Inilah 8 Situs Warisan Dunia UNESCO yang Harus Dikunjungi

Assalamu’alaikum. Halo sahabat sekalian. Apa kabarnya kalian hari ini? Tentunya baik-baik saja bukan? Semoga anda senantiasa diberikan kesehatan, rizky melimpah dan panjang umur ya. Baiklah, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi artikel yang berjudul “Inilah 8 Situs Warisan Dunia UNESCO yang Harus Dikunjungi”. 


UNESCO sebagai organisasi Pendidikan, Keilmuan dan Kebudayaan PBB baru-baru ini telah merilis sebanyak 21 situs warisan budaya terbaru. Dimana sejumlah situs warisan tersebut diketahui mempunyai keindahan dan nilai sejarah yang sangat tinggi. Dari ke-21 situs tersebut, ada 8 situs yang dimasukkan UNESCO ke dalam list perjalanan anda.

Baca Juga :
Sejarah Asal Mula Jalan Malioboro di Yogyakarta
Sejarah Tugu Jogja Yang Menjadi Landmark Kota Jogjakarta 

Nah, 8 Situs Warisan Dunia UNESCO yang Wajib Dikunjungi, antara lain :

1. China – Hubei Shennogjia


Letak dari Hubei Shennogjia berada di Provinsi Hubei. Lokasi ini merupakan salah satu hutan kuno paling besar di negeri tirai bambu – Tiongkok. Inilah hutan lebat yang telah menjadi tempat penting untuk pengembangan penelitian botani dan rumah untuk sejumlah satwa liar yang terancam kepunahan. Hewan-hewan yang hampir punah tersebut antara lain macan tutul, si monyet hidup pesek dan beruang hitam.

2. India – Khangchendzonga National Park

Di India, Khangchendzonga National Park adalah tempat yang disucikan oleh masyarakat adat Sikkim. Letaknya berada di area gunung Khangchendzonga yang merupakan gunung tertinggi ketiga di dunia. Di wilayah taman nasional yang luas areanya mencakup area lembah, gletser, danau dan hutan kuno.

3. Brasil - Pampulha Modern Ensemble

Situs warisan dunia satu ini dibangun pada tahun 1940. lokasi pembuatannya berada di Belo Horizonte di sekitar danau buatan. Inilah situs yang merupakan pusat rekreasi dan budaya. perancangnya adalah Oscar Niemeyer yang merupakan arsitek terkenal dan legendaris dari Brasil. Disini anda juga bisa menikmati dan menjelajahi Hutan dan Sungai Amazon.

4. Kanada - Mistaken Point

Di mistaken point anda bisa melakukan sesuatu yang berbeda. Di sebelah tenggara pantai Newfoundland terdapat jajaran tebing yang panjangnya mencapai 17 kilometer. Disanalah anda bisa menemukan beberapa fosul laut paling tua di dunia. Fosil-fosil tersebut diduga telah terbentuk sedemikian rupa sejak 560 juta tahun yang lalu. Namun jika anda kesana jangan lupa untuk mampir ke kota kecilnya. Anda bisa menjelajahi daerah perkotaan kecil disana. Desain bangunannya unik dan berwarna warni.

5. Kanada – Kepulauan Revillagigedo

Letak Kepulauan Revillagigedo terletak di kepulauan yang terpencil di Samudera Pasifik bagian timur. Kepulauan tersebut merupakan bagian dari sebuah pegunungan terendam. Pulau-pulau yang terdapat di dalamnya berjumlah empat buah pulau yaitu Socorro, San Benedicto, Clarion dan Roca Partida. Keempat wilayah tersebut merupakan tempat berkembang biaknya burung laut yang jumlahnya mencapai ribuan ekor.

6. Antiqua dan Barbuda – Pelabuhan Antiqua

Sejak zaman dahlu para pelaut, pedagang dan juga wisatawan Eropa sering terjadi pertemuan di pelabuhan ini. Salah satu bukitnya yang tinggi bisa digunakan sebagai tempat untuk menikmati panorama indahnya teluk yang sempit dan juga dalam. Tempat ini sangat cocok bagi anda yang hobi berenang, diving ataupun bersantai. Karena memang pulau ini merupakan pulau yang sudah sangat terkenal keindahannya.

7. Iran – The Persian Qanat

Di salah satu negara timur tengah yaitu Iran, terdapat sebuah sistem irigasi bawah tanah kuno atau yang biasa disebut dengan Qanat. Sistem irigasi tersebut panjang dan difungsikan untuk menjaga aliran distribusi air di seluruh penjuru kota. Nah, sistim irigasi inilah yang kemudian disebut The Persian Qanat.    

8. Turki – Eruntuhan Kota Ani

Eruntuhan Kota Ani merupakan kota yang letaknya berada di lintas perdagangan dunia pada 1.500 tahun lalu. Letaknya beradai di sungai Akhurian, disisi yang lain berada di pegunungan berbahaya. Bagi warga Turki, situs ini merupakan salah satu kebanggaan bagi mereka.

Sekian Artikel dari saya yang berjudul “Inilah 8 Situs Warisan Dunia UNESCO yang Harus Dikunjungi”. Semoga bisa menambah wawasan pengetahuan kita bersama. Terima kasih telah berkunjung ke blog saya yang sederhana ini. Sampai bertemu lagi pada artikel-artikel berikutnya yang lebih menarik. Wassalamu’alaikum.


EmoticonEmoticon