6 Makanan Ini Harus Anda Hindari Jika Anda Tidak Mau Kolesterol Anda Tinggi

Bukan suatu rahasia lagi kalau tingginya tingkat kolesterol adalah salah satu sebab paling utama timbulnya penyakit jantung. Oleh karena itu, supaya jantung tetap dalam keadaan sehat, kita perlu lebih bijak di saat mengonsumsi makanan yang menyebabkan kolesterol tinggi. Tapi untungnya, dalam rangka upaya menurunkan kolesterol dengan cara yang alami, anda tidak perlu menghindari makanan pemicunya sama sekali. Kenyataannya, ada beberapa makanan yang mengandung kolesterol namun tetap bisa dikonsumsi tiap hari. Menjaga gaya hidup yang sehat seperti mengonsumsi makanan yang sehat dan tidak mengandung lemak jenuh dan melakukan olahraga secara teratur merupakan langkah-langkah pencegahan yang harus dilakukan supaya kolesterol di dalam tubuh tetap seimbang. Beberapa makanan di bawah ini merupakan daftar jenis makanan yang memiliki tingkat kolesterol tinggi dan tidak dianjurkan dikonsumsi secara berlebih atau lebih baik dihindari bagi anda yang mempunyai kadar kolesterol LDL yang tinggi.

 Image by : pixabay.com

Nah, berikut inilah daftar makanan yang menyebabkan kolesterol yang tinggi, antara lain :

1. Gorengan

Makanan yang cara pengolannya digoreng, bisa mengandung kolesterol yang cukup tinggi. Hal ini bisa terjadi bila di dalam proses menggorengnya memakai minyak yang sudah berulang kali digunakan atau menggunakan minyak yang sangat panas. Proses menggoreng menggunakan minyak tadi akan berdampak pada meningkatnya kadar kolesterol pada diri seseorang. Bila minyak goreng makin sering dipakai, maka asam lemak jenuhnya juga semakin bertambah banyak. Berdasarkan informasi dari detikHealth, sepotong gorengan itu juga dapat menambah kadar low density lipopretein (LDL) diakibatkan oleh kandungan lemak trans dan juga lemak jenuh yang terkandung di dalamnya. Kolesterol jahat atau LDL ini juga gampang menempel di dinding pembuluh darah yang dapat menaikkan resiko seseorang untuk terkena penyakit stroke atau kardiovaskular.

Baca Juga :
4 Makanan Ini Mampu Mengatasi Masalah Pencernaan Anda
Hidup Sudah Sehat, Tapi Kok Masih Gampang Sakit Ya? 

2. Otak Sapi

Di dalam 10 gram otak sapi terkandung kolesterol yang bisa mencapai 2.500 mg. Oleh sebab itu hal ini haruslah anda perhatikan, apalagi untuk anda-anda yang menyukai makanan-makanan hewani yang mempunyai kandungan lemak yang cukup tinggi semisal otak sapi. Walaupun belum pernah ada batasan yang pasti mengenai mengonsumsi otak sapi tiap harinya. Oleh sebab itu, lebih baik mulai mengurangi bermacam makanan yang sumbernya berasal dari makanan hewani yang mengandung lemak jenuh tinggi. Mulai kini, tingkatkan asupan makanan yang lebih sehat seperti sayuran, ikan, dan jenis-jenis makanan sehat yang lainnya.

3. Kuning Telur

Kuning telur disinyalir mempunyai kandungan kolesterol yang cukup tinggi kalau dibandingkan dengan makanan yang lain. Di dalam 100 gram kuning telur setidaknya terdapat kandungan kolesterol sekitar 1200 miligram. Jumlah tersebut sekitar 400 persen lebih kalau dibandingkan dengan kolesterol yang diperlukan tiap harinya. Oleh karena itu, kalau pada pagi hari anda terbiasa mengonsumsi kuning telur, maka sebaiknya sesudahnya sebaiknya anda menghindari makanan lainnya yang berkolesterol tinggi.

4. Makanan Cepat Saji

Kandungan kolesterol yang terdapat pada makanan cepat saji mempunyai tingkat yang cukup tinggi. Misalkan biskuit, telur dan juga keripik sekurang-kurangnya mempunyai kandungan kolesterol sebesar 172 mg per tiap 100 mg nya. Disamping itu di dalam satu biskuit terkandung kolesterol sebesar 246 mg. Pada makanan cepat saji pada umumnya, ada kandungan minya jenuh yang membuatnya tinggi akan kolesterol. Lemak jenuh ini merupakan hasil dari penambahan hidrogen yang terdapat pada minyak sayur yang umumnya dimanfaatkan untuk menggoreng makanan cepat saji.

5. Daging Hasil Proses Atau Daging Yang Berlemak

Walaupun makanan mengakibatkan kolesterol ini masih diperbolehkan untuk dikonsumsi dalam jumlah yang tidak berlebih, tapi daging beku ataupun hasil proses seperti sosis, bacon sampai salami ternyata bisa meningkatkan resiko terkena penyakit jantung. Jadi disarankan agar anda tetap membatasi konsumsinya, sekalipun apabila kemasannya menyertakan embel-embel ‘’tanpa lemak’’ atau jenis-jenis lainnya. Selain itu, daging hasil proses umumnya juga tinggi akan sodium sehingga bisa membuat tekanan darah meningkat. Anda pun sebaiknya juga menghindari makanan-makanan yang menyebabkan kolesterol tinggi lain seperti makanan jeroan.

6. Es Krim

Ternyata es krim itu adalah salah satu makanan yang berkolesterol tinggi. Diketahui bahwasanya dalam segelas es krim itu terkandung lemak yang cukup banyak bila dibandingkan dengan humberger dan mengandung kolesterol tinggi bila dibandingkan dengan 10 donat. Oleh karena itu, kalau anda mengonsumsi es krim, anda wajib menghindari makanan yang lain khususnya yang mengandung kolesterol yang tinggi. Dianjurkan juga untuk mengonsumsi makanan seperti buah-buahan yang masih segar dan bermacam makanan sehat lain. Dengan mengonsumsi buah-buahan, maka itu sangat baik bagi kesehatan tubuh karena didalamnya terkandung serat dan vitamin.

Nah, itulah tadi beberapa makanan yang mempunyai tingkat kolesterol yang tinggi. Kalau anda mengonsumsi makanan berikut secara berlebih, tentunya bisa meningkatkan resiko terserang penyakit jantung. Konsumsilah makanan yang sewajarnya, agar tubuh anda tetap sehat dan ini akan menghindarkan anda dari bahaya penyakit.



Sumber : Hipwee.Com


EmoticonEmoticon