Segarnya Soto Ayam "Bok Ijo" Kediri

Kota Kediri tidak hanya terkenal dengan Tahu Kuningnya saja ataupun Getuk Pisang, kali ini kita akan berkunjung ke salah satu sentra kuliner terkenal di Kota Kediri, yaitu Soto Bok Ijo. Konon soto ini sudah berdiri sejak tahun 1969, anda penasaran dengan rasanya? Mari kita cari tahu tentang Soto ini. Soto Ayam Bok Ijo atau sering disebut dengan Soto Ayam Tamanan ini sudah berdiri sejak tahun 1969.

Image : LiburMulu.com

Awal mula dinamakan Soto Bok Ijo karena dulunya sang pedagang berjualan di sekitar jembatan yang pembatas jembatannya berwarna hijau. Namun lambat laun saat ini kuliner Soto Bok Iju juga akrab dengan nama Soto Tamanan. Hal ini dikarenakan lokasinya telah beralih fungsi menjadi Terminal Tamanan Kota Kediri.

Baca Juga :
Soto Bokoran Berdiri Sejak Tahun 1948
Soto Ayam Ambengan Surabaya

Yang berbeda dengan Soto Ayam lainnya, Soto Ayam Bok Ijo ini disajikan dengan kuah kental bersantan. Untuk variasi isi soto sendiri berisi irisan ayam serta tambahan irisan kubis dan kecambah yang disajikan dalam mangkuk terpisah. Menurut penjelasan sang penjual bernama Agil “Asal mulanya, mungkin sebelum ini menjadi terminal, dulu bapak kan berada disini yang awalnya persawahan dan bapak berjualan di depan. Dan dulu ada suatu tempat duduk yang berwarna hijau, dan itulah mungkin menjadi awal mulanya dinamakan Soto Bok Ijo”.

Untuk menikmati satu porsi Soto Ayam Bok Ijo, pengunjung hanya cukup merogoh kocek sebesar Rp. 6.000 saja. Rasa yang nikmat serta harga terjangkau membuat Soto Bok Ijo ini menjadi destinasi tersendiri bagi pecinta kuliner. Tak hanya warga Kediri saja, Soto Ayam Bok Ijo ini juga diminati para pengunjung dari luar kota. Menurut salah satu pengunjung bernama Sunari “Disini sudah langganan dan saya sering kesini. Rasanya enak, terus keluarga saja sering kesini dan favorit saya disini”.

Pengunjung lainnya bernama Afifah juga menuturkan “Rasanya enak sih, rasanya itu beda, seger terus ada ayam bakarnya yang bikin ciri khas di warung sini dan saya ingin suatu saat mencoba lagi kesini”. Sementara itu untuk menambah nikmatnya menyantap soto, disini pembeli juga bisa memesan Ayam Kampung Bakar. Ayam bakar ini dihidangkan dengan paduan siraman bumbu kaldu kental kuah soto serta sambal kecap sebagai penikmat rasa.

Melegendanya Soto Ayam Bok Ijo atau Tamanan ini menjadi mata pencaharian sendiri bagi sejumlah warga Kediri. Selain di sentral Soto Bok Ijo Teriminal Tamanan, Soto Ayam khas Kediri ini dapat dengan mudah dijumpai hampir di setiap jalanan Kota Kediri. Jika anda melancong ke Kota Kediri, tentu tak ada salahnya menikmati kuliner Soto Bok Ijo ini yang legendaris.



Sumber : Kompas TV Kediri





EmoticonEmoticon