Sejarah Kabupaten Bekasi dan Perkembangannya Hingga Sekarang

Halo sahabat sekalian, bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga senantiasa baik dan sehat selalu ya. Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan menyajikan artikel kepada para pembaca sekalian yang membahas tentang Sejarah Kabupaten Bekasi dan perkembangannya hingga sekarang. Baiklah, langsung saja pada pembahasan ya!

Image by : flickr.com

Kabupaten Bekasi adalah salah satu kabupaten di Jawa Barat yang secara geografis berada tepat di sebelah timur Jakarta. Berbatasan dengan Kota Bekasi dan Provinsi DKI Jakarta dengan batasan wilayah di sebelah utara Laut Jawa, sebelah selatan Kabupaten Bogor, sebelah barat DKI Jakarta dan timur Kabupaten Karawang.

Baca Juga :
Mengenal Kabupaten Ende Melalui Sejarah dan Daya Tariknya
Mengenal Kota Padang Dan Perkembangannya

Secara administratif Kabupaten Bekasi memiliki luas wilayah 1.484.370 meter persegi dengan jumlah penduduk 2.803.283 jiwa berdasarkan data proyeksi penduduk BPS Kota Bekasi tahun 2016. Kabupaten Bekasi yang memiliki 23 Kecamatan dan 187 Desa ini dalam perkembangannya memiliki dinamika sejarah yang panjang.

Dan adalah Kota Bakasi merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari sejarah Kabupaten Bekasi. Maka berdasarkan undang-undang No. 14 tahun 1950 tentang pembentukan dasar-dasar kabupaten dalam lingkungan provinsi Jawa Barat dan tanggal 15 Agustus 1950, maka inilah yang mendasari lahirnya Kabupaten Bekasi.

Seiring dengan laju pesatnya pertumbuhan di berbagai sektor di Kabupaten Bekasi, maka diperlukannya sarana dan prasarana sebagai syarat pengelolaan dalam meningkatkan sumber potensi yang ada. Maka tak ayal jika dalam beberapa tahun saja banyak bermunculan kawasan-kawasan industri. Sebut saja Kawasan Industri Jababeka, Kawasan Industri Ejip, Lippo Cikarang, Kawasan Hyunday, Delta Silicon, MM 2100, Delta Mas dan lain-lain.

Sehingga dapat dikatakan bahwa Kabupaten Bekasi adalah salah satu Sentral Industri terbesar yang ada di wilayah Jawa Barat bahkan se-Asia Tenggara. Inilah Kabupaten Bekasi, daerah yang mempunyai visi ‘’Manusia Unggul Yang Agamis Berbasi Agribisnis dan Industri Berkelanjutan’’. Sebuah rumusan dari tujuan yang akan dicapai oleh masyarakat di masa yang akan datang.

Lahan-lahan subur yang banyak dimanfaatkan dan menjadi daya tarik bagi investor asing ataupun pengusaha lokal untuk berpartisipasi dalam menunjang perkembangan roda perekonomian Kabupaten Bekasi.

Nah, demikian tadi pembahasan kita tentang Sejarah Kabupaten Bekasi dan Perkembangannya Hingga Sekarang. Semoga artikel pendek ini bisa menambah wawasan kita semua sehingga menjadikan kita orang yang berpengetahuan luas. Semoga anda sekalian tidak bosan berkunjung ke blog saya yang sederhana ini. Terima kasih


EmoticonEmoticon