7 Mitos Seputar Makeup

Hampir setiap wanita ingin terlihat selalu cantik dan menawan. Untuk mempercantik diri, salah satu caranya bisa dengan menggunakan makeup. Namun seringkali anda terbelenggu dengan aturan-aturan pemakaian makeup. Dan andapun merasa bingung dengan banyaknya teori-teori tentang makeup sehingga anda merasa kesulitan untuk mengaplikasikannya. Beberapa orang mempercayai bahwa penggunaan makeup untuk bisa tampil cantik haruslah berdasar pada aturan-aturan yang sudah ditentukan. Oleh karena itu, berikut ini akan disajikan untuk anda tujuh mitos seputar makeup.


1. Hal yang pertama selalu memakai concealer di bawah mata

Concealer itu bisa menjadi teman anda yang terbaik saat anda ingin menutupi lingkaran yang berada di bawah mata. Kebanyakan orang seringkali percaya bahwasanya mengolesi concealer di sekitar mata merupakan prioritas yang pertama. Kenyataannya tidak melulu mengaplikasikan concealer di sekitar mata sebagai suatu hal yang pertama wajib dilakukan saat sedang merias wajah.  ‘’Aku bisa menghemat waktu dan jauh lebih efektif untuk pertama merias mata atau pengaplikasian eyeshadow lebih dulu. Lalu menerapkan foundation dan memfinishing tampilan terakhir dengan cara mengolesi concealer di sekitar mata anda, ‘’kata Michelle Quaranta, seorang makeup artist untuk Bravo anda E! Kepada The List.

Baca Juga :
Berkaitan Dengan Jerawat, 10 Mitos Ini Terbukti Salah 
Mengungkap Mitos Vs Fakta Seputar Kehamilan Yang Sering Dibicarakan Orang 

2. Harus memiliki kuas foundation   

Sebagian dari anda bersikeras membeli kuas foundation yang spesifik. Namun kenyataannya adalah banyak alat efektif yang bisa dipakai untuk bisa mengaplikasikan foundation harian anda. ‘’Aku menemukan bahwasanya beauty blender atau sikat berbulu halus merupakan alat yang sama untuk menjadikan tampilan anda tampak cantik dan flawless,’’ ungkap Quaranta. Tapi apapun alat yang anda pilih, pastikan bahwa anda membersihkannya secara teratur. ‘’Brushes dan juga beauty blender akan menghasilkan tampilan yang sempurna untuk seluruh produk anda. Akan tetapi kalau anda tidak urung membersihkannya dengan teratur maka bisa menyumbat pori-pori minyak kulit. Setiap kali anda memakainya terdapat bakteri dan ragi, ‘’ucap Tsippora Shainhouse dermatologist Beverly Hills. Untuk bisa mengusir kuman dr Shainhouse memberikan saran untuk mencuci kuas dan juga alat makeup anda di dalam air hangat dan shampoo yang lembut sekali seminggu.

3. Tidak pernah mengaplikasikan makeup dengan menggunakan jari   

Pernahkan anda lupa membawa kuas makeup saat sedang berpergian dan andapun merasa panik? Anda tidak perlu khawatir, sebab jari-jari anda sebenarnya bisa juga sebagus seperti alat kecantikan apapun yang ada di luar sana. Tapi pastikan terlebih dahulu tangan anda bersih sebelum mengaplikasikannya. ‘’Banyak orang yang takut untuk menyentuh wajahnya sendiri menggunakan tangan saat menerapkan makeup sebab khawatir di dalam penyebaran kuman. Kehangatan yang dihasilkan oleh jari-jemari tangan bisa membantu pigmen kulit berbaur dengan alami,’’ kata dr. Shainhouse.

4. Susunan Makeup Haruslah Benar   

Dari foundation ke pelembab, primer sampai concealer, terdapat begitu banyak produk yang dibuat untuk menjadikan wajah terlihat lebih cantik. Namun apa yang harus diaplikasikan yang pertama? Atau apakah hal tersebut mempengaruhi hasil akhir wajah anda? Dr. Shainhouse mengungkapkan bahwa tidak masalah, pada saat layering produk kecantikan, teori umum adalah menempatkan bahan aktif yang terdekat dengan kulit dan dari lapisan yang ringan ke lapisan yang lebih berat.  ‘’Kalau anda menggunakan obat jerawat ataupun memakai serum anti penuaan, terapkanlah pertama. Lalu oleskanlah moisturezer ringan, lapisan berikutnya dengan primer yang bisa menyegel kelembaban, diikuti dengan sunscreen dan lalu makeup, ‘’terang Dr. Shainhouse.

5. Concealer Lebih Cerah Dibanding Warna Kulit

Menurut ahli anti penuaan Sharrona Katz-Mounlay yang dalam hal ini menjabat jadi kepala estetika di Aesthetic by Norden, New Jersey, terdapat beberapa hal yang wajib dipertimbangkan saat anda akan memilih warna concealer. ‘’Netralkan dengan concealer hijau agar menutupi noda-noda merah, sedangkan concealer kuning untuuk kamuflse lingkaran hitam. Mauve akan membantu untuk menetralisir noda kulit pucat dan kekuningan, sedangkan basis putih untuk membantu anda meminimalkan keriput, ‘’ungkapnya.

6. Makeup yang malah merupakan produk terbaik

Makeup yang harganya lebih tinggi tidak melulu menunjukkan bahwa kualitasnya lebih tinggi juga. Bahwa di akhir-akhir ini banyak sekali makeup yang mengandung bahan-bahan yang sama. Untuk aturan dasar, Katz-Moulay mengatakan bahwa perlu untuk membaca terlebih dahulu label bahan-bahan yang terkandung di dalam makeup terlepas dari harga yang juga penting untuk diperhatikan. ‘’Hindarilah berbagai wewangian, parabens, formadehida (kebanyakan di eyeshadow) dan juga D&C, yang merupakan singkatan dari warna buatan yang asal mulanya dari batubara, minyak bumi dan juga tar. Skin Deep dan Think Dirty merupakan dua cara yang lumayan bagus untuk memeriksa produk untuk rating kesehatan, ungkap Katz-Moulay.

7. Makeup tidak ada kadaluarsanya

Tidak ada sesuatu yang abagi dan mampu bertahan selamanya, termasuk juga dengan makeup.  ‘’Produk-produk ini diuji untuk bisa bertahan dalam jangaka waktu tertentu. Tapi sesudah itu, bahan-bahan yang terkandung di dalamnya bisa hancur, ‘’kata Dr. Tanzi. Ia pun mengatakan bahwa enam bulan sesudah tanggal kadaluarsa adalah saat yang paling tepat untuk membuang makeup.


Sumber : wolipop.detik.com


EmoticonEmoticon