Wisata Yang Indah di Belitung

Alam memang senantiasa menyajikan sejuta pesonanya. Makanya di Belitung, wisata alam menjadi urutan pertama daftar kunjungan wajib wisatawan. Dan yang paling banyak dibicarakan disini adalah hamparan pulau yang menghiasi kabupaten ini. Katanya sih setiap pulau itu memiliki keunikan dan keindahan masing-masing.

Image : flickr.com

Enam tahun silam masyarakat banyak yang tidak mengenal Pulau Belitung dan masih jauh dari tujuan wisata para pelancong. Namun sejak kemunculan film laskar pelangi di tahun 2008 silam, ketenaran Pulau Belitung seakan mencuat dan mampu menarik pelancon untuk berkunjung ke Pulau Belitung.

Baca Juga :
Keindahan Danau Satonda di Dompu Nusa Tenggara Timur
Menikmati Indahnya Jurang Tembelan Yang Menawan di Yogyakarta

Hamparan pesona batu granit yang seakan tertata rapi menjadi daya tarik pulau eksotis yang berada di utara Kabupaten Belitung ini. Bahkan keindahan Pulau Kepayang, Pulau Pasir, Pulau Burung, Pulau Batu Berlayar serta Pulau Lengkuas yang berada di sekitarnya mampu menghipnotis tiap mata yang memandang.

Tak sulit untuk menikmati keindahan yang ditawarkan di gugusan pulau nan indah ini. Dengan merogoh kocek sekitar Rp. 500.000 sebuah perahu akan menghantar berkeliling menikmati pesona pulau yang terhampar dengan pasir putihnya. Dan dalam waktu 15 menit, perjalanpun sampai di Pulau Kepayang.

Pulau Kepayang menjadi destinasi wajib untuk dikunjungi. Selain hamparan pasir putih dan batu granit yang membentang, Pulau Kepayang juga menjadi daerah konservasi Penyu langka. Di tempat konservasi Penyu langka, anda nanti akan bertemu dengan Kordinator Kelompok Peduli Lingkungan Belitung bernama Pak Budi.

Disana anda bisa bertanya langsung kepada beliau tentang apakah ada telur penyu yang bisa dipindahkan dari pantai. Jika pak budi bilang ada, maka otomatis anda akan diajak olehnya untuk memeriksa langsung di pantai agar bisa memastikan. Bagi anda yang penasaran ingin melepaskan sendiri penyu yang ada di penangkaran, maka anda akan dikenakan biaya Rp. 50.000 per ekor Penyu.

Sehingga jika seandainya anda mengambil tiga ekor penyu, maka otomatis anda harus membayar sebesar Rp. 150.000. Nah, setelah penyu sudah anda dapatkan maka menurut Pak Budi anda sudah menjadi orang tua angkat dari penyu-penyu tersebut.

Setelah puas menikmati pemandangan, masuk ke konservasi dan diakhiri dengan melepaskan penyu di Pulau Kepayang maka anda pun bisa melanjutkan perjalanan menuju ke Pulau Lengkuas. Disana anda bisa memancing bersama dengan warga sekitar sambil menikmati keindahan bawah laut.

Setelah puas memancing anda pun bisa menepi ke Pulau Lengkuas yang terdapat bangunan Mercusuar tertua berusia 132 tahun dengan tinggi 70 meter. Setelah cukup mengagumi keindahan Pulau dan juga menikmati hasil tangkapan ikan. Biasanya masyarakat setempat saat membakar ikan, maka mereka menggunakan daun sehingga rasanya lebih dapat dan aromanya juga lebih segar.




Sumber : Jalan Pagi Trans7


EmoticonEmoticon