Pengalaman Berada di Kota Palembang

Pada tahun 2007 saya pernah pergi ke Palembang Provinsi Sumatera Selatan. Kepergian saya kesana dalam rangka melaksanakan tugas sebagai operator komputer untuk proyek Jalan Raya di Kabupaten Prabumulih. Saya bekerja di sebuah perusahaan Konsultan teknik dan manajemen sudah hampir 4 tahunan saat itu. Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa Palembang sangat terkenal dengan Sungai Musi dan Jembatan Amperanya. Para wisatawan yang berkunjung kesana pasti tidak akan melewatkan moment untuk berkunjung ke dua wilayah tersebut yang memang menjadi simbol pariwisata Kota Palembang.

Baca Juga :
Pengalaman Mengurus Akte Kelahiran Anak
Pengalaman Jadi Pengiring Pengantin Adat Jawa

Kisah saya berada di Palembang diawali dari perjalanan saya dari Jakarta menggunakan Mobil Kijang bersama 2 orang teman yaitu Bos saya sendiri dan juga sopir. Kami berangkat dari Perumahan Puri Gading yang berada di Jatiwarna Pondok Gede Jakarta Timur. Di perumahan tersebut adalah tempat tinggal Mess bagi para karyawan proyek. Sedangkan kantor pusatnya sendiri berada di Kebayoran Baru Jakarta Selatan. Perjalanan saya ke Palembang ini merupakan pengalaman pertama saya pergi ke luar pulau Jawa.

Sebenarnya kepergian saya ini kurang disetujui oleh orangtua saya, tapi apa hendak dikata karena ini adalah tugas perusahaan jadi mau tidak mau saya tetap harus berangkat meskipun saya belum punya pengalaman berada di proyek. Kami bertiga berangkat pada malam hari sekitar jam 11 malam dari Perumahan Puri Gading. Setelah menempuh perjalanan yang cukup lancar melalu jalan tol Jakarta Merak kamipun tiba di Pelabuhan Merak menjelang Subuh. Setelah dua jam berada di Kapal dengan penuh rasa was-was karena saya baru pertama kali naik kapal laut, akhirnya kamipun tiba di pelabuhan Bakaheuni dengan selamat.

Setelah berlabuh kamipun melanjutkan perjalanan memasuki kota Lampung. Setelah beberapa jam melewati Lampung kami berhenti di sebuah warung makan untuk sarapan pagi. Setelah perut kenyang ditambah dengan ngopi, maka bos saya segera mengajak kami untuk melanjutkan perjalanan melalu jalan lintas sumatera menuju ke Sumatera Selatan. Akhinrya pada pagi harinya kamipun sampai juga di Kota Palembang. Kami segera mencari tempat penginapan sementara sembari beristirahat. Setelah mendapat tempat penginapan yaitu di asrama, maka kami berada disana sekitar 2 hari sambil siangnya mencari-cari rumah kontrakan untuk dijadikan kantor proyek.

Akhirnya kantor yang kami idam-idamkan dapat juga, rumahnya cukup besar dan bersih. Untuk beberapa bulan kedepan kami tinggal disana sambil terus bekerja mondar mandir ke Kantor PU dan ke Lokasi Proyek. Yang menarik dari bekerja di proyek adalah keleluasaan waktu yang tanpa batas. Karena kita bisa menjadwalkan sendiri akan kemana dan kemana tanpa ada yang mengawasi dan mengatur dengan ketat. Sehingga waktu-waktu luang banyak yang dipakai untuk mencari hiburan lain setelah bekerja. Pernah suatu ketika kami pergi mancing setelah selesai urusan di kantor PU. Atau kami juga pergi ke Mall untuk sekedar cuci mata.

Dan yang paling berkesan dari pengalaman saya berada di Kota Palembang adalah pengalaman saya pergi ke Sungai Musi dan Jembatan Ampera. Kami pergi di malam hari sekitar jam setengah delapan malam bersama rombongan anak-anak proyek yang lain yang kebetulan juga mengerjakan proyek di Palembang namun berbeda PT. dengan saya. Saat sampai di bundaran masjid Agung palembang maka kami mencari tempat parkir. Disana tempat parkir yang ada adalah di Benteng Kuto Besak. Kebetulan benteng kuto besak ini merupakan tempat yang paling pas untuk foto-foto dengan view sungai musi maupun jembatan ampera.

Kamipun puas berfoto foto disana, terutama di dekat Jemtan Ampera, pinggir sungai, benteng kuto besak dan terakhir foto di air mancur bundaran masjid agung Palembang. Setelah puas menikmati indahnya kota palembang, kamipun pulang. Namun sebelum sampai rumah kami mampir di tempat nongkrong anak-anak muda di kota Palembang untuk menikmati cemilan dan juga kopi. Setelah kenyang dan ngantuk maka kamipun pulang dengan rasa yang puas dan senang.

Demikianlah pengalaman saya pribadi tentang Kota Palembang Sumatera Selatan. Walaupun artikel ini kurang menarik, setidaknya ini bisa jadi kenang-kenangan saya yang tidak akan saya lupakan. Terima kasih telah meluangkan waktunya untuk membaca artikel sederhana ini.