Kekalahan Ahok Bisa Jadi Pelajaran Baru Berdemokrasi

Pemilu DKi sudah selesai dan berhasil menetapkan Anies Sandi sebagai calon gubernur DKI periode berikutnya. Setelah sekian lama memanas, akhirnya suhu politik di DKI kembali mereda setelah ada kepastian bahwa Anis Sandi sebagai pemenang Pilkada DKI 2017.

image by : flickr.com

Banyak sekali liku-liku dan cerita seputar pilkada DKI sehingga menjadikannya sebagai salah satu viral yang menjadi perhatian banyak sekali kalangan. Dari pandangan saya secara pribadi. Kekalahan Ahok yang paling utama adalah karena dia telah mengangkat isu sara saya dia berkunjung ke kepulauan seribu. mulai dari situlah awal kehancuran Ahok dimulai. Dia telah menyakiti ribuan orang Jakarta yang beragama Islam.

Bahkan ucapannya tersebut tidak hanya menyakiti warga DKI saja, namun seluruh orang Indonesia bahkan seluruh umat Islam di dunia. Bagaimana mungkin seorang pemimpin bisa mengatakan hal yang sebenarnya sangat sensitif ini. Dia benar benar telah melakukan kesalahan yang sangat fatal dengan ucapannya tersebut.

Dan kini dia sudah menerima hukumannya dengan gagalnya dia kembali jadi orang nomor satu di Jakarta.  Ini bisa jadi pelajaran bagi seluruh pemimpin-pemimpin bangsa untuk senantiasa berhati-hati pada tiap ucapan, karena bisa jadi ucapan tersebut menyinggung perasaan orang banyak.


EmoticonEmoticon