3 dari 5 Hotel Terbesar Di Dunia Terdapat Di Jazirah Arab

Di dalam industri perhotelan global, proyek baru dianggap sudah biasa. Begitu juga dengan fluktuasi pasar yang indikasinya bisa dilihat dari naik turunnya tingkat permintaan, pendapatan, maupun pasokan. Akan tetapi, apabila terdapat pengembangan sebuah hotel dalam jumlah yang luar biasa, misalkan jumlah kamarnya mencapai 5.000 kamar di dalam satu proyek, maka hal tersebut bisa dibilang istimewa bahkan luar biasa. Tophotelprojects menyebutkan suatu hasil riset, bahwa ada lima pengembangan hotel yang jumlah kamarnya paling banyak di dunia.


Yang menarik disini, setidaknya ada tiga proyek-proyek dengan skala mega ini lokasinya berada di Jazirah Arab. Mereka adalah Holiday Inn Makkah Abraaj Al Tayseer di Kota Mekkah Saudi Arabia, Bawadi Project di Kota Dubai Uni Emirat Arab dan Abraj Kudai Towers di Kota Mekkah Saudi Arabia. Tidak tanggung-tanggung, ternyata setiap proyek ini bisa mencakup kamar sampai ribuan dengan berbagai fasilitas yang sangat mewah yang didambakan para pelancong bisnis maupun religi.

Baca Juga :
Berkunjung Ke-5 Negara Ini, Anda Bisa Berwisata Beruang Kutub
Inilah 8 Situs Warisan Dunia UNESCO yang Harus Dikunjungi 

Inilah kelima proyek hotel terbesar di dunia tersebut, antara lain :

1. Abraj Kudai Towers


Dengan lahan yang luas sekitar 6 hektar, fasilitas untuk menginap ini letaknya berada di jantung kota mekkah. Sampai kini Abraj Kudai Towers adalahmega proyek paling besar yang jumlah kamarnya mencapai 10.000. Luas bangunan yang dikembangkan totalnya 1,4 juta meter persegi yang mencakup menara sebanyak 12 buah. Berbagai fasilitas yang disediakan antara lain pusat perbelanjaan, food court, restoran, pusat konvensi, stasiun bu, dan taman parkir.

2. Aquis Great Barrier Reef Resort

Jumlah kamar yang ditawarkan oleh hotel ini sencapai 7.500 kamar di dalam 8 bangunan yang desainnya dibuat sangat mewah. Proyek hotel kelas atas ini menjadi kebanggaan warga Australia, karena hotel ini betul-betul sangat istimewa. Terdapat fasilitas tambahan di sekitar hotel ini yang berupa pulau buatan, danau buatan, kasino, teater, akuarium raksasa, pusat konvensi dan lapangan golf 18 lubang.

3. Bawadi Project

Di ini menawarkan jumlah kamar mencapai 6.000 unit. Letak dari hotel ini berada di kawasan pertenakan kota paling besar kedua di negara Uni Emirat Arab yaitu Dubai. Desain dari Bawadi Project diprediksi akan menjadi rantai terpanjang dari hotel-hotel mewah yang ada di dunia. Dan merupakan terbesar pada bentangan 10 kilometer serta mencakup bangunan yang jumlahnya 51 unit.

4. Holiday Inn Makkah Abraaj Al Tayseer

Walaupun tidak semala Dubrovnik Pearl Hotel, tapi jumlah kamarnya lebih banyak yaitu 5.154 kamar. Terletak di Kota Mekkah, Holiday Inn sudah mencakup lima buah menara yang dikembangkan di wilayah akomodasi haji Abraaj Al Tayseer. Para tamu dan juga jemaah haji hanya perlu berjalan kaki sejauh 900 meter saja untuk bisa sampai hotel ini dari Masjidil Haram. Konstruksinya dikerjalanan secara bertahap, dimulai dengan tahap ke 1 dengan jumlah kamar sebanyak 1.642 unit. Sementara itu, sejumlah kamar 3.512 kamar yang lainnya akan tersebar di tiga menara berikutnya yang akan dibuka selama bulan suci Ramadhan, serta ibadah haji pada tahun 2018.

5. Dubrovnik Pearl

Nah, inilah yang disebut-sebut sebagai hotel termewah di seluruh dunia. Dibandingkan dengan empat pesaing utamanya yang sudah disebutkan diatas, Dubrovnik Pearl menampilkan jumlah kamar mencapai 5.000 unit di dalam tujuh buah menara. Dubrovnik Hotel adalah mega proyek konstruksi tahap pertama Kroasia Dream Project. Bukan cuma hotel, Kroasia Dream Project ini juga berisikan sekitar 400 marina megah yang difungsikan sebagai tempat bersandar kapal-kapal mewah kelas atas. Lalu lapangan golf 27 lubang, kondominium, vila pribadi, galeri seni, 85 butik kelas atas, museum, kedai kopi, restoran, diskotik, arena multifungsi, arboretum, arena olahraga, dan promenadi di tepi laut yang luasnya mencapai enam kilometer. Selanjutnya taman teknologi, kebun lavender, kebun zaitun, kebun anggur, taman lingkungan, dan studio film.


EmoticonEmoticon