4 Cara Ini Bisa Anda Terapkan Supaya Mata Tidak Lelah Akibat Terpapar Layar

Terus-menerus bekerja di depan layar komputer akan membuat mata anda kelelahan. Ditambah lagi anda juga pengguna smartphone yang senantiasan menemani anda dimanapun anda berada, sehingga anda sering menengok-nengok biarpun hanya sekedar mengecek statu. Terdapat beberapa ciri yang memberikan bahwa indikasi mata Anda telah terlalu lama terpapar layar peralatan elektronik. 

image by : pixabay

Diantaranya, mata anda merasakan lelah, kaburnya penglihatan, dan anda merasakan sakit kepala. Sindrom ini oleh para ahli dinamakan dengan vision syndrome. Setidaknya terdapat sekitar 60 persen dari warga negara Amerika Serikat telah mengalami sindrom tersebut. Untuk bisa terkena sindrom tersebut tidaklah sulit, dengan memandangi layar selama dua jam tanpa henti, baik itu layar komputer, televisi, smartphone ataupun layar-layar elektronik lainnya.

Baca Juga :
5 Olahraga Ini Juga Baik Bagi Penderita Asma
10 Kebiasaan Yang Bisa Merusak Ginjal

Beruntung telah ada beberapa cara yang bisa ditempuh supaya anda bisa meminimalisir timbulnya ketidaknyamanan yang diakibatkan paparan layar di sepanjang hari. Inilah beberapa tips yang bisa dilakukan sebagaimana yang sudah dihimpun oleh Kompas Tekno pada hari Senin tanggal 17 April 2017 dari Businessinsider.

1. Memperbesar Ukuran Teks

Untuk para pengguna smartphone, alangkah baiknya anda menyetel terlebih dahuluh ukuran dari huruf alias font menjadi lebih besar. Atur juga warnanya dan kontras yang menurut anda paling nyaman. Kenapa harus demikian, pasalnya ukuran huruf kecil akan menjadikan mata anda bekerja dua kali lipat untuk membaca. Hal ini juga akan membuat jarak mata dengan layar terasa lebih dekat sehingga akan menimbulkan sakit di kepala jika dilakukan dalam waktu yang relatif lama.    

2. Berkedip-Kedip

Saat anda terlalu fokus untuk melihat-lihat beberapa hal yang ada di depan layar komputer atau smartphone anda, kita seringkali lupa untuk berkedip. Alhasil, mata anda akan jadi kering sehingga anda akan merasa cepat lelah dan warnanya menjadi kemerahan. Yang dimaksud berkedib disini bukan berarti anda harus mengingat tiap beraka kali anda harus berkedip.

Namun, sebaiknya kedipan mata itu hendaknya dijadikan kebiasaan sehingga anda bisa melakukannya tanpa sadar. Sebenarnya dengan cara menangispun anda sudah bisa membantu mata supaya tidak kering. Kalau anda sedang sedih dan menangis, maka ambilah hikmahnya sebagai salah satu cara untuk menjaga mata anda tetap sehat.

3. Aturlah Kecerahan Layar Perangkat Elektronik Anda   

Gelapnya tampilan layar anda akan mengakibatkan anda kesulitan untuk membaca. Akan tetapi jika terlalu silau, maka hal ini akan menjadikan mata tegang dan sakit kepala, terlebih-lebih kalau anda sudah berada di depan layar selama berjam-jam. Oleh karenanya, aturlah tingkat kecerahan layar disesuaikan dengan paparan sinar yang anda terima di luar layar anda. Kalau cahaya di sekitar ruangan anda terasa gelap, maka jangan anda biarkan layar terlalu silau. Sebaliknya, kalau cahaya di sekitar sangatlah terang, maka anda bisa sedikit meninggikan tingkat kecerahan layar.

4. Anda Bisa Menerapkan Aturan 20-20

Apa maksudnya disini? Maksudnya, setelah bekerja selama 20 menit di depan layar, maka setelah itu ambillah 20 detik untuk beranjak. Dalam hal ini anda bisa mengambil air minum, atau sedikit menggoyangkan badan dan juga kepala ataupun sekedar melihat-lihat di sekitar kelilingnya. Pada intinya, butlah mata anda tetap fokus pada objek lain selain dari layar.

Hal ini akan memantu anda untuk merenggangkan otot-otot mata anda sehingga tidak menjadi tegang. Ulangilah secara terus menerus sebagai ritual 20-20 agar terhindar dari masalah lelah mata. Bagaimana menurut anda? Selamat mencoba.

Sumber : Kompas Tekno


EmoticonEmoticon