Susah Konsentrasi Disaat Pekerjaan Menumpuk, apa penyebabnya?

Diantara kita mungkin ada yang pernah merasakan gagal fokus dan konsentrasi. Yang lebih menyedihkan lagi, hal itu terjadi disaat kita sudah memiliki tekad kuat untuk merampungkan pekerjaan yang sedang menumpuk. Padahal pada saat itu tidak ada gangguan apa-apa dari lingkungan sekitar, dan suasana dikantorpun kondusif seperti biasa. Lalu apa yang salah dengan hal ini? Dari penjelasan tersebut, berarti faktor luar tidak ada masalah dong. Lalu sebenarnya apa sih yang mengganggu konsentrasi tersebut? Apa ada yang salah? Sebaiknya anda menelaah lagi belakangan ini apa yang anda terapkan dalam kehidupan anda. 


Menurut analisa yang dilansir oleh situs Sonima, setidaknya terdapat 4 hal yang jadi penyebab konsentrasi anda bisa terganggu disaat anda sedang giat-giatnya menyelesaikan pekerjaan. Yaitu : 

1. Anda Mengalam Alergi Musiman

 Saat anda sudah mempersiapkan segala sesuatunya untuk anda kerjakan seperti meja kerja, komputer dan segala macam perlengkapannya, bukankah sangat menyebalkan jika saat itu pula anda mengalami pilek. Berulang kali anda harus mengelap hidung anda dengan tissue karena keluarnya cairan dari hidung anda disaat musim dingin. Bisa jadi tingkat intensitas bersin anda semakin meningkat saat angin berhembus kencang akhir-akhir ini. Debu yang bercambur dalam angin tersebut terhirup oleh anda sehingga anda lebih sering bersin. Perubahan cuaca terutama saat pancaroba akan membuat anda rentan terhadap gangguan pilek, gatal-gatal, bersin dan sesak nafas. Saat seperti ini maka anda harus mampu meminimalisir masuknya debu ke ruangan kerja anda. Kondisikan tubuh anda didalam ruangan yang bersuhu agak hangat.

Baca Juga :
Inilah 10 Perusahaan Yang Paling Diincar dan Diinginkan Oleh Lulusan Baru
5 Solusi Agar Gaji Tidak Cuma Numpang Lewat 

2. Anda Alergi Terhadap Makanan

Kita semua tahu bahwa makanan merupakan sumber energi yang akan menunjang kita untuk bisa beraktivitas. Apa akibatnya bila tubuh anda ekurangan makanan, maka tentu saja anda akan kehilangan semangat kerja. Namun sayang, tidak sembarang makanan yang boleh kita makan. Sebab, ada makanan-makanan tertentu yang justru akan membuat anda tidak akan bisa berkonsentrasi saat bekerja. Contohnya, ada beberapa orang yang langsung merasa perut kembung beberapa menit setelah minum susu. Kenapa demikian? Mungkin anda memang alergi terhadap susu. Sehingga sudah saatnya anda menyeleksi jenis-jenis makanan yang akan anda makan atau minum. Sebab jika tidak maka anda akan merasakan tidak nyaman pada tubuh anda disebabkan salah makan atau minum tersebut. Dan inilah yang akan menyebabkan konsentrasi anda akan buyar dan kinerja anda tidak akan maksimal.

3. Anda Tidak Tidur Dengan Nyenyak

Menurut rekomendasi yang disarankan  oleh para ahli kesehatan adalah 7 sampai 8 jam setiap harinya.
Namun, apakah waktu tersebut bisa menjamin bahwa tidur dan istirahat anda bisa berkualitas? Bagaimana cara membedakan tidur yang berkualitas, gampang kok. Orang tidurnya tidak berkualitas adalah orang yang saat tidur seringkali terbangun ditengah tidurnya. Itulah contoh tidur yang tidak berkualitas dan dikategorikan tidur yang tidak nyenyak. Memori anda akan kuat didalam mengolah berbagai informasi yang didapatkan jika anda memiliki kualitas tidur yang baik dan nyenyak. Seperti yang sudah-sudah, tidur yang tidak nyeyak bisa menganggu fungsi dari otak, sehingga dia tidak bisa beraktivitas secara maksimal keesokan harinya.

4. Anda Merasa Cemas dan Anda Sendiri Tidak Tahu Apa Penyebabnya


Apakah anda pernah mengalami kejadian aneh seperti membaca buku yang tidak berpindah-pindah dari halaman satu ke halaman yang lain? Anda seakan terpaku pada kalimat itu-itu saja namun pikiran anda tidak bisa masuk ke dalamnya. Atau mungkin anda pernah berbincang dengan seseorang, anda memandangi wajahnya namun pikiran anda melayang kemana – mana bahkan cenderung melamunkan hal lain yang tidak ada di depan mata anda. Jika hal ini pernah anda alami, maka bisa dikatakan bahwa anda terlalu banyak hal yang membebani pikiran anda dan ini bisa membuat anda berubah menjadi cemas bahkan parahnya lagi anda bisa depresi. Di pikiran dan otak anda terlalu banyak beban, sehingga daya konsentrasi anda menjadi melemah dengan sendirinya.

Jadi, mungkin 4 hal diatas atau salah satu darinya yang menyebabkan anda sudah untuk berkonsentrasi. Oleh karena itu anda harus segera memecahkan dan mencari solusi terbaiknya, sebab kalau tidak nanti pekerjaan anda akan terbengkalai dan tidak terurus karena anda tidak sigap dalam menyelesaikannya.


EmoticonEmoticon