Beberapa Tips Untuk Pekerja Lepas Pemula

Pada zaman yang sudah mulai maju seperti sekarang ini, pekerjaan menjadi seorang freelance yang profesional membutuhkan suatu keahlian yang khusus, apalagi bila anda seorang pekerja freelance yang masih pemula, pastinya perasaan gugup dan canggung itu selalu ada.

Namun, hal tersebut sebenarnya bisa anda atasi kalau anda bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi yang semakin maju seperti penggunaan sosial media (sosmed) dengan cara yang baik. Sebuah sumber yang didapat dari USA Today, Lightpost, telah memberikan sebuah panduan secara gratis bagi orang-orang yang ingin memperoleh pekerjaan dengan merubah prospek jadi freelance atau jadi pebisnis pemula.

Situs usatoday.com telah melansir sebuah laman yang berisi beberapa tips yang perlu dilakukan dan tidak perlu dilakukan dari para pengguna sosial media untuk para pemula. Panduan ini perlu anda baca sampai tuntas supaya anda bisa paham sepenuhnya ya.

Baca Juga :
Serius, 10 Perusahaan Indonesia Ini Punya Proses Wawancara Kerja Paling Sulit
10 Perusahaan Tahun 2017 Yang Paling Diminati Untuk Bekerja 

DALAM HAL POSTINGAN

•    Yang Perlu Dilakukan :

Memposting di sosial media secara rutin

•    Yang Tidak Perlu Dilakukan :

Tiga kali postingan dalam satu hari. Menurut pendapat seorang ahli pemasaran sosial media, tiga postingan adalah jumlah yang maksimum, sebab dalam hal ini kami telah memberi 3 informasi yang berlainan dalam satu hari kepada follower anda dan konten tersebut harus dipastikan menarik untuk dibaca oleh para pengikutmu. Namun sebelum itu, cobalah bertana kepada diri sendiri apakah postingan yang anda buat itu juga membuat anda tertarik untuk membacanya.

MEMBAGI PENGALAMAN KERJA ANDA YANG MEMBANGGAKAN


•    Yang Perlu Dilakukan :

Pengalaman kerja kalian yang paling membanggakan perlu anda bagikan. Dengan begitu anda akan terlihat sebagai orang yang profesional. Hal ini bertujuan agar para follower anda mengetahui bahwa anda sedang mencari pekerjaan yang freelance.

•    Yang Tidak Perlu Dilakukan :

semua newsfeed kamu yang ada hubungannya dengan pekerjaan perlu anda buang. Misalnya aturan-aturan tentang cara mempromosikan diri lewat jaringan yang anda miliki, berbagai pos apapun yang bisa membantu, memberikan informasi ataupun membangunn merek anda dengan cara yang lain. Namun sebaliknya, anda harus membagikan artikel ataupun postingan yang relevan di blog yang sudah anda tulis. Setelah itu mintalah pendapat para follower kamu melalui media sosial.

•    Yang Perlu Dilakukan :

Saat memberikan komentar, anda harus berkomentar layaknya seorang ahli saat anda bisa menimbang keahlian diri anda, sebab hal tersebut bisa mempromosikan diri anda dan membangun merek pada platform yang sesuai. Laman di Quora merupakan contoh tempat yang cocok, yakni rumah atau tempat para pengguna internet meminta saran dan masukan dari para ahli yang berhubungan dengan bidang yang dikuasainya.

•    Yang Tidak Perlu Dilakukan :

Berkomentar yang bersifat spam di jaringan kontak maupun website. Lakukan pendekatan dengan cara empati, kalau anda mau memberi komentari sesuai dengan keahlian yang anda miliki, cari dan pilih tempat yang cocok dan sesuai, sebelum anda memberikan komentari kembali.

PENDALAMAN

•    Yang Perlu Dilakukan :

Lakukan pendalaman! Melalui media sosial jadilah seorang yang profesional dengan sentuhan yang manusiawi. Misalkan jika anda memiliki anak, jangan malu dan takut untuk memposting tentang anak anda ke sosial media. Karena kadangkala keluarga itu bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi follower anda.

•    Yang Tidak Perlu Dilakukan :

Melakukan sharing secara berlebihan di media sosial. Secara umum orang-orang yang asing di sosmed kami pastinya ingin tahu siapa kamu. Baik itu dilihat dari sisi profesionalitas dan juga kepribadian. Selain kedua hal tersebut kebanyakan mereka tidak mau tahu. Jadi alangkah lebih bijak jika anda tidak membagikan postingan kehidupan pribadi secara lebay. Misalkan foto anda saat makan, minum, maupun foto selfie.

•    Yang Perlu Dilakukan :

Bersikaplah dengan cara yang baik dan menyenangkan orang. Jika ada komentar-komentar yang miring menganai anda, maka bersikaplah tenang dan tidak panik. Hal tersebut jika bisa anda lakukan maka ini akan menjadi cerminan yang baik tentang diri anda. Dan mereka akan benar-benar menganggap anda sebagai orang yang profesional.

•    Yang Tidak Perlu Dilakukan :

Menjadi orang yang tempramen dan kasar. Dan ini merupakan kebalikan dari apa yang sudah dibahas diatas.


EmoticonEmoticon