6 Hal Ini Yang Jadi Sebab Kenapa Anda Merasa Lesu

Banyak yang belum tahu secara pasti tentang apa yang jadi penyebab badan terasa lemas dan selalu lesu. Dari hasil diagnosis sementara, banyak yang menyangka bahwa penyebabnya adalah kurangnya tidur dan terlalu banyaknya aktivitas yang dilakukan. Memang benar juga sih bahwa kurang tidur bisa menjadikan badan lemas, namun ternyata banyak hal lain yang juga mempengaruhinya. Lalu kira-kira apa sajakah itu?

 Image by : pixabay.com

Simaklah penjelasan di bawah ini supaya anda lebih jelas tentang sebab-sebab kenapa badan lemas.

1. Kurang Tidur

Kurang tidur bisa jadi salah satu sebab kenapa badan terasa lemas dan kelelahan yang umum. Tubuh yang terus-terusan terjaga dalam waktu 20 jam setiap hari, akan rentan terhadap kelelahan yang ekstrim kalau dilakukan lebih dari 7 hari. Sebaiknya anda tidur atau istirahat sekurang-kurangnya 6 hingga 7 jam setiap hari. Anda juga harus memastikan tidur di kasur yang nyaman dan harus bisa mengatur pola jam tidur anda supaya lebih teratur. Hindarilah memakai ponsel, lapotop, serta menonton televisi sebelum beranjak tidur, agar memperoleh kualitas tidur yang baik dan juga cukup.

Baca Juga :
6 Ramuan Ini Bisa Menambah Nafsu Makan Anda
6 Makanan dan Minuman Ini Bikin Gigi Anda Jadi Kuning 

2. Sleep Apnea

Sleep Apnea merupakan sebuah gangguan tidur yang jadi salah satu penyebab badan merasakan lemas. Gejala gangguan tidur ini dialami bersamaan dengan kondisi tubuh berhenti bernapas dalam sesaat di waktu tidur. Namun kebanyakan orang tidak menyadari akan hal ini, namun bisa menyebabkan dengkuran yang keras dan pada akhirnya badan akan terasa sangat capek pada siang hari. Sleep anea ini juga dapat diakibatkan oleh berat badan yang berlebihan, merokok, dan sering minum alkohol.

3. Kurang Makan Makanan Yang Bergizi

Pada dasarnya, apapun yang anda makan bisa berpengaruh pada seberapa banyak energi yang mampu anda keluarkan. Pasalnya, orang yang kurang makan dan kurang gizi bisa menjadi salah satu sebab kenapa badan lemah dan letih. Terlebih-lebih kalau makanan yang anda makan menganudng zat gula yang terlalu tinggi. Gula darah bisa melonjak dengan seketika dan menurun dalam waktu yang relatif singkat. Setelah anda memakannya, dijami anda pun akan merasa ngantuk, lelah dan juga lemas. Sebaiknya anda melakukan diet yang seimbang, lengkap dengan sayuran, buah-buahan, protein dan makanan kaya serat. Hai itu memiliki tujuan untuk menghindari kondisi tubuh supaya tidak mudah lemas.

4. Anemia

Anemia diakibatkan oleh kurangnya zat besi. Ini adalah salah satu sebab kenapa badan terasa lemas bagi kebanyakan kaum wanita. Kenapa bisa demikian? Zat besi dan sel darah merah adalah salah satu unsur yang penting untuk membawa oksigen ke seluruh bagian tubuh. Nah, bila anda kekurangan zat besi, maka tubuh akan kesulitan mendapat oksigen untuk diolah jadi energi. Kondisi seperti ini seringkali terjadi kepada para wanita yang sedang mengalami masa mestruasi ataupun kehamilan. Tidak jarang banyak kaum wanita yang mengidap anemia. Jika anda menderita anemia, maka tidak ada salahnya mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi. Anda dapat memperolehnya dari sumber makanan seperti daging, kentang, kacang-kacangan, dan juga beras merah. Cobalah berkonsultasi dengan dokter agar anda mendapatkan asupan suplemen zat besi di dalam dosis yang tepat.

5. Terlalu Banyak Mengonsumsi Kafein

Kebanyakan orang mengira bahwa mengonsumsi kafein bisa menambah energi dan tubuhpun jadi lebih bugar sesudahnya. Sayangnya, anggapan ini sebenarnya tidaklah sepenuhnya benar. Kafein yang terlalu banyak dikonsumsi oleh tubuh, maka akan rentan menjadikan badan lemas setelah efek dari kafein memudar. Disamping itu, orang yang mengonsumsi kafein akan gelisah, insomnia dan tekanan darah jadi tinggi.

6. Hipotiroidisme

Tiroid merupakan kelenjar yang bertugas mengatur metabolisme dalam tubuh, agar bisa merubah gizi yang masuk jadi energi. Kelenjar tiroid yang keberadaannya kurang aktif (hiptiroidisme), bisa mengakibatkan badan mudah lemas, depresi, dan penambahan berat badan secara berkala. Untuk pengobatan hipotiroidisme ini, anda dapat melakukan tes darah untuk memperoleh hasil yang pasti.


EmoticonEmoticon