisi umum di Indonesia, akan jadi pengalaman indah tersendiri bagi anda yang akan ikut di dalamnya.

5. Love Yourself

Dari keseluruhan tadi, tetaplah kembali lagi pada “Cintai Diri Sendiri” layaknya Justin Bieber. Sesibuk apapun anda dalam menjalankan pekerjaan, anda jangan pernah meremehkan kesehatan, kebahagiaan dan selalu bersyukur. Anda tidak perlu mencari kebahagiaan jauh-jauh. Dengan menjalin dan menguatkan tali persahabatan saja dengan bermacam komponen aspek yang ada di tempat kerja anda. Jagalah senyum anda, sopan santun dan sapa pada siapa saja, apakah itu tua ataupun muda, atasan ataupun bawahan, sejawat ataupun lawan.

Sebab kita ini adalah makhluk sosial, maka kita saling memerlukan antara satu dengan yang lain. Jangan menjadikan jenjang pendidikan anda sebagai sebuah kesombongan, tetaplah rendah hati, sebab itu akan menjadikan diri anda lebih dicintai oleh diri sendiri ataupun orang lain. Jangan lupa menggunakan kata tolong, maaf dan terima kasih. Apapun profesi anda saat ini, tetap cintai profesi anda dan bersyukurlah. Saat anda merasa ada yang kurang dan tidak puas dengan pekerjaan anda, maka anda harus melihat ke bawah, bersyukur, sebab banyak orang yang ingin seperti anda saat ini. Anda pun juga tahu bukan, bahwa mencari pekerjaan itu sangat sulit saat ini? Oleh karena itu, hargailah proses dan waktunya. Salam Sukses...



Sumber : Hipwee.Com


EmoticonEmoticon