6 Makanan dan Minuman Ini Bikin Gigi Anda Jadi Kuning

Senyum yang cerah dan gigi yang tampak putih tentunya sangatlah penting untuk kepercayaan diri anda. Bagaimana tidak, setiap orang tentu akan senang jika melihat anda tersenyum. Sehingga banyak orang akan welcome pada anda setiap anda mengajaknya berkenalan. Akan tetapi, dengan usia yang semakin lama semakin bertambah, tentu saja akan menjadikan gigi anda semakin terlihat kusam.

 Image by : pixabay.com

Hal ini memang wajar, karena setiap orang pasti akan melewati fase ini kecuali orang-orang tertentu yang memang rajin merawat gigi dan memperhatikan kesehatan giginya sehingga orang tetap pede meskipun makin bertambah umur. Selain itu juga, pola makan yang kurang baik juga bisa jadi penyebab gigi menjadi kurang enak dipandang. Warna gigi yang tadinya putih tidak akan bertahan lama jika anda tidak memperhatikan kesehatan gigi. Seiring berjalannya usia, enamel permukaan akan mulai retak dan mengikis dentin, menjadikan zat-zat makanan, termasuk juga warna makanan yang terserap ke arahnya.

Baca Juga :
6 Jenis Makanan Yang Sering Dibiarkan Kadaluarsa di Dalam Kulkas
6 Cara Inilah Yang Menjadikan Minuman Energi Mempengaruhi Tubuh

Inilah yang jadi penyebab menempelnya noda dan berubah menjadi plak serta tartar pada gigi dan pada akhirnya akan membuat penampilan gigi anda jadi kuning, menurut American Dental Association dan Crest. Anda mungkin akan merasa terkejut setelah membaca artikel ini tentang makanan dan minuman apa saja yang jadi sumber masalah pada kesehatan gigi anda. Sehingga anda perlu mengidentifikasi dan menghindari konsumsi makanan penyebab gigi menguning berikut ini :

1. Teh Hitam

Jenis teh itu mengandung banyak tanin dan bisa menodai gigi anda lebih cepat dibandingkan kalau anda mengonsumsi teh hijau. Kalaupun anda masih ingin mengonsumsi teh, maka anda bisa mengantinya dengan meminum teh hijau ataupun teh putih agar efek tanin bisa anda kurangi.

2. Minum Minuman Manis dan Bersoda

Di pasaran banyak sekali merek-merek soda. Begitu juga minuman yang manis dan minuman olahraga yang mengandung gula asam, asam sitrat dan asam fostat. Semua minuman tersebut akan mengikis enamel gigi dalam jangka panjang. Khususnya bila anda meminumnya tanpa menggosok gigi ataupun berkumur-kumur sesudahnya. Minuman-minuman tersebut seringkali mengandung pewarna karamel yang bisa mengakibatkan perubahan warna pada gigi anda.

3. Penambah Rasa

Selanjutnya yang bisa mengakbatkan gigi berubah jadi kuning adalah cuka, kecap dan juga saus. Jika anda terlalu banyak menggunakannya pada saat anda memasak, maka akibatnya anda akan mendapati gigi anda menjadi menguning. Walaupun anda bukan perokok maupun peminum kopi dan juga soda.

4. Berbagai Macam Rempah-Rempah

Beberapa rempah-rempah seperti cabai, kunyit ataupun rempah kari bisa membuat gigi akan jadi hitam, sebab semua barang tadi bisa sangat mudah melekat pada enamel. Itulah sebabnya, kenapa sebaiknya anda menyikat gigi dengan segera setelah anda memakan makanan tersebut.

5. Jus Buah

Walaupun dalam banyak hal, jus dianggap lebih baik bila dibandingkan dengan kopi, namun dalam hal merubah warna gigi, maka jus juga sama berisikonya seperti kopi. Di dalam jus itu terkandung kualitas asam yang bisa mengikis enamel gigi anda. Namun, hal ini berlaku untuk jus di dalam kemasan, dan bukan jus segar yang dibuat sendiri.

6. Wine

Wine putih dan merah mengandung polifnol dan tanin. Kedua zat ini berkontribusi banyak terhadap perubahan warna gigi jadi lebih kusam. Selain itu, anggur putih itu mempunyai sifat asam yang bisa mengikis enamel anda kalau anda mengonsumsinya terlalu sering.

Sumber : kompas.com


EmoticonEmoticon