5 Olahraga Ini Juga Baik Bagi Penderita Asma

Untuk sebagian orang yang menderita penyakit asma, beraktivitas fisik ataupun berolahraga dapat jadi masalah yang serius karena bisa menyebabkan kekambuhan. Akan tetapi, walaupun setiap individu mempunyai penyakit yang menyebabkan gangguang pada pernapasan ini, ini menunjukkan bahwa mereka tidak diperbolehkan berolahraga sama sekali. Boleh saja anda berolahraga menggunakan cara-cara tertentu yang sesuai dengan anjuran dokter. Oleh karena itu, berikut ini ada beberapa macam dan jenis olahraga yang aman bagi pengidap asma sebagaimana yang telah dikutip dari Health pada Selasa tanggal 3 Maret 2017 lalu.


1. Berjalan Kaki

Menurut hasil studi ditemukan bahwa orang yang sudah dewasa yang memiliki kebiasaan jalan kaki tiga kali seminggu selama 12 mingguan, bisa menaikkan dan mengontrol kebugaran tubuh tanpa khawatir mengalami kambuh asma. Seorang bernama Lisa M. Schwiebert PhD, si profesor asosiat di bidang biologi sel, pengembangan, dan integratif dari University of Alabama Birmingham pernah mengatakan bahwa berjalan kaki itu adalah salah satu latihan paling baik untuk meningkatkan kesehatan tubuh bagi penderita asma. Dokter internis yang berasal dari Scott & White Healthcare di Round Rock, Texas bernama Lianne Marks MD menyarankan untuk mengawali jalan kaki menggunakan pemanasan ringan, kemudian berjalan kaki selama kurang lebih 30 menit diakhiri dengan pendinginan.

Baca Juga :
Tidak Usah Menghitung Kalori, Karena 7 Tips Ini Bisa Menurunkan Berat Badan Anda
4 Tips Untuk Atasi Rasa Cemas Yang Berlebih 

2. Yoga   

Inilah aktivitas yang sangat direkomendasikan oleh para ahli kepada penderita asma. Sebab di dalam yoga itu terdapat latihan pernapasan yang bermanfaat untuk mengaktifkan seluruh paru-paru. Sebuah studi telah menemukan, orang yang menderita asma yang berlatih Hatha Yoga selama kurang lebih dua setengah jam per minggu dan dilakukan konsisten selama sepuluh minggu, maka dapat mengurangi ketergantungan terhadap obat-obatan asma yang selama ini dikonsumsi.

3. Bisbol

Seorang ahli alergi dari Indiana bernama Mark Holbreich, MD, mengatakan bahwa bisbol merupakan salah satu olahraga yang aman bagi para penderita penyakit asma. Seorang penderita asma secara otomatis akan terlatih pernapasannya jika melakukan gerakan lari pada olahraga bisbol. Bahkan ada sebuah studi lagi yang pernah menemukan bahwa sebanyak 75 persen anak-anak dengan asma yang rutin berlatih bisbol, maka dia tidak akan lagi memerlukan inhaler.

4. Golf   

Olahraga yang dianggap salah satu yang paling mewah ini ternyata cukup bermanfaat bagi penderita asma. Mark menuturkan bahwa gerakan mengayunkan tangan dan perjalanan ke track golf adalah sebuah gerakan yang bisa membantu mengurangi gejala asma.

5. Renang

Gerakan fisik yang dilakukan di air ini jadi salah satu pilihan yang sangat ideal bagi individu yang mengalami asma. Menurut Holbreich, gerakan-gerakan dan teknik pernapasan pada waktu berenang bisa melonggarkan lendir yang mengumpul pada paru-paru.


EmoticonEmoticon