5 Saran Merawat Ayam Bangkok Bagi Anda Para Pemula

Ada 2 jenis yang harus anda ketahui dalam perawatan ayam bangkok. Pertama perawatan rutin dan kedua perawatan berkala. Perawatan rutin adalah perawatan yang dikerjakan setiap hari, sedangkan perawatan berkala merupakan perawatan yang pengerjaanya memiliki tujuan tertentu. Contoh dari perawatan berkala seperti saat anda hendak mempersiapkan fisik Ayam Bangkok anda untuk berlaga ataupun untuk perawatan untuk memulihkan kembali kondisi fisik si Ayam sesudah bertarung.


Adapun di artikel ini, yang kita bahas mengenai tata-cara merawat Ayam Bangkok secara rutin yang dilakukan setiap hari. Pembuatan artikel ini dikhususkan bagi para pemula, dan bagi yang sudah mahir sepertinya hal ini sudah pernah mereka lakukan sehingga mereka tidak memerlukannya.

Baca Juga :
10 Tips Sederhana Merawat Kucing Bagi Para Pemula
6 Tips Memelihara Ikan Hias Khusus Buat Anda 

Tata Cara Merawat Ayam Bangkok Yang Benar   

Berbeda dengan ayam biasa, ayam bangkok aduan memerlukan perawatan secara khusus sehari-hari. Tujuan dari perawatan ini supaya ayam bangkok yang anda sayangi selalu berada dalam kondisi yang prima dan bisa terbebas dari gangguang serangga dan hama. Adapun supaya kondisi dari ayam anda tetap prima dan selalu terjaga, ada beberapa perawatan setiap hari seperti memandikan, penjemuran, latihan, mengistirahatkan serta pemberian makanan dan suplemen perlu untuk anda lakukan setiap hari.

1. Mandi

Untuk merawat ayam bangkok kesayangan anda, yang paling penting untuk anda lakukan adalah memandikannya setiap hari. Memandikan ayam jenis ini bisa anda mulai pada pukul 6 pagi sampai dengan 7 pagi dengan mamakai air yang bersih. Tujuan dari memandikan ini supaya ayam bangkok anda selalu dalam keadaan sehat dan bersih. Untuk anda yang masih merasa pemula dalam masalah ini, maka belajarlah kepada para botoh di kampung anda tinggal, dan bertanyalah bagaimanakah caranya menandikan ayam bangkok secara benar.

2. Umbar

Sesudah anda selesai memandikan ayam, tempatkanlah dia di dalam kandang umbaran untuk mengeringkan tubuhnya. Janganlah meletakkan ayam bangkok di dalam kurungan sebab bisa membuatnya merasa tidak bebas untuk mengepakkan sayapnya yang masih basah. Di dalam kandang umbaran, biarkanlah ayam anda berada disana hingga sore hari, sehingga ia akan bebas untuk bermain kesana kemari.

3. Lari

Sesekali ayam bangkok itu memerlukan interaksi dengan kawanan ayam-ayam jenis lainnya. Oleh sebab itu, berikanlah ayam bangkok anda setiap 3 kali dalam seminggu untuk dikejar-kejar oleh ayam babon atau ayam untulan. Lepaskan dan bebaskan dia untuk menjalani kodratnya sebagai seekor ayam. Anda jangan terlalu mengekangnya di dalam kandang saja supaya ia tidak stres.

4. Istirahat

Setelah selama satu hari berada di dalam kandang umbaran, pada pukul 4 sore ayam anda sebaiknya segera dikandangkan. Beri ia makanan dan minuman sesuai dengan umurnya dan berikan ia kesempatan untuk beristirahat.

5. Suplemen

Seekor ayam, disamping memerlukan pakan dan minuman yang cukup, supaya senantiasa sehat, ayam aduan juga memerlukan suplemen tambahan. Beri ia multivitamin B kompleks satu kali setiap dua hari.    
Selain itu, tomat dan gula merah juga bisa anda tambahkan sebagai suplemen yang alami untuk menunjang kekebalan tubuh ayam bangkok. Untuk ayam yang dipelihara untuk dijadikan ayam petarung, anda juga bisa memberinya beberapa ramuan khusus dan secara tentatif disesuaikan dengan keperluan yang ada.

Beberapa ramuan yang bisa dibuat sendiri antara lain :

•    Ramuan Peningkat Stamina Bertarung
•    Ramuan Penambah Tenaga
•    Ramuan Menjadikan Nafas Jadi Panjang
•    Ramuan Pemulih Kekuatan Setelah Bertarung

Nah, itulah tadi beberapa cara merawat ayam bangkok yang harus anda lakukan secara rutin tiap hari. Hal ini memang cukup bisa menyita waktu anda, namun itulah cara yang baik agar ayam bangkok kesayangan anda jadi lebih baik. Dan bagi orang yang memang sudah hobi, hal ini justru akan menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi mereka.


EmoticonEmoticon