5 Kebiasaan Yang Sering Menurunkan Produktivitas Kerja Di Kantor

Assalamu’alaikum wr.wb. Halo sahabatku sekalian. Bagaimana kabar kalian? Semoga baik selalu ya. Baiklah, pada kesempatan yang berbahagia kali ini, saya akan membahas artikel tentang 5 Kebiasaan Yang Sering Menurunkan Produktivitas Kerja Di Kantor. 


Sebagaimana yang sudah banyak terjadi di kantor-kantor, banyak sekali para karyawannya yang bekerja tidak maksimal dan tidak produktif. Padahal perusahaan telah membayarnya dengan gaji yang tinggi namun tetap saya mereka kurang bisa diandalkan dan produktivitasnya sangat rendah.

Berikut ini 5 kebiasaan tersebut antara lain :

1. Kebiasaan Datang Terlambat


Pada umumnya jam kerja kantor adalah 8 jam setiap hari. Waktu ini bisa sangat berarti dan bermanfaat atau sebaliknya bisa sangat sia-sia dan tidak bermanfaat. Masing-masing orang mempunyai karakter dan tipe kerja yang berbeda-beda. Orang datang tepat waktu memiliki peluang yang lebih besar untuk sukses dibandingkan dengan orang yang datang terlambar secara kontinyu.

Baca Juga :
5 Alasan Kenapa Kita Harus Semangat Bekerja
5 Tips Kuat Bergadang Saat Lembur

Dan memang benar bahwa orang yang selalu terlambar itu adalah orang yang sangat tidak produktif bahkan bisa dikatakan di itu merugikan perusahaan. Mari kita hitung! Jika dalam satu bulan terdiri dari 26 hari kerja dan jam kerja selama 8 jam maka 26 (x) 8 = 208 jam dan jika disetahunkan maka akan menjadi 2.496 jam. Sedangkan jika kita terlambar 1 jam saja setiap hari, berarti 26 (x) 7 = 182 jam dan jika disetahunkan akan menjadi 2.148 jam. Jadi dalam setahun kerugian perusahaan sebesar 2.496 jam (–) 2.148 jam = 312 jam.

2. Kebiasaan Merokok


Sudah banyak yang memberitahu, sudah banyak iklan larangan rokok, sudah banyak korban yang berjatuhan, lalu kenapa kebiasaan merokok itu sulit dihilangkan ya? Saya sendiri juga heran dengan masalah yang satu ini. Orang banyak yang beralasan kalau tidak merokok maka otak akan sulit untuk berfikir. Dan inilah yang menjadi alasan para perokok untuk terus mengisap rokok pada jam-jam kerja kantor. Padahal waktu yang dibutuhkan untuk menghisab satu batang rokok bisa 5 sampai 10 menit, itupun dengan syarat dia tidak nyambung lagi ke batang rokok berikutnya. Kebiasaan inilah yang sebenarnya bisa menurunkan produktivitas kerja di kantor.

3. Kebiasaan Ngerumpi

Siapa sih yang tidak suka ngerumpi atau ngoblol. Jika obrolan yang dibicarakan itu masih berkaitan dengan pekerjaan tentu tidak masalah. Namun bagaimana kalau obrolan itu hanya seputar cerita-cerita yang tidak jelas arah dan tujuannya. Inilah yang bisa membuat seseorang lupa waktu, karena asyiknya bahasan yang dibicarakan membuat mereka lalai untuk melanjutkan pekerjaannya. Orang yang hobinya ngobrol seperti ini adalah orang yang tidak produktif dan nantinya nama baiknya bisa tercoreng dengan sendirinya kalau dia tidak segera kembali ke jalan yang benar. 

4. Kebiasaan Bermain Smartphone

Sekarang ini perkembangan smartphone sudah semakin canggih. Berbagai pekerjaan kantor bisa dihandle hanya dengan menggunakan smarphone. Namun fungsi canggih smarphone yang luar biasa ini bisa juga disalahgunakan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat oleh si pemiliknya sendiri. Bahkan perkembangan aplikasi games sekarang ini sudah mulai menjamur dan sulit dikendalikan. Orang-orang bisa dengan mudah mendownload aplikasi-aplikasi games terbaru. Hal inilah yang sebenarnya mulai membuat para pemimpin perusahaan mulai kawatir dengan kinerja para karyawannya. Semakin lama kinerja karyawan semakin menurun sebab dia lebih sibuk mengapdate gamesnya dibandingkan mengapdate pekerjaanya.

5. Kebiasaan Ngemil

Ngemil itu memang mengaksyikkan. Bahkan bisa dibilang ngemilnya orang jaman sekarang tidak hanya dilakukan di dalam ruang kerja, justru malah mereka ngemilnya di luar ruang kerja dan bahkan sampai luar kantor. Jika sudah demikian bagaimana perusahaan akan untung kalau sering ditinggal-tinggal oleh karyawannya. Padahal perusahaan sudah membayarnya namun dia tidak bisa produktif.

Demikianlah artikel saya kali ini yang membahas tentang 5 Kebiasaan Yang Sering Menurunkan Produktivitas Kerja Di Kantor. Semoga informasi diatas bisa menambah wawasan dan pengetahuan kita semua supaya menjadi orang yang lebih baik di masa depan. Terima kasih telah membaca, Wassalamu’alaikum wr.wb.


EmoticonEmoticon