10 Kebiasaan Kurang Baik Yang Membuat Kekebalan Tubuh Menurun

Sistem kekebalan tubuh merupakan bagian yang sangat penting dari tubuh kita untuk menghalau penyakit dan resiko terkena infeksi. Sebuah sistem kekebalan tubuh yang tidak kuat alias lemah bisa mengakibatkan kondisi kesehatan yang rentan, seperti mudah terkena flu dan infeksi. Oleh karena itu sangatlah penting agar setiap orang menjaga sistem kekebalan tubuhnya.

 Image by : pixabay.com

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menghindari 10 kebiasaan buruk yang akan disebutkan dibawah ini, antara lain :

1. Merokok


Kebiasaan merokok tidak cuma akan meningkatkan resiko terserang kanker paru-paru, namun juga bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh. Terdapat ribuan racun yang terdapat pada rokok yang bisa berpengaruh buruk terhadap sel-sel kekebalan di dalam tubuh dan bisa merusak fungsi sel tersebut. Nah, inilah yang jadi alasan kenapa para perokok itu lebih rentan terhadap gangguan pernafasan parah seperti asma, bronkitis dan juga pneumonia. Kalau anda seorang perokok dan sedang mencari cara-cara untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, maka yang perlu anda lakukan adalah berhentilah merokok.

Baca Juga :
6 Hal Ini Yang Jadi Sebab Kenapa Anda Merasa Lesu
Hidup Sudah Sehat, Tapi Kok Masih Gampang Sakit Ya?

2. Alkohol

Sebuah penelitian sudah menunjukkan efek konsumsi alkohol yang terlalu berlebihan dan bagaimana hal tersebut bisa menghancurkan antibodi tubuh yang dibutuhkan untuk bisa melawan sel yang terinfeksi oleh virus. Seperti perokok, mereka menderita kecanduan terhadap alkohol lebih mungkin menderita infeksi yang serius dan penyakit seperti tuberkulosis.

3. Kurang Tidur

Sangat penting untuk memperolah waktu beristirahat yang baik untuk memastikan sistem kekebalan tubuh anda berfungsi secara baik. Saat tidur, tubuh mampu mengembalikan dan mengisi bahan bakar, termasuk juga sistem kekebalan tubuh. Kalau anda membatasi jumlah waktu tidur dengan konsisten, maka anda telah menempatkan diri pada resiko yang lebih tinggi untuk terserang infeksi dan kondisi kesehatan yang serius semisal penyakit jantung, hipertensi, stroke, diabetes dan obesitas.

4. Kurang Latihan

Tidak dimilikinya waktu berolahraga bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan risiko penyakit ataupun infeksi. Salah satu penelitian telah menunjukkan bahwasanya rutin beraktivitas fisik bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan jumlah sel darah putih di dalam tubuh membantu melawan segala bentuk penyakit.

5. Terlalu banyak olahraga

Terlalu seringnya beraktivitas fisik bisa mengakibatkan masalah dengan sistem kardiovaskular dan bisa membebani sistem kekebalan tubuh. Perlu diingat, cukup waktu beristirahat untuk pemulihan fisik sama pentingnya bagi sistem kekebalan tubuh dibandingkan melakukan olah raga.

6. Stres

Kalau anda bertanya-tanya bagaimana stres bisa mengakibatkan kondisi kesehatan yang serius, maka berikut merupakan penjelasannya. Stres bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh. Tingkat stres yang tinggi bisa membuat ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh anda, merusak fungsi sistem kekebalan tubuh yang bisa mempengaruhi cara tubuh di dalam menyembuhkan luka, dan bahkan bisa mengakibatkan kondisi kesehatan yang lebih serius lagi.

7. Kurang Minum Air

Air adalah salah sebuah cairan yang sangat luar biasa, keberadaannya bisa membantu fungs keseluruhan jaringan tubuh, termasuk juga sistem kekebalan tubuh. Air mempunyai kemampuan untuk membilas tiap racun yang berbahaya dalam sistem imun tubuh. Minum cukup air juga bisa memberikan kesempatan kepada sistem kekebalan tubuh untuk bisa beristirahat dan membantu melakukan tugasnya.

8. Tidak Bersih

Kebersihan mungkin tidak mempengaruhi sistem kekebalan tubuh anda secara langsung, namun bisa mencegah terjadinya infeksi dan penyakit dengan menghilangkan bakteri dan kuman. Kalau anda jorok, maka anda hanya akan memberatkan tugas sistem kekebalan tubuh, sebab perilaku yang anda tunjukkan bisa mengundang organisme berbahaya ke dalam tubuh. Pada titik-titik tertentu, organisme ini bisa mengalahkan sistem kekebalan tubuh yang mengakibatkan infeksi dan penyakit.

9. Kegemukan

Para ilmuwan sudah menemukan bahwa obesitas itu bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh manusia. Sementara itu penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menemukan hubungan langsung diantara obesitas dan peningkatan risiko infeksi karena sistem kekebalan tubuh mengalami pelemahan. Mengonsumsi makanan-makanan yang sehat dan rutin berolahraga penting untuk diterapan kepada orang dengan obesitas agar mengurangi risiko komplikasi kesehatan.

10. Terlalu Banyak Sinar Matahari

Berjemur sebentar di bawah terik sinar matahari dengan memakai tabir surya sebenarnya bukan suatu hal yang buruk, namun berjemur terlalu lama bisa membuat kulit anda terbakar. Sebuah penelitian sudah menunjukkan hubungan diantara radiasi UV dan kerusakan pada sistem kekebalan tubuh. Paparan sinar matahari yang berlebih juga bisa meningkatkan risiko kanker kulit.


EmoticonEmoticon