Hidup Sudah Sehat, Tapi Kok Masih Gampang Sakit Ya?

Kita rasanya sudah melakukan segala macam upaya untuk bisa hidup sehat. Kebutuhan akan gizi sudah diprogram dengan baik dan teratur. Berolahraga secara rutin minimal seminggu tiga kali, tidur sudah cukup dan berpiknik setiap satu bulan sekali untuk menjaga kesehatan mental. Seharusnya dengan cara demikian, badan badan terasa sehat dan juga bugar ya. Namun kenyataannya tidak seindah yang dibayangkan. Setiap musim hujan, kitalah yang pertama kali terserang sakit flu.

 Image by : pixabay.com

Hampir setiap hari pun, kita merasakan lelah dan cepat mengantuk. Lalu apa yang salah dari semua ini? Pertanyaan ‘apa yang salah’ merupakan suatu pertanyaan yang tepat. Sebab kalau kita telah sedemikian tertip dalam berpola hidup namun masih saja mudah sakit, barangkali ada salah satu kebiasaan yang kita anggap sehat ataupun tidak berbahaya namun ternyata itu salah.

Baca Juga :
6 Hal Ini Yang Jadi Sebab Kenapa Anda Merasa Lesu
6 Ramuan Ini Bisa Menambah Nafsu Makan Anda 

1. Ketergantungan Terhadap Suplemen

Semua orang sudah tahu bahwa kekurangan gizi itu akan menjadikan seseorang mudah terserang penyakit. Akan tetapi, karena malas menyiapkan makanan sehat, maka kita malah jadi mengandalkan asupan suplemen. Dimulai dari suplemen untuk menguatkan imun tubuh, vitamin tertentu, minyak ikan sampai suplemen bagi kulit. Kita beranggapan, makanan yang utuh itu bisa diganti begitu saja oleh deretan botol-botol suplemen.

Saran :

Sesuai dengan namanya, suplemen merupakan vitamin ataupun mineral yang bersifat tambahan, yang dikonsumsi kalau jumlah zat gizi tertentu tidak bisa terpenuhi dari makanan utuh sehari-hari.  ‘’Yang terbaik adalah tetap memperolah zat gizi dari makanan yang kita konsumsi,’’ tegas Dr. Andrew Weil, pakar kesehatan holistik pnediri Arizona Center for Integrative Medicine. Sebaiknya anda berkonsultansi terlebih dahulu dengan dokter, sebelum memutuskan untuk mengonsumsi suplemen sebab belum tentu andan membutuhkannya.

2. Melakukan Olah Raga Tanpa Latihan Beban

Hal ini biasanya terjadi pada para wanita. Tidak sedikit dari para wanita yang menganggap bahwa latihan angkat beban lebih diperlukan oleh para pria demi membangun otot yang besar. ‘’Anggapan ini sebenarnya tidak benar. Fungsi latihan beban ternyata bukan hanya untuk membentuk otot,’’ tegas Martica Haner, Ph.D.,M.A.,M.Ed., pelatih kebugaran dari Manhattan. Ternyata latihan angkat beban penting untuk membantu pembakaran kalori dan untuk menjaga kepadatan mineral tulang. Terdapat sebuah studi ilmiah yang telah dipublikasikan di jurnal Circulation yang menyebutkan bahwa latihan beban juta bisa meningkatkan ketahanan tubuh dan juga kelentuan gerak pada pasien yang memiliki riwayat pennyakit jantung.

Saran:

Cobalah memadukan beraneka ragam jenis latihan, baik itu kardio, beban ataupun kelenturan untuk memperolah hasil sehat yang paling optimal. Menurut Heaner, kita sebenarnya bisa membakar kalori lebih banyak lagi bila menggabungkan latihan kardio dan angkat beban.

3. Menyukai Sayuran Namun Buatan Resto Yang Cepat Saji

Tidak perlu dijabarkan lebih lanjut lagi apakah manfaat dari sayuran untuk kesehatan tubuh manusia. Kini yang perlu ditekankan adalah kandungan gizi dan antioksidan sayuran segar yang lebih melimpah bilan dibandingkan dengan makanan yang dimasak. Kalau anda menyukai memakan salad, itu sangat baik sekali. Namun, makannya hanyalah saat anda ke resto cepat saji saja? Maka itu bukanlah ide yang baik lho. Pertama-tama, anda dianjurkan memakan sayuran setiap hari, baik itu dirumah ataupun di luar rumah. Yang kedua, porsi salad di restoran kadangkalah tidak cukup banyak untuk bisa memenuhi kebutuhan serat harian anda.

Yang ketiga, kita tidak tahu berapakah lamanya sayuran itu telah disimpan sebelum sayuran tersebut disajikan. Potongan sayuran dan buah yang disimpan lebih dari 24 jam di tempat yang berpendingin, akan kandungan vitaminnya akan berkurang dan demikian juga dengan mineralnya. Yang keempat, biasanya salad di luar rumah itu disajikan bersamaan dressing berkalori tinggi, seperti mayones ataupun keju. National Library of Medicine menyatakan bahwa salad bisa dibilang sehat bila tidak ditambahi mayones ataupun saus tinggi gula atau tinggi kalori.

Saran :

Mengapa anda tidak mencoba membuat salad sendiri di rumah memakai bahan-bahan yang anda tahu dan terjamin kesegarannya? Padukanlah bermacam jenis sayuran berwarna gelap dan terang dan bukan hanya sayuran yang berwarna hijau saja. Sebagai pelengkap, taburilah berbagai jenis kacang-kacangan untuk sumber proteinnya. Agar rasanya terasa kaya, anda bisa menambahkan potongan tahu sutra, salmon ataupun ayam panggang.

4. Yang Paling Penting Anda Sudah Minum Delapan Gelas Tiap Hari

Para dokter dimanapun pasti akan menganjurkan pada kita untuk cukup dalam minum. Ini bertujuan agar tubuh tetap terhidrasi secara baik dan dapat berfungsi secara normal. Kebutuhan akan cairan setiap orang berbeda-beda sesuai dengan aktivitasnya. Pada takaran yang moderat, rata-rata kita dianjurkan meminum minimal delapan gelas setiap harinya. Yang dimaksudkan dengan minimal delapan gelas per harinya adalah meminum air putih. Yang dimaksud disini bukanlah jus olahan yang sarat akan gulan, bukan juga sirup, ataupun minuman yang bersoda, kopi dan teh manis. Studi yang telah dilakukan oleh tim University Texas Health Science Center menunjukkan bahwa, orang yang meminum soda tiap hari selama tujuh tahun, maka dia berpotensi 41 persen menjadi seorang yang obesitas ataupun kelebihan berat badan. Ini bisa terjadi karena segala macam minuman yang berasa manis mengandung kalori yang ekstra. Kalau kita meminumnya secara rutin, tentu saja akan berpengaruh pada bobot tubuh.

Saran:

Biasakanlah untuk meminum satu gelas air putih saat: bangun dari tidur, sebelum dan setelah makan, dan saat hendak pergi tidur pada malam hari. Boleh-boleh saja kita mengonsumsi minuman yang manis, asalkan jarang dan jangan anda jadikan sebagai kegemaran. Air putih itu tetap yang terbaik untuk menghidrasi tubuh anda.



KOMPAS.com -


EmoticonEmoticon