3 Cara Yang Biasa Dilakukan Orang-Orang Sukses Dalam Memanfaatkan Waktunya Selama 24 Jam

Anda pasti sudah kenal dengan Banjamin Franklin, dia pernah berkata ‘’You May Delay, But Time Will Not. Itulah salah satu ungkapan yang pernah dia ucapkan dan banyak dipakai oleh orang-orang sukses di seluruh dunia. Salah satu bapak bangsa Amerika tersebut memberikan sebuah gambaran kepada semua orang bahwa waktu itu terus berjalan tanpa henti.


Ya memang benar, kamarin dan hari ini waktu yang kita miliki sama yaitu 24 jam. Mungkin kebanyakan dari kita setiap harinya itu berjalan dengan monoton dan begitu-betigu saja. Rutiniatas kita hanya bangun pagi, pergi ke kantor, lalu setelah sore pulang ke rumah. Di sela-sela seluruh kegiatan anda, apakah anda pernah mempertanyakan pada diri sendiri tentang seluruh pekerjaan anda ‘’apakah sudah tepat atau belum?’’.

Baca Juga :
7 Tips Ini Membantu Pria Modern Meredakan Stres
6 Tanda-Tanda Yang Menunjukkan Bahwa Anda Terlalu Keras Pada Diri Sendiri

Kenal dengan Bill Gates? Setiap hari, sebelum dia memulai harinya, maka terlebih dahulu dia bertanya kepada dirinya sendiri ‘’Kalau besok hari terakhir saya hidup, apakah kegiatan hari ini yang hendak saya lakukan?’’. Kalau anda menjawab ‘’tidak’’ terhadap pertanyaan ini, mungkin anda harus mengganti kebiasaan harian anda. 

Inilah beberapa rutinitas yang bisa anda tiru dari orang-orang yang sudah sukses.

1. Mulailah Sejak Pagi Hari


Anda jangan pernah menyepelekan yang namanya nasehat, seperti ‘’jika bangun siang , maka rejekinya akan dipatuk ayam’’. Jika dicerna secara mendalam maka nasehat tersebut memang ada benarnya juga. Karena semakin pagi anda bangun, maka makin banyak pula yang bisa anda kerjakan sejak dini. 

Benyamin Franklin sendiri setiap melakukan aktivitasnya, maka dia melakukannya sejak jam lima pagi. Kebiasaan ini memang sangatlah dibutuhkan oleh seorang Franklin. Orang-orang sukses lainnya yang melakukan hal serupa seperti Haruki Murakami, Margaret Thatcher dan Robert Iger dan mereka semua adalah seorang early riser. 

Franklin membiasakan sarapan sebelum dia memulai paginya, merenncakan kegiatan satu hari, serta memikirkan beberapa cara penyelesaikan masalah. Sarapan itu bisa memberikan energi secara penuh sehingga orang akan menjadi lebih produktif selama 24 jam ke depannya. Jangan lupa tambahkan juga kegiatan olahraga sebagai bagian dari pagi anda. 

Mantan presiden Amerika Serikat, Barrack Obama di dalam biografinya yaitu Dreams fo My Father menyatakan bahwa dia senantiasa berlari sekurang-kurangnya empat kilometer setiap harinya. Studi lainnya yang memperkuat pernyataan dari mantan orang nomor satu di AS itu yaitu bahwa olahraga seusai bangun tidur dan perut masih dalam keadaan kosong ternyata terbukti lebih cepat untuk membakar lemak, mengencangkan otot-otot, dan juga meningkatkan stamina sepanjang harinya. Jangan lupa untuk menutup hari anda dengan mengevaluasi seluruh hal yang sudah terjadi selama sehari.

2. Disiplin Terhadap Waktu Kerja


Hal yang pertama kali dilakukan menurut pendiri Tumblr, David Karp, yaitu sebelum memulai bekerja adalah membuka e-mail. Dengan begitu, anda bisa tahu apa saja sih yang harus anda selesaikan pada hari itu. Latihlah disiplin anda untuk selalu berkonsentrasi untuk menyelesaikan pekerjaan. Rumuskan terlebih dahulu tujuan yang henda dicapai. Disamping itu, pertimbangkanlah selalu kondisi yang anda perlukan untuk melakukan pekerjaan. 

Fasilitasi diri anda dengan teknologi yang bisa membantu anda bekerja lebih efektif di dalam melaksanakan berbagai kegiatan yang beragam dan profesional. Jika Managing Direktor TechStarsBoston, Katie Rae, selalu memakai alat perekam di dalam menolong pekerjaannya, maka anda pun bisa memanfaatkan smartphone anda untuk selalu memperbarui informasi dan membantu anda memperoleh ide-ide yang inovatif.

3. Beristirahat Secara Seimbang

Menurut hasil riset dari American Psychological Association, kegiatan yang paling tepat untuk bersantai pada malam hari diantaranya adalah membaca, mendengarkan musik, menghabiskan waktu bersama teman-teman dan keluarga, ataupun melakukan hobi yang anda sukai. Anda jangan lupa untuk menutup hari anda dengan mengevaluasi seluruh hal yang telah terjadi selama satu hari. 

Benjamin Franklin selalu menulis jurnal untuk mencatat seluruh kegiatan hariannya. Kalau anda tidak suka menulis, di zaman sekarang anda bisa menemukan gadget fungsional yang memberikan fasilitas pembantu secara mudah. Catatan anda juga bisa menajdi solusi untuk menghadapi masalah di masa yang akan datang. Terakhir, anda harus memastikan pada diri sendiri bahwa anda memiliki waktu tidur yang cukup. 

Salah seorang pakar kesehatan tubuh Shawn Stevenson mengatakan bahwa tidur itu sebaiknya dimulai pukul 10 malam hingga pukul 6 pagi. Artinya disini lama waktu tidur yaitu delapan jam. Pola tidur seperti itu bisa diatur secara fleksibel, namun tetap usahakan untuk tidur sebelum tengah malam dan bangun sepagi mungkin agar energi lebih maksimal. Jangan lupa untuk menjauhkan berbagai distraksi sebelum tidur seperti yang telah dilakukan oleh Sheryl Sanberg, COO Facebook, untuk tidur dengan waktu yang lebih berkualitas. 


  • Kini, mulailah anda untuk memanfaatkan waktu selama 24 jam secara lebih efektif dan efisien. Anda bisa melihat sendiri perbedaannya, hal ini bisa mempengaruhi produktivitas dan kebahagiaan hidup anda. Dengan kualitas hari anda yang lebih baik, maka otomatis tingkat kepuasan hidup anda pun bisa makin bertambah.


EmoticonEmoticon