5 Mitos dan Fakta Menarik Seputar Pisang

Buah pisang merupakan buah yang sangat digemari dan menjadi favorit bagi kebanyakan orang Indonesia. Buah yang umumnya matang berwarna kuning ini tidak cuma enak saat disantap, namun pisang juga bisa dijadikan olahan bermagai macam makanan. Bahkan terdapat banyak sekali produk makanan yang menggunakan perasa pisang agar mampu membuatnya lebih ciamik dan menarik. Disamping itu, buah pisang juga bisa diolah lagi agar rasanya lebih beragam dan asyik.

 Image by : pixabay.com

Walaupun begitu, hingga saat ini masih terdapat banyak sekali kontroversi seputar manfaat dari buah pisang bagi tubuh manusia. Ada yang mengklaim bahwa buah pisang bisa menyehatkan untuk orang-orang dengan kondisi tertentu, tapi justru bisa membahayakan bagi sebagian orang lainnya. Benarkah demikian?

Baca Juga :
7 Mitos Seputar Makeup
Berkaitan Dengan Pohon, 5 Mitos Ini Masih Dipercaya Di Indonesia

Sebagaimana yang telah dilansir oleh antaranews, berikut ini ada lima mitos dan juga fakta yang menarik seputar buah pisang, dan hal ini berdasarkan literatur ‘’Indian Superfoods’’ karya dari Rajuta Diwekar.

# Mitos dan Fakta Pertama

Mitos bahwa bah pisang tidak bagus bagi penderita diabetas. Faktanya pisang aman bagi orang menderita diabetes yang memiliki indeks glikemik yang rendah. Buah ini juga telah banyak direkomendasikan oleh para ahli kesehatan.

# Mitos dan Fakta Kedua

Mitos tentang pisang yang tinggi akan gula. Faktanya pisang banyak mengandung fluktosa dan vitamin B yang merupakan sumber gula yang alami yang sangat aman untuk siapa saja.

# Mitos dan Fakta Ketiga

Mitos tentang pisang yang bisa membuat perut jadi buncit dan bisa menggemukkan badan. Faktanya bahwa ternyata pisang kaya akan serat dan pektin, yang bisa mengurangi kembung, ini seiring dengan berkembangnya bakteri-bakteri yang baik. Disamping itu, pisang tidak hanya rendah akan lemak namun juga bisa membantu menyeimbangkan kadar kolesterol dan juga pembakar lemak.

# Mitos dan Fakta Keempat

Mitos tentang pisang yang tidak boleh dikonsumsi oleh mereka yang sedang menjalankan diet untuk menurunkan berat badan. Namun faktanya vitamin B6, potassium, dan mineral yang terkandung di dalam pisang, bisa jadi santapan yang menyehatkan untuk anda.

# Mitos dan Fakta Kelima

Mitos tentang pisang yang harus dihindari disaat tekanan darah tinggi. Namun faktanya jika anda memiliki tekanan darah yang tinggi, maka pisang bisa berperan sebagai salah satu santapan yang bagus. Pisang secara alami kaya akan elektrolit dan juga tidak akan membahayakan anda.


Sumber : Bintang.Com


EmoticonEmoticon