3 Cara Merawat Landak Mini Mulai Dari Makanan, Kandang dan Memandikan

Apa tindakan anda kalau anda melihat ada seekor landak berada di tengah jalan? Tentunya anda akan menjauh dan menhindari supaya tidak terkena bulunya atau durinya yang tajam bukan? Sebab duri tersebut bisa melukai bila terkena kulit. Duri-duri tersebut bila menusuk maka rasa sakitnya sangat terasa.

Image by : pixabay.com

Namun, bila yang berada di tengah jalan landak mini, apa yang anda lakukan? Tentunya hal ini tidak sama dengan yang pertama tadi. Bahkan mungkin anda akan mendekat dan penasaran ingin memegang landak mini tersebut. Landak mini memang sedikit berbeda dengan landak jenis biasa, bentuknya terbilang cukup lucu.

Baca Juga :
Inilah Cara Memandikan Kucing Di Rumah Beserta Tips-Tipsnya 
Inilah Pro dan Kontra Tentang Kelinci Yang Dijadikan Hewan Peliharaan Buat Anak 


Tentunya hewan ini sangat mengemaskan bagi yang melihatnya. Hal inilah yang menjadikan beberapa orang hobi memelihara landak mini. Lalu apa sih perbedaan mendasar dari landak biasa dan landak mini? Walaupun kedua jenis hewan ini masih dalam satu family, tapi landak mini adalah mamalis dari family eriaceinae.

Hewan ini bisa banyak ditemukan di negara-negara Eropa, Afrika dan Selandia Baru. Landak Mini juga merupakan hewan nocturnal, yang artinya hewan yang aktif hanya pada malam hari. Jenis hewan-hewan lain yang juga berjenis nocturnal adalah burung hantu dan kelelawar. Terdapat setikat 16 spesies Landak Mini di seluruh dunia.

Berbeda dengan saudaranya yang ukurannya lebih besar, Landak Mini tidak akan menyakiti anda. Walaupun keudanya sama-sama memiliki duri pada kulitnya, tapi duri yang terdapat pada Landak Mini tidaklah beracun. Di siang hari, hewan ini lebih suka bersembunyi di tempat-tempat yang gelap.

# Bagaimanakah Cara Perawatan Landak Mini?    

Untuk bisa merawat Landak Mini tentunya anda harus  memiliki peralatan yang wajib di persiapkan.
Hal ini sebagaimana jenis hewan-hewan peliharaan yang lainnya. Berikut ini adalah hal-hal yang harus anda punyai kalau ingin merawat Landak Mini.

1. Kandang, Sebagai Tempat Tinggal Landak Mini

Saat anda membeli kandang, sebaiknya cari kandang yang terbuat dari logam, plastik, atau juga yang berbahan aquarium. Ini hampir mirip dengan kandang kucing maupun kandang hamster. Tapi lebih disarankan untuk membeli kandang yang ukurannya lebih besar. Sebab, Landak Mini itu merupakan hewan yang cukup aktif sehingga sula berlari kesana-kemari.

Paling tidak anda harus memperiapkan kandang yang berukuran dengan ketinggian 30 cm. Ini tujuannya agar si Landak Mini peliharaan anda tidak mampu memanjat keluar. Pada kandang, gunakanlah alas yang berbahan lembut layaknya kandang hamster. Ada beberapa bahanyang bisa anda gunakan seperti sobekan kertas ataupun serbuk gergaji.

Namun disini lebih disarankan memakai serbuk gergaji. Landak Mini itu juga hobi membuat sarang sendiri. Jadi jika anda memakai serbuk gergajik, dia bisa membuat sendiri sarannya dengan serbuk gergaji tersebut. Namun biarpun begitu, andapun bisa membuatkan sarang untuknya menggunakan kayu ataupun plastik yang di disusun menyerupai gua.

Ini cukup penting, sebab pada siang hari Landak Mini lebih suka berada di sarang dan enggan keluar sekaligus ini untuk tempatnya istirahat. Sedangkan alasan yang lain seperti yang sudah disebut diatas, sebab Landak Mini itu merupakan hewan nocturnal. Sehingga hewan jenis ini cenderung menghindar dari tempat-tempat yang bercahaya yang lebih suka dengan kegelapan.

Simpan kandang Landak Mini di tempat yang mimiliki suhu diantara 21 sampai 27 derajat celcius. Sebab Landak Mini ini habitatnya berada pada suhu yang seperti itu. Jangan lupa untuk senantiasa membersihkan kandangnya setidaknya seminggu satu kali dan gantilah serbuk potongan kayu atapun kertas yang lama dengan yang baru sebab bastinya sudah kotor. Hal ini penting supaya kandang Landak Mini tidak berbau.

2. Makanan Bagi Si Landak Mini

Mengingat Landak Mini itu merupakan hewan yang suka memangsa serangga (insectivore), maka anda bisa memberikan jenis makanan padanya hewan tersebut. Namun ini bukan berarti makanannya hanya serangga. Ada beberapa makanan jenis yang lain yang bisa anda berikan kepada Landak Mini sebagai variasi.

Anda juga bisa memberikan padanya makanan yang kering seperti apa yang diberikan pada Anjing dan Kucing, jadi anda bisa juga memberikan jenis makanan ini pada si Landak Mini kesayangan anda tersebut. Makanan selingan lainnya juga bisa anda berikan seperti Ulat Hongkong, Ulat Jerman dan jenis-jenis serangga lainnya. Sebagai tempat makananya sendiri, pakailah wadah yang berat yang tidak mudah tumpah seperti mangkok ataupun asbak.

Jangan lupa anda juga harus mempersiapkan air minum untuknya yang anda tempatkan di wadah yang sama persis seperti wadah hasmter. Yakni wadah dimana Landak Mini anda bisa menyedotnya dengan mudah. Wadahnya memang dibuat secara khusus, ini bertujuan agar si Landak dengan mudah menyedot air darinya. Hal ini juga bertujuan supaya air minum terhindar dari kaki Landak Mini dari injakannya.

3. Memandikan Landak Mini

Tidak berbeda dengan manusia, Landak Mini juga memerlukan mandi. Jadi, anda harus rutin memandikannya supaya selalu bersih dan sehat. Namun bagaimana sih caranya memandikan Landak Mini? Ternyata cara memandikan binatang mungil ini cukup mudah loh. Anda hanya perlu menyediakan semacam air yang anda tempatkan di dalam wadah seperti baskom dan lain sebagainya.

Di sini anda perlu juga menyediakan sampo dan juga sikat gigi. Untuk samponya sendiri, anda bisa memakai jenis sampo bayi atau juga bisa memakai sabun mandi bayi. Anda jangan khawatir Landak Mini akan tenggam di baskom, karena ternyata Landak Mini tersebut bisa berenang. Jadi, anda hanya perlu mencemplungkannya di dalam air baskom.

Untuk memandikannya, cara pertama yang anda lakukan adalah memasukkannya ke dalam air, kemudian siramlah sabun cair pada daerah punggung dan gosoklah secara perlahan dengan memakai sikat gigi. Pada bagian bawahnya, sebab bagian bawah landak tidak memiliki duri, anda bisa membersihkannya dengan tangan telanjang dan memakai sabun.

Yang terpenting yang perlu anda lakukan disini adalah membersihkan bagian sela-sela perut dan kakinya. Jangan lupa setelah dipakaikan sabun, bilaslah sampai bersih.  Kalau Landak Mini sudah selesai dimandikan, tahap berikutnya tinggal mengeringkannya dengan mamakai handuk yang bersih. Dengan begitu Landak Mini akan tampak lebih segar.


EmoticonEmoticon