Soto Ayam Ambengan Surabaya

Surabaya tidak hanya mempunyai kuliner khas seperti Rujak Cingur atau Lontong Balap. Surabaya juga mempunyai kuliner-kuliner legendaris, salah satunya Soto Ayam Ambengan. Berkaldu gurih pekat penuh rempah, berisi suwiran ayam, telur, kubis dan bihun, lengkap dengan perkedel serta koya atau bubuk kelapa berbawang putih. Inilah salah satu kuliner legendaris khas Kota Pahlawan Surabaya. Kemasyuran sajian ini berawal dari Jalan Ambengan. Sepenggal jalan yang kemudian identik sebagai bagian dari namanya yakni Ambengan.

 Image : wikipedia.org

Menurut penuturan sang Pemilik Soto Ambengan yakni Gatot Sunoto “Sejarah Soto Ambengan ini berawal dari rombong biasa yang berada di ujung Jalan Ambengan. Dulu soto ini belum memiliki nama, sampai akhirnya pelanggannya sendiri yang memberikan nama. Kemudian sekitar tahun 1982, Pak Sadi mematenkan nama Soto Ayamnya dengan nama Soto Ayam Ambengan Pak Sadi. Untuk perbedaannya sendiri bila dibandingkan dengan soto-soto jenis lainya yaitu pada sebagian bumbu rahasianya dan juga pada rebusan ayamnya”.

Baca Juga :
Sensasi Lezat Soto Ayam Khas Lamongan
Menikmati Soto Sedap Boyolali Hj. Widodo

Awalnya sang pemilik menjajakan soto dengan berkeliling. Kemudian pada tahun 1971 maka sang pemilikpun mulai menetap disini. Kedainya terus berkembang, namun sajiannya tidak berubah dan bertahan pada resep asli sehingga tetap terjaga sedapnya rasa asli. Semua itu berawal dari tangan Haji Sadi dan kini pengelolanya telah bergeser ke generasi kedua.

Bahan-bahan segar pilihan, racikan pas, dan pengolahan yang masih tradisional, hadirkan soto berkuah rempah pekat dengan isian penuh nan lezat, khas dan istimewa. Tak heran setiap hari kedai Soto Ayam Ambengan Pak Sadi Jauh dari kata sepi. Sebagian besar pengunjungnya bahkan tercatat sebagai pelanggan setia.

Sedap mantap soto penuh suwiran ayam masih bisa bertambah dengan potongan daging sapi, kulit atau jeroan. Anda tinggal memilih lebih suka yang mana untuk ditambahkan ke dalam soto anda. Seporsi Soto Ayam Ambengan tersaji dengan harga Rp. 17.000 dan ditambahkan teh manis dengan harga Rp. 3.500. Soto Ayam Legendaris ini berlokasi di Jalan Ambengan 3A Surabaya. Kedai kuliner legendaris buka pukul 8 pagi sampai pukul 9 malam. Ingin menikmati Soto Ambengan dengan tenang? Hindari datang saat jam makan siang, karena pengunjung harus rela mengantri terlebih dahulu dengan cara berdiri.


Sumber : Net. Jatim


EmoticonEmoticon