6 Tips Memelihara Ikan Hias Khusus Buat Anda

Ada yang bilang bahwa memelihara ikan hias itu gampang-gampang susah. Untuk memelihara ikan hias, pemilik harus bisa membedakan cara-cara memelihara, sebab antara ikan hias yang satu tentunya berbeda dengan jenis ikan hias yang lainnya. Yang pasti ikan kecil dan ikan besar memerlukan pemeliharaan yang berbeda. Seperti pada ikan hias cupang ataupun ikan hias jenis yang lain. Biasanya jenis ikan hias yang lahirnya melalui persilangan mempunyai kekebalan tubuh yang rapuh bila dibandingkan dengan ikan hias yang tidak dikawin silang. 


Inilah 6 Tips Memelihara Ikan Hias Yang Bisa Anda Terapkan :

Bagi anda yang ingin terjun langsung di dalam bisnis ikan hias haruslah tahu secara persis tentang tata cara dan tips untuk memelihara ikan hias jenis ini, supaya usaha anda untuk memelihara ikan hias berjalan dengan lancar. Oleh sebab itu kali ini kami akan mensharing beberapa tips yang bermanfaat bagi anda.

Baca Juga :
10 Tips Sederhana Merawat Kucing Bagi Para Pemula
3 Cara Merawat Landak Mini Mulai Dari Makanan, Kandang dan Memandikan 

# Tips Pertama    

Anda harus menyesuaikan ukuran akuarium dengan jumlah dan ukuran dari ikan hias yang ingin anda pelihara. Bagitupun juga dengan ikan hias yang digabung, ikan kecil-kecil dikumpulkan jadi satu dengan ikan kecil kongo, neon tetra dan rambo. Jika anda memaksakan diri menggabungkan ikan yang kecil dengan ikan yang besar maka akan fatal akibatnya.

# Tips Kedua

Anda harus waspada dengan ikan yang sedang mengalami sakit, segera pisahkan ikan sakit tersebut. Pada umumnya penyakit pada ikan adalah sejenis jamur, cacing dan juga white spot. Segera beri pertolongan pada ikan yang sakit. Untuk alternatif anda bisa memberinya arak merah pada luka ikan. Dan yang penting untuk diperhatikan lagi, ikan yang pernah mengalami sakit jangan sampai digabungkan dengan ikang yang tidak sakit. Sebaiknya anda gabungkan dengan ikan-ikan yang pernah sakit juga.   

# Tips Ketiga   

Perlu anda ketahui, bahwa bibit ikan hias yang paling baik adalah dikembang biakkan di negara asli ikan tersebut berasal. Sekarang ini banyak sekali jenis ikan hias yang ada di Indonesia. Ada ikan hias yang diimpor dan ada juga ikan hias yang memang dikembang-biakkan dari bibit aslinya.

# Tips Keempat   

Anda harus teratur dalam pemberian makan pada ikan hias. Pemberian makanan dalam jumlah yang kecil dan dilakukan dengan sering, itu lebih baik daripada anda memberikan makan ikan hias dalam jumlah yang banyak sekaligus. Sebab, pemberian makanan kepada ikan hias dalam jumlah yang banyak sekaligus dapat mengakibatkan akuarium anda cepat kotor karena adanya makanan sisa. Anda bisa menambahkan sedikit zat klorin agar menetralkan kandungan kaporitnya.

# Cara Kelima

Yang paling penting untuk diperhatikan bagi anda yang ingin memelihara ikan hias adalah akuariumnya atau air kolamnya. Untuk memasukkan air ke dalam kolam, maka anda harus menunggu tiga hari setelah anda menuangkan air kolam atau air akuarium. Yang perlu diperhatikan disini adalah kedalaman air, air dari PAM dapat dipakai untuk memelihara ikan hias. Agar menjaga ikan hias terbebas dari kuman, masukkanlah setetes metlin blue ke dalam setiap 25 liter air.

# Tips Keenam

Anda mesti memperhatikan keadaan kolam. Biasanya di dalam tiga hari, air akuarium atau air kolam sudah dapat digantikan setidaknya 10 persennya. 

Nah, itulah beberapa tips dan cara untuk memelihara ikan hias di dalam kolam halaman rumah anda dan dalam akuarium milik anda. Ketahuilah, ikan hias itu bisa sangat laku bila dipasarkan dan bila anda pandai dalam mengelola ini, maka cara ini bisa jadi bisnis yang cukup menjanjikan bagi anda. Selamat mencoba.


EmoticonEmoticon