Ikan Lele, Makanan Favorit Keluarga Saya

Halo sabahat semua, bagaimana kabar kalian? Semoga tetap baik-baik saja ya. Pada kesempatan ini saya akan berbagi tulisan tentang Ikan Lele yang jadi makanan favorit kami sekeluarga. Hari ini istri saya berencana memasak ikan lele. Ikan yang murah meriah ini biasa jadi santapan kami setiap minggunya. Maklum istri saya memang tidak bisa makan ikan laut. 


Jadi selama ini saya hanya disajikan ikan-ikan air tawar saja. Jenis ikan lainnya yang dimasak oleh istri saya antara lain ikan mujair, ikan wader, ikan cue dan sesekali bandeng. Biarpun istri saya tidak bisa makan ikan laut, namun ada beberapa ikan yang masih bisa dia makan. Antara lain ikan cue yang memang enak bila diolah dengan memakai cabai alias ikan yang dipedasin.

Baca Juga :
Nasi Goreng, Menu Kesukaan Keluarga Saya
5 Tips Agar Mampu Memasak Makanan Sendiri Di Rumah

Kembali  ke masalah ikan lele, kedua anak saya juga sangat menyukai ikan ini. Ikan yang hidup di air tawar ini memiliki ciri khas yang jarang dimiliki oleh ikan lain yaitu memiliki kumis. Bentuk tubuhnya memipih panjang dan tidak memiliki sisik. Secara ilmiah sih kata orang ikan ini mempunyai banyak sekali spesies. Di negeri kita saja, masing-masing daerah memiliki sebutan sendiri-sendiri terhadap ikan yang memiliki patil ini. 

Saya sendiri tidak berani memang sendiri ikan ini, karena dulu sewaktu saya anak-anak, saya pernah mencoba menangkap ikan lele di kali tapi saya malah kena patil. Patil lele merupakan duri tajam yang ada di sirip ikan ini. Dulu sewaktu saya terkena patil, rasanya sakit sekali seperti orang yang terkena irisan pisau. Makannya hingga sekarang saya masih trauma untuk memegang ikan lele. Namun, biarpun begitu ikan ini masih jadi salah satu ikan primadona di Indonesia. 

Sekarang konsumsi ikan lele hampir jadi makanan yang selalu ada minimal satu bulan sekali di meja makan. Bagi para penjual ikan lele, prospek bisnis ikan ini memang sangat bagus. Sebab seperti yang kita tahu, sekarang ini banyak sekali warung makan yang menjual ikan lele sebagai lauk. Baik itu warung nasi Tegal maupun warung nasi Padang pasti disana ada menu ikan lele yang disajikan. Namun dari kedua warung ini, ikan lele yang paling terkenal dijual adalah di warung pinggir jalan yaitu Pecel Lele Lamongan. 

Inilah pelopor pertama kali yang menjual ikan lele dikolaborasikan dengan daun kemangi, sambal tomat, irisan timun dan nasi putih, disajikan saat masih panas sehingga rasanya sangatlah enak. Bagaimana dengan anda? Anda suka makan ikan lele? Kalau iya berarti anda sama dengan saya. Sampai disini dulu artikel sederhana saya ini, semoga sedikit memberi informasi bagi anda. Terima kasih telah sudi berkunjung ke blog saya.    



EmoticonEmoticon