6 Mitos Seputar HP Yang Seringkali Anda Dengar

Yaaahh...namanya juga teknologi, pasti ada saja rumor, hoax sampai dengan mitos yang sengaja dicetuskan oleh segelintir orang yang sebenarnya kurang tahu tentang teknologi. Mungkin mereka hanyalah mengira-ngira tentang ini dan itu dan salahnya, mereka menyebarkan informasi-informasi tersebut ke kalayak ramai. Anda pun terkadang sebagai konsumen langsung percaya saja, tanpa mencari tahu terlebih dahulu apa maksud dan tujuannya. Nah pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi tips beberapa mitos seputar Hp anda, yang mungkin sudah pernah anda baca maupun lihat di beberapa media pemberitaaan. Bagaimana? Apa anda penasaran mitos apa sajakah itu? Simak baik-baik ya.

 Image by : pixabay.com

1. Hampir Seluruh Jenis HP itu memiliki sistem stop running otomatis. Jika ada yang bilang kalau adanya aplikasi berjalan yang ada pada background bakal menjadikan hp lemot, maka itu bohong!

Anda pastinya sudah tahu kan jika di Hp anda (apa itu iOS atau android) ada sebuah aplikasi berjalan di belakang layar? Concohnya bisa buka hp anda masing-masing. Dan rumor jika anda menghapusnya bisa menghemat baterai itu adalah mitos, sebab daya baterai yang dipakai itu ternyata sangatlah sedikit. Apalagi, smartphone telah memiliki sistem tersendiri untuk bisa otomatis menghentikan program yang sednag berjalan kalau memang dibutuhkan. Asal anda tahu, aplikasi yang berjalan di background ini memiliki tujuan agar memudahkan anda multitasking atau kemampuan cepat menjalankan satu program ke program lainnya.

Baca Juga :
10 Mitos Tempat Wisata Yang Harus Anda Tahu, Supaya Saat Berkunjung Ke Sana Anda Lebih Hati-Hati
8 Mitos Hubungan Yang Menandakan Bahwa Pasangan Bahagia, Namun Benarkan Demikian? 

2. Mengecas HP yang baik adalah disaat baterai betul-betul kosong, ternyata tidak dianjurkan. Baterai HP modern tidak mengenal teori demikian.

Baterai lithium-ion akan menunjukkan performa yang labih baik justru saat masih ada energi yang tersisa. Jadi, jika anda yang bilang lebih baik di-charge sesudah kehabisan energi total, itu untuk tipe baterai yang lama seperti NiCAD dan NiMH. Sedangkan baterai modern sudah tidak lagi menghadapi masalah tersebut sebab tidak mempunyai sel memori. Beberapa ahli hanya memberi saran anda untuk mengosongkan baterai anda tiap 3 bulan sekali saja untuk ber-kalibrasi.

3. Blootooth dan Wifi membuat daya baterai boros? Ah, tidak mungkin. Apa anda masih percaya?

Ini merupakan mitos juga! Jika anda cuma menghidupkan tanpa melakukan transfer data apa saja, bluetooth dan wifi sama sekali tak akan memakan banyak energi dari baterai HP-anda. Energi baterai baru akan terserap disaat anda memanfaatkan file atau data.

4. Makin tinggi spesifikasi smartphone yang anda miliki, maka semakin bagus pula performance-nya. Duh ini sih hanya trik marketing saja.

Siapa diantara anda yang demen banget mengikuti tren HP? Hmm...anda sudah melakukan hal yang sia-sia saja. Setiap tahun bahkan setiap bulan hampir selalu terdapat HP dengan spesifikasi yang baru. Hal ini hanyalah trik dari marketing, tujuannya cuma menarik minat anda-anda yang ngiler dengan trending topic. Padahal sebenarnya performance-nya bisa sama saja kok diantara tipe yang satu dengan tipe lainnya.

5. Charger yang harus anda pakai cuma charger yang sama mereknya dengan smartphone anda saja.

Percayalah, hal ini hanyalah isu belaka. Anda tidak perlu khawatir di saat menggunakan charger teman yang kebetulan berbeda merek dengan HP anda. Asalkan pas, tidak ada masalah kok menggunakan charger dari merek yang berbeda. Yang agar berbahaya adalah jika anda menggunakan charger yang palsu ataupun abal-abal yang harganya lebih murah dan tidak masuk diakal itu. Jika menggunakan yang ini, maka anda harus lebih hati-hati lagi. Nah, agar anda aman dan baterai Hp anda awet, trik menggunakan charger merek yang lain ini adalah :

•    Pastikan arus yang diantarkan oleh charger pinjaman anda tersebut sama dengan baterai anda, atau minimal tidak berbeda jauh.
•    Anda jangan pernah meminjam charger yang berkualitas KW atau abal-abal, walaupun sama mereknya dengan kepunyaan anda.

6. HP modern telah memiliki ‘stop system’ terhadap daya listrik saat isinya sudah full.

Jadi, sebetulnya tidak apa-apa kok jika anda mengecas HP semalaman suntuk. Teknologi baterai berikut dengan pengisiannya sekarang telah meningkat jauh, tidak lagi seperti yang dulu. Baterai-baterai yang jadul belum cukup pintar untuk mendeteksi bahwa mereka sudah penuh sehingga hal tersebut bisa menurunkan daya tahannya. Sedangkan baterai-baterai yang modern sudah tidak seperti itu, saat sudah full pengisiannya, maka aliran listriknyapun otomatis akan berhenti. Jadi tidak apa-apa anda tinggal tidur.

7. Mengunduh aplikasi yang ilegal dapat menjadikan adroid anda gampang diserang oleh virus ataupun semacamnya? Hehehe...ini mengada-ada.

Dalam hal ini yang tidak aman itu aplikasinya, jika android sebagai sebuah sistem operasi sih aman-aman saja kok. Sistem android yang membuat aplikasi ilegal dijalankan di luar Google Play justru akan membuatnya menjadi lebih tahan terhadap berbagai serang virus Malware bila dibandingkan dengan Apple. Dan itulah fakta yang sesungguhnya. Nah, diantara ketujuh mitos tadi, adakah yang selama ini betul-betul anda percayai?


EmoticonEmoticon