6 Destinasi Wisata Unggulan Yang Ada di Pulau Bangka

Berlibur ke Pulau Bangka merupakan pilihan yang sangat tepat bagi anda, karena selain akses yang mudah, Bangka mempunyai atraksi dan akomodasi yang tergolong siap untuk para wisatawan. Lokasi yang mendapat julukan sebagai ‘’Negeri Serumpun Sebalai’’ memang sedang gencar-gencarnya mempromosikan pesona wisatanya. 


Nah, sebagai informasi bagi anda yang ingin tahu tentang Pulau Bangka dan berbagai macam pilihan destinasinya, maka berikut ini akan disajikan 6 destinasi Wisata Unggulan Yang Ada Di Pulau Bangka, antara lain :

1. Pantai Matras

Jika ingin tahu banyak pantai yang terkenal di Bangka, maka anda bisa datang ke Kota Sungailiat. Disana terdapat beberapa pantai yang sangat populer antara lain Parai, Tanjung Pesona dan Matras.
Pantai Matras banyak jadi pilihan sebab ini merupakan pantai umum atau bisa dikatakan pantai yang bukan milik hotel atapun resor.     Biaya untuk retribusi di Pantai Matras terbilang cukup murah dan terjangkau bagi para wisatawan. Walaupun murah, Matras mempunyai pemandangan pasir putih yang sangat indah didudung dengan air laut biru nan mempersona. Di sekitaran Pantai Matras banyak pondok penjal makanan-makanan sehingga anda tidak perlu lagi khawatir untuk mencari makanan setelah anda lelah bermain-main di air maupun sekedar berjalan-jalan di bibir pantai.

Baca Juga :
5 Pantai Ini Memiliki Sunset Yang Indah Di Pulau Bangka
5 Lokasi Wisata di Wilayah Bogor Yang ‘’Instagramable’’ 

2. Pagoda Vihara Pantai Tikus

Masyakarat di sekitar ternyat lebih akrab dengan sebutan Kuil Shaolin ketimbang Pagoda Vihara Pantai Tikus. Sebagaimana namanya, lokasi ini adalah tempat ibadah bagi umat beragama Buddha. Walalupun begitu, Vihaya yang terletak di Kota Sungailiat ini sungguh menarik hati untuk dikunjungi sebab lokasinya berada diatas tebing yang mana pemandangannya langsung berhadapan langsung dengan pantai. Selain itu, bangunannnya yang beraksitektur China dengan ukuran yang sangat megah, membuatnya sangat dikagumi oleh para turis yang datang.

3. Pulau Ketawai

Lokasi Pantai yang satu ini berada di Bangka Tengah. Untuk bisa menjangkau Pulau Ketawai ini, wisatawan harus menyewa sebuah perahu milik nelayan. Pulau ini terkenal dengan pasir putihnya, air lautnya yang jernih, dan juga terumbu karang yang masih dalam kondisi baik.

4. Tempat Pengungsian Presiden Soekarno dan Wapres Hatta di Muntok

Wisma Raggam yang bertempat di Muntok, Bangka merupakan saksi dari sejarah Indonesia. Dulu, wisma ini ditempati oleh Soekarno dan beberapa pejuang lainnnya dimasa penjajahan, termasuk juga Hatta yang juga diasingkan oleh Belanda pada tahun 1948. Di depan Wisma Ranggam tersebut ada tugu peringatan penanda kemerdekaan Indonesia yang dibuat oleh Muhammad Hatta. Tidak jauh dari lokasi Wisma Ranggam, ada Pesanggrahan Menumbing juga merupakan tempat tinggalnya Soekarno saat berada di Muntok. Dari sini akan terlihat suasana panorama pantai yang mengelilingi Pulau Bangka pada sisi Barat dan sisi Selatan.

5. Hutan Pelawan

Posisi Hutan Pelawan beradai di Bangka Tengah. Hutan ini terkenal sangat istimewa sebab adanya jamur pelawan dan juga madu pahit. Banyak cerita mitos tentang jamur ini, bahkan penduduk setempat percaya bahwa jamur pelawan mempunyai kaitan erat dengan keberadaan timah. Ada juga mitos lainnya yang mengatakan bahwa jika ada petir, maka jamur pelawan tidak akan bisa tumbuh. Sedangkan madu pahit oleh masyarakat sekitar dipecaya bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

6. Pulau Putri

Lokasi Pulau Putri terletak di Kecamatan Belinyu. Sama hal nya seperti Pulau Ketawi, wisatawan harus menyewa dulu perahu dari nelayan untuk bisa menyeberang ke Pulau Putri. Pemandangannya yang berupa batu karas yang kokoh dan pasir putih akan terlihat begitu indah sesampainya di Pulau Putri. Banyak yang menyandingkan antara Pulau Putri dan Pulau Lengkuas yang juga berada di Belitung


EmoticonEmoticon