8 Tips Meyakinkan Anak Anda Untuk Mau Pindah ke Rumah Baru

Disaat anda dan pasangan hidup anda telah memutuskan untuk pindahan ke rumah yang baru, kendala yang pertama yang mungkin anda hadapi adalah meyakinkan anak anda untuk merasakan suasana yang baru disana. Pasalnya, bisa jadi anak anda sudah merasa nyaman tinggal di rumah yang sekarang, dan mungkin dia juga sudah sangat nyetel dengan lingkungan sekitarnya yang membuatnya merasa jadi betah. Bahkan mungkin buah hati anda akan merasa sebal saat anda menceritakan tentang rencana anda untuk pindah rumah.



Oleh sebab itu, sebelum anda memutuskan untuk pindah rumah baru, alangkah baiknya semenjak jauh-jauh hari anda memulai untuk menerapkan 8 tips berikut ini, antara lain :

1. Sebelum hari H datang, berkomunasilah terlebih dahulu dengan buah hati anda apa alasan anda dan keluarga memutuskan untuk pindah rumah. Terangkan padanya dengan lemah lembut tentang rumah baru yang akan ditinggali. Anda bisa membuat peta kecil, menunjukkan foto, menunjukkan sarana-sarana bermain yang ada di sekitar rumah dan lingkungan-lingkungan yang cocok bagi mereka, sehingga dengan begitu si anak akan tertarik dan akhirnya berubah pikiran.

Baca Juga :
4 Langkah Aman Membeli Rumah Indent
8 Keuntungan Membeli Rumah Baru

2. Kalau waktunya memungkinkan, ajak mereka untuk ikut mengunjungi rumah yang baru dan biarkanlah mereka untuk melihat-lihat seisi rumah dan lingkungan sekitar. Andapun bisa sesekali meminta pendapat mereka tentang rumah, baik itu segi penataan ruang, warna cat dan lain-lain. Namun hal ini tidak wajib, karena memang seorang anak tentunya belum punya pandangan luas apalagi ide, jadi biarkan mereka berkomentar saja dan dengarlah apa keluhannya.

3. Pergi dan berkunjunglah ke area sekitar rumah baru anda. Jika anda bertemu dengan tetangga, cobalah untuk mengenal mereka dengan saling tanya satu sama lain. Dengan begitu maka andapun akan merasa nyaman jika nanti sudah benar-benar pindah rumah, karena anda sudah mengenal lingkungan sekitar beserta dengan orang-orangnya juga. Kalau anda menemukan tempat bermain, coba mampir dan ajak anak anda untuk ikut merasakan permainan disitu.

4. Latih anak anda untuk jadi orang yang bertanggung jawab. Contoh dari tanggung jawab disini bisa anda terapkan pada beberapa mainannya. Ajari mereka untuk merapikan dan mengemas sendiri semua mainannya dengan baik. Jika perlu lahit mereka mengemas mainan dan memasukkannya ke dalam kardus. Anda bisa memanfaatkan momen tersebut untuk memberikan penjelasan pada mereka bahwa hari ini adalah hari terakhir mereka menempati kamarnya dan akan segera pindah ke rumah yang baru dan kamar yang baru pula.

5. Agar mudah untuk ditemukan, masukkan kardus atau boks yang isinya barang-barang si kecil ke dalam truk atau mobil. Dengan begitu, saat tiba di rumah yang baru, anda pun bisa langsung memindahkannya ke kamar tidur si buah hati.

6. Siapkan pula kotak yang bisa menyimpan beberapa kebutuhan penting seluruh keluarga anda untuk malam yang pertama saat sudah pindah ke rumah yang baru. Isi kotak tersebut bisa berupa baju tidur, tisu, peralatan mandi, dan juga handuk. Jadi saat sudah tiba di lokasi, anda pun dapat menyicil untuk menata barang-barang sampai keesokan harinya.

7. Jika memungkinkan, anda bisa minta bantuan dari keluarga atau teman untuk mengajak si buah hati menginap di rumah mereka. Jadi anda bisa lebih fokus untuk melanjutkan pembongkaran dan penataan barang anda cepat selesai dan segera bisa ditempati.

8. Jadikan anak anda sibuk dengan anera macam kegiatan yang menyenangkan buat mereka saat berada di rumah baru. Berikan kesan yang positif pada mereka dengan cara mengajaknya bermain, mengadakan syukuran, atau mengadakan masak bersama. Kalau telah merasa nyaman, maka si kecil akan siap untuk berkenalan dengan teman-teman barunya di lingkungan rumah.


EmoticonEmoticon