6 Kesalahan Mendasar Saat Memakai Kacamata Hitam

Salah satu tujuan menggunakan kacamata hitam adalah supaya melindungi mata dari paparan langsung sinar matahari. Akan tetapi disamping fungsinya tersebut, ada kegunaan lain dari kacamata hitam dan bisa disesuikan dengan gaya anda. Berikut ini ada enam kesalahan mendasar yang biasanya dilakukan orang dalam memakai kacamatan hitam.


                                                                Image by : pixabay.com

1. Tidak memperhatikan kesesuaian antara warna busana dan kacamata hitam

Menggunakan kacamata hitam alangkah baiknya disesuaikan dengan busana dan wajah anda. Namun ternyata tidak sedikit orang yang menggunakan kacamata hitam tanpa lebih dulu memperhatikan beberapa aspek ini. Seorang penata buasana dari negeri Ratu Elisabeth bernama Oliver Pencer mengungkapkan bahwa memakai kacamata hitam bertujuan untuk membuat penampilan lebih baik, sehingga sangat penting untuk memakai kacamatan hitam yang cocok dan sesuai dengan busana yang dikenakan. ‘’Kacamata hitam yang kita gunakan disaat mengenakan setelah jas berbeda dengan disaat mengenakan celana renang. Ia sebaiknya bisa menyesuaikan busana apa yang akan dikenakan,’’ kata Spencer. “pada umumnya kacamata jenis aviator dipakai untuk kegiatan santai, wayfarer khusus untuk perjalanan, dan jenis sport biasanya dipakai saat berolahraga seperti lari dan bersepeda.”

Baca Juga :
10 Kesalahan Pria Dalam Hal Penampilan 

2. Memakai kacamata hitam di dalam ruangan

Perlu anda ketahui bahwa video klip musik-musik rap itu tidaklah nyata. Jadi, menggunakan kacamata hitam saat berada di dalam ruangan juga bukan bagian dari kehidupan yang nyata. ‘’Kecuali jika anda memiliki kondisi medis, ataupun menjadi pemeran utama di dalam film The Matrix, anda tidak perlu mengenakan kacamatan hitam di dalam sebuah ruangan,’’ ujar editor style.com, Rob Nowill.

3. Tidak menggunakan proteksi dari sinar matahari

Saat membeli kacamata hitam, pemilihan lapisan pelindung matahari yang pas dan tepat untuk kacamata hitam akan membantu anda terhindari dari dampak paparan sinar matahari. Omar Hassa, pimpinan Vision Express mengatakan, tak jarang mata akan bermasalah disebabkan oleh paparan sinar matahari yang berlebihan, oleh karena itu lapisan pelindung yang tepat sangatlah penting untuk mata anda. Pastikan terlebih dahlu lapisan UV protection dengan kadar 100 persen ataupun label UV 400 ada pada di kacamatan anda supaya anda terhindar dari radiasi UVA dan UVB.

4. Kacamata hitam tidaklah cocok bagi semua wajah

Yang perlu anda ketahui, anda tidak bisa menyamarakan seluruh kacamata hitam dengan bentuk wajah yang anda miliki. Pendiri Ace & Tate, Mark de Lange, mengatkaan ahwa kacamata hitam itu mempunyai ukuran yang frame yang berbeda dari jenis kacamata lainnya, sehingga anda bisa lebih berinovasi dan memiliki yang paling baik. ‘’Pada umumnya, wajah yang berbentuk bulat mempunyai kecenderungan untuk menggunakan frame yang berbentuk persegi, sementara wajah yang berbentuk persegi cenderung menggunakan frame yang berbentuk bulat,’’ ujar Lange.

5. Menggunakan ukuran kacamata yang salah

Anda tidak mungkin akan membeli jas yang tidak sesuai bukan? Jadi jangan lakukan hal serupa terhadap pemilihan kacamata anda. Kebanyakan kacamata hitam ditandai dengan berbagai ukuran untuk memberikan gambaran tentang apakah nyaman atau tidak barang tersebut dipakai nantinya. David Lochead, pendiri Finlay & Co, mengatakan bahwa ukuran frame sangatlah penting sebab masing-masing kepala mempunyai dimensi yang berbeda-beda. ‘’Kebanyakan kacamata hitam akan mempunyai tiga jenis ukuran tersembunyi di dalam frame: pertama ukuran lebar lensa, kedua untuk celah diantara lensa dan lebar jembatan hidung dan yang terakhir menawarkan panjang gagang.’’ kata Lochead.

6. Memilih untuk menggunakan kacamata Novelty

Tahukan anda bahwa kacamata hitam berjenis Novelty ini biasanya dipakai pada pesta-pesta, sebab mempunyai bentuk yang unik dan memiliki harga yang murah. Akan tetapi anda perlu tahu kalau kacamata tersebut tidaklah direkomendasikan. ‘’Tidak bisa dipungkiri bahwa banyak ornag yang akan lebih memilih kacamata-kacamata baru yang harganya murah, namun ini tidaklah melindungi mata anda secara efektif,’’ kata Jaana Tandoc, seorang ahli kacamata di Swiss spectacle outfit Acuitis. Tandoc juga mengatakan, kacamata jenis ini tidak Cuma terlihat murah, juta tidak menawarkan perlindungan terhadap UV.






Sumber : Kompas.com


EmoticonEmoticon